Ketahui Perbedaan Domain dan Hosting dalam Website

Ketahui Perbedaan Domain dan Hosting dalam Website
Ketahui Perbedaan Domain dan Hosting dalam Website
suryaden Rab, 09/15/2021 - 00:15

Bagi Anda yang sudah akrab dengan dunia pembuatan dan pengembangan website, maka sudah tak asing lagi dengan adanya istilah domain dan hosting. Kedua istilah tersebut memiliki definisi serta manfaat yang berbeda, tetapi selama ini mayoritas masyarakat khususnya yang masih awam menganggap bahwa 2 hal tersebut adalah sama. Oleh sebab itu, agar Anda bisa membedakan keduanya, kali ini akan diulas secara gamblang tentang perbedaan domain dan hosting.

Pengertian Domain

Secara singkat, dapat dikatakan bahwasannya domain merupakan nama dari sebuah website yang sudah siap digunakan dan telah diakses oleh banyak orang. Jika tidak ada domain, maka website Anda tidak akan memiliki nama yang mana nama tersebut merupakan sebuah ciri khas dari website agar bisa dikenali oleh pengaksesnya.

Orang lain tidak akan pernah tahu website yang Anda luncurkan jika website tersebut tidak memiliki domain atau nama. Di samping itu, domain juga digunakan untuk melengkapi hosting. Dalam hal ini terdapat 2 jenis domain yang harus Anda ketahui yakni Domain Global dan Domain id. Domain global tersebut tidak memiliki syarat apapun. Contoh dari domain ini adalah .com, .net, .org, dan masih banyak lagi lainnya. Selanjutnya, untuk domain Indonesia atau domain id, ada syarat-syarat tertentu yang mana hanya individu atau instansi yang telah memenuhi syarat lah yang dapat menggunakan domain tersebut. Contoh domain id yakni meliputi .co.id, my.id, dan masih banyak lagi semacamnya.

Pengertian Hosting

Berbeda dengan domain yang merupakan nama sebuah website, hosting adalah sebuah tempat yang digunakan untuk meletakkan file pada website. Dengan kata lain, hosting ini merupakan folder data di dalam website yang mana folder tersebut akan terisi dengan berbagai macam data dari pengakses website maupun dari admin website.

Nantinya, dalam satu hosting juga akan dikelompokkan lagi menjadi beberapa bagian atau hal tersebut dapat diandaikan seperti sebuah lemari besar yang didalamnya memiliki banyak sekat dan setiap sekat memiliki isi masing-masing yang berbeda dengan sekat lainnya berdasarkan kategorinya masing-masing.

Anda dapat membeli hosting mulai dari yang paling murah hingga yang mahal sekalipun. Beli saja hosting yang sesuai dengan kebutuhan asalkan besar foldernya mampu menampung data di website Anda.

Perbedaan Antara Domain dan Hosting Website

Sesungguhnya, domain dan hosting adalah kedua hal yang sangat berbeda. Jangan sampai Anda salah memahami domain dan hosting tersebut karena jika keduanya dianggap sama, maka akan terjadi suatu kesalahan yang fatal sebab fungsinya dalam website juga akan berbeda pula sehingga nantinya pengoperasiannya akan menjadi tidak maksimal.

Secara singkat, dapat dikatakan bahwa perbedaan antara domain dan hosting tersebut adalah pada fungsinya. Fungsi dari domain adalah untuk memberi nama website agar pengguna mengetahui secara jelas jenis website tertentu serta agar mereka bisa membuka alamat website dengan menggunakan domain yang ada.

Untuk hosting, fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan data di dalam website yang mana tidak ada kaitannya dengan domain. Namun, dalam hal ini, hosting tidak akan pernah ada jika tidak ada domain. Sebab, jika website tidak memiliki domain, maka pengguna tidak ada yang bisa mengakses dan data pun tidak akan pernah ada yang masuk ke hosting.

Itulah perbedaan antara domain dan hosting dalam website yang harus benar-benar Anda pahami. Pilihlah domain dan hosting yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan website yang Anda miliki.

Edukasi Kreasi Industri Panduan