Vaksin COVID-19 untuk Anak

Vaksin COVID-19 untuk Anak
Vaksin COVID-19 untuk Anak
suryaden Kam, 07/01/2021 - 05:34

Anak usia 12-17 tahun akan segera mendapatkan jatah vaksin. Vaksin COVID-19 untuk anak 12-17 tahun telah mendapatkan ijin darurat dari dari BPOM. Menurut laman resmi COVID-19 Indonesia Vaksin untuk anak usia 12-17 tahun tersebut merupakan vaksin covid produksi Sinovac.

Vaksin COVID-19 untuk anak usia 12-17 tahun tersebut oleh BPOM dinyatakan aman sehingga vaksinasi anak dapat segera dimulai. Hingga 29 Juni 2021 (pukul 12 siang), sudah 23,3 juta orang Indonesia mendapatkan vaksin COVID-19, dan lebih dari 13 juta di antaranya sudah menerima dosis kedua.

Harapan negara dalam percepatan program vaksin COVID-19 ini adalah tercapainya herd immunity yaitu minimal 70 persen penduduk Indonesia mendapatkan vaksinasi COVID-19. Seperti kita lihat sekarang dimana-mana giat imunisasi COVID-19 sudah sangat ramai.

Vaksin COVID-19 untuk Anak

Hal yang perlu diperhatikan adalah droplet. Sebagaimana kita tahu bahwa kesadaran tidak menularkan virus COVID-19 masih sangat kurang, karena orang yang terinfeksi COVID-19 di tahap awal memang tidak merasakan gejala apapun.

Droplet adalah cipratan atau percikan liur dari hidung atau mulut saat bersin, batuk dan berbicara. Penularan COVID-19 terutama terjadi melalui droplet yang dihasilkan orang-orang yang sudah terinfeksi.

Hindari terkena droplet atau mencipratkan droplet pada orang lain dengan selalu #PakaiMasker saat di luar rumah dan beraktivitas dengan orang lain, #JagaJarak saat berinteraksi dengan orang lain dan sering #CuciTanganPakaiSabun atau gunakan hand sanitizer. Sekaligus, perhatikan untuk tidak berlama-lama berada di ruang tertutup, apalagi yang ventilasinya buruk atau terpusat, serta hindari kerumunan dan kurangi mobilitas.

Vaksin COVID-19 untuk Anak

Kurangi risiko terpapar virus ini dengan menghindari tempat-tempat dengan 3 kondisi berikut: ramai, sempit, tertutup. Empat tingkatan gejala COVID-19 yang dimaksud adalah Tanpa Gejala, Gejala Ringan, Gejala Sedang, Gejala Berat/Kritis. Mari kita pahami.

Virus penyebab COVID-19 tersebar karena droplet (percikan liur) dari tubuh orang yang sudah terinfeksi, makanya penting untuk tidak terkena droplet tersebut dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun

Anak remaja usia 12-17 tahun setelah mendapatkan Vaksin COVID-19 Anak tetap harus berhati-hati dalam beraktivitas. Setelah vaksinasi COVID-19 tetap disiplin protokol kesehatan 3M: Memakai masker, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan rutin Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id/.

Nasional