Format File PDF vs Word untuk Resume

Format File PDF vs Word untuk Resume
Format File PDF vs Word untuk Resume
suryaden Sel, 03/16/2021 - 04:50

PDF Vs. Word: Format File Terbaik untuk Resume

Membuat resume menjadi mudah, berkat alat pembuat resume online dan tema berbeda yang ditawarkan oleh MS word dan platform penulisan lainnya. Setelah membuat dan menyesuaikan resume dengan gaya favorit Anda, langkah terakhir adalah menyimpannya sebelum Anda membagikannya.

Menyimpan file resume adalah langkah yang rumit karena Anda memiliki banyak pilihan berbeda. Format penyimpanan resume yang paling umum adalah MS Word dan PDF.

Panduan singkat ini akan memberi tahu Anda tentang pro dan kontra menyimpan resume Anda di Word atau PDF. Setelah membaca posting singkat ini, Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin menyimpan CV Anda atau tidak!

Empat format umum teratas untuk menyimpan resume keempat format adalah di:

  • Adobe PDF

  • MS Word

  • TXT

  • HTML

Di bawah ini, mari kita membahas dua format yang paling banyak digunakan!

Format kata untuk menyimpan resume!

Ada keuntungan tertentu dari menyimpan resume dalam format kata yang telah kita bahas di bawah ini. Anda dapat mempertimbangkan keuntungan ini sebagai alasan berbeda mengapa perekrut lebih memilih resume untuk dikirimkan di Word.

  1. 1. Pertama, Anda harus memahami bahwa gambar atau file PDF tidak dapat diterjemahkan atau dirayapi oleh sistem pelacakan pelamar yang digunakan oleh sebagian besar perekrut. 95% dari ATS hanya akan menerima file MS word, dan jika Anda mengirimkan resume Anda dalam format lain, maka isinya bisa hilang.

  2. File PDF dan gambar tidak dapat diedit atau diubah. Jika Anda melamar pekerjaan jarak jauh/freelance, maka Anda harus selalu mengirim resume dalam format kata karena perekrut harus mengirim resume Anda ke klien mereka dari mana mereka mendapatkan pekerjaan mereka. Perekrut dapat dengan mudah mengedit resume format kata karena mereka mungkin ingin menambahkan logo perusahaan mereka di resume Anda dan menghapus informasi kontak Anda dari resume.

  3. Jika Anda secara khusus diminta untuk mengirimkan resume di Word, tidak akan ada opini kedua. Saat Anda membahas persyaratan posisi pekerjaan, Anda juga harus melihat apakah manajer perekrutan telah meminta untuk mengirimkan resume dalam Word atau format lainnya.

Bagaimana cara memformat resume di Word?

Di sini kami telah membuat daftar tip yang akan membantu Anda memformat file Word tanpa masalah:

  • Anda harus memasukkan header dan footer di resume. Anda dapat memilih opsi sisipkan dan memilih format header / footer yang dirasa paling sesuai.

  • Dalam resume, Anda harus memastikan bahwa Anda menambahkan tag judul yang tepat dalam huruf tebal agar menarik perhatian.

  • Anda juga harus menggunakan fitur tampilkan / sembunyikan Word agar resume tertata rapi. Jika Anda ingin membersihkan kekacauan format, Anda dapat menggunakan shortcut shift + ctrl + 8.

Hal penting yang perlu Anda ketahui adalah bahwa format kata dapat dengan mudah rusak jika perekrut menggunakan versi Word yang berbeda dari versi Anda. Di sinilah PDF masuk. Mari kita lihat manfaat format pdf di resume!

Format PDF untuk menyimpan resume!

Jika Anda menggunakan format pdf untuk menyimpan resume, maka Anda menikmati keuntungan berikut:

  • File PDF memiliki format universal apa pun versi atau pembaca yang Anda kirimkan. File tersebut akan tetap sama saat dibuka di perangkat apa pun. Format resume Anda akan terlindungi dengan baik dalam format pdf.

  • File PDF lebih mudah untuk dibagikan & dilihat, jadi kebanyakan orang di seluruh dunia lebih memilih PDF. PDF adalah pilihan yang aman karena Anda juga dapat menghentikan pembaca untuk mengedit atau memodifikasi resume Anda. Format resume ini biasanya lebih disukai saat Anda melamar pekerjaan in-house.

  • Resume PDF dapat dibuka dan diakses di perangkat apa pun. Ini memberikan kebebasan kepada manajer perekrutan untuk membaca file di komputer pribadi atau ponsel cerdas mereka & kapan pun mereka mau.

  • Anda dapat menambahkan gambar ke CV. Jika Anda mengirimkan CV dengan gambar profil Anda di dalamnya, Anda harus memastikan bahwa Anda lebih suka format pdf karena akan melindungi tata letak CV dan menampilkannya dengan kualitas terbaik.

Anda harus membuat dan memformat resume di Word atau platform penulisan lainnya. Jika Anda ingin mengirimkan resume Word di Word atau diminta, Anda harus menggunakan alat konverter word ke pdf yang terkenal seperti duplichecker.com! Konverter Word ke pdf gratis ini akan membantu Anda mengubah resume dalam format Word ke pdf dan struktur / format yang sama. Penggunaan konverter kata ke pdf akan menghemat banyak waktu dan menyimpan resume dalam pdf dengan akurasi penuh.

Teks dan format HTML resume sangat jarang digunakan, jadi Anda tidak perlu membuang waktu Anda untuk itu!

Panduan