Memanfaatkan THR untuk Idul Adha

Memanfaatkan THR untuk Idul Adha suryaden Rab, 05/05/2021 - 01:44

Hari Raya Kurban atau Idhul Adha tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2021. Hari Raya Kurban memiliki keterkaitan dengan ibadah Haji dan dirayakan dengan sangat eksotis. Perayaan kurban umat Islam sangat ditunggu karena adanya masa peredaran perekonomian yang luar biasa dan sebuah festival masakan daging yang membuat lidah selalu rindu. Idul Adha jarak waktunya tidak lama dengan Idul Fitri, dan Idul Fitri memiliki salah satu keistimewaan di Indonesia, yaitu THR.

Peristiwa dan Perayaan Hari Raya tentu memiliki kebersamaan dalam hal keuangan, makanan dan ibadah. Untuk dapat merayakan hari raya kurban Idhul Adha dengan melaksanakan kurban, kesiapan finansial mesthi direncanakan dengan cermat, terutama bagi anda yang baru akan melakukan kurban, apalagi di masa pandemi yang amat berat sekarang, persiapan keuangan yang cermat adalah kunci.

Jarak dua bulan antara Idul Fitri dengan Idul Adha merupakan saat penting untuk melakukan persiapan melakukan ibadah-ibadah yang menjadi favorit banyak orang seperti ibadah kurban, dan ibadah haji. Ibadah Haji tentu memiliki rangkaian penyiapan yang sangat rigid, rapi dan lama. Dan memerlukan uang yang lebih banyak.

Ibadah Kurban selain dapat dilakukan secara lokal, pun memerlukan persiapan keuangan yang berhimpitan dengan Idul Fitri. Tentu saja keistimewaan Idul Fitri dengan THR nya merupakan hal baik untuk kesiapan keuangan melakukan ibadah kurban.

Berikut ada tips-tips menarik untuk merencanakan kurban di tahun ini dengan cara memanfaatkan uang THR Idul Fitri.

Berencana Kurban Tahun Ini?
Begini Cara Memanfaatkan THR dengan Bijak

Hari Raya Idul Adha di tahun 2021 ini jatuh pada tanggal 19 Juli 2021. Untuk Anda umat Muslim dan sudah bekerja ingin melaksanakan ibadah kurban, saatnya memanfaatkan tunjangan hari raya (THR) dengan bijak. Sebab, Anda hanya memiliki waktu kurang lebih dua bulan untuk mengumpulkan uang membeli hewan kurban kambing/domba atau sapi.

Selain menabung jauh-jauh hari, Anda bisa mengumpulkan uang untuk membeli hewan kurban dengan cara menyisihkan THR tahun ini. Pasalnya, harga kambing rata-rata dimulai dari harga Rp2 jutaan, dan harga sapi di atas Rp10 juta. Jika membeli sapi terasa berat, Anda bisa menabung untuk membeli kambing atau domba yang harganya lebih terjangkau. Lifepal merangkum tips mengumpulkan uang untuk membeli hewan kurban dengan memanfaatkan THR secara bijak.

Jalani gaya hidup hemat

Melakukan penghematan, bukan berarti Anda pelit. Hemat berarti Anda bisa fokus untuk mengurangi pengeluaran yang memang sifatnya bukan pengeluaran pokok.

Misalnya, kalau Anda work from office (WFO), bisa membawa bekal dari rumah untuk menghemat pengeluaran.

Jika biasanya makan siang dan minum akan menghabiskan uang sebesar Rp20 ribu, jika membawa bekal dari rumah, Anda tidak akan keluar uang sama sekali. Anda akan lebih hemat sebesar Rp20 ribu x 22 hari, yaitu sebesar Rp440 ribu.

Sementara itu, untuk Anda yang work from home (WFH), pengeluaran untuk makan tentu lebih sedikit. Jika di rumah, kemungkinan untuk memasak jauh lebih besar. Sekalipun bila Anda kurang bisa memasak, tidak sulit untuk mengupayakan lauk pauk atau sayuran yang simpel.

Misalnya, menggoreng telur atau tempe sendiri, lalu merebus sayuran dan menyiramnya dengan bumbu pecel yang tinggal dilarutkan dengan air, tetap lebih hemat daripada membeli di rumah makan atau restoran setiap hari.

Manfaatkan THR dengan bijak

Selain menyisihkan uang saat gajian, Anda juga bisa memanfaatkan THR yang diberikan perusahaan tempat Anda bekerja untuk membeli hewan kurban.

Anggap saja, THR yang Anda terima adalah Rp10 juta, Anda bisa langsung menyisihkan 25% dari THR untuk membeli hewan Qurban senilai Rp2,5 juta. Dengan cara ini, saat waktu kurban tiba, kita hanya tinggal membayarkan biaya untuk hewan kurban tersebut kepada pihak terkait.

Setelah memenuhi dana kurban dari uang THR, baru Anda bisa fokus memenuhi dana darurat, membayar utang, membayar premi asuransi, hingga berinvestasi.

Selalu ingat bahwasannya, Anda harus menyediakan dana darurat paling tidak 6 kali pengeluaran bulanan bila Anda sudah berumah tangga.

Buat rencana mengumpulkan uang untuk berkurban

Yang namanya menabung tidak akan terwujud jika Anda tidak memiliki rencana yang konkret. Jika ingin membeli kambing seharga Rp2,5 juta untuk hewan kurban, maka Anda bisa membaginya ke dalam waktu dua bulan dari Mei, dan Juni.

Dalam satu bulan, Anda harus mengumpulkan uang sebesar Rp1.250.000 agar pada waktu Idul Adha di bulan Juli Anda bisa membeli kambing untuk hewan kurban.

Anda bisa membuat target bulanan, mingguan, atau harian sesuai dengan kemampuan Anda dalam menabung.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda memanfaatkan dana THR dengan bijak atau menabung untuk membeli hewan kurban saat Idul Adha nanti.

Catatan Penulis

Tips ini dibuat oleh Aulia Akbar CFP®, Perencana Keuangan & Financial Educator Lifepal

Religi Finance