9 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

9 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat
9 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat
suryaden Rab, 09/22/2021 - 12:47

Ketika ingin membuat situs website untuk bisnis milikmu, memilih jenis layanan hosting memang menjadi salah satu aspek penting. Tetapi, memilih nama domain yang tepat juga tak boleh kamu sepelekan. Hal ini karena, nama domain yang unik dan mudah dieja dapat memengaruhi trafik pengunjung website. Jadi, sama seperti mengambil keputusan bisnis, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih nama domain. Agar tidak salah, simak tips memilih nama domain yang tepat dari DomaiNesia berikut ini, yuk.

Tips memilih nama domain

1. Pilih Top Level Domain (TLD) dengan sangat hati-hati

Top Level Domain (TLD) adalah bagian dari domain yang muncul setelah nama situs. Beberapa TLD yang paling populer digunakan saat ini adalah .com, .net, dan .org. Ada banyak opsi TLD yang lebih baru, tetapi sampai saat ini yang paling baik dan populer adalah tetap menggunakan .com. Fungsi dari TLD ini sebenarnya juga untuk menunjukkan penggunaan website, seperti:

TLD - .org

Penggunaan TLD .org ini biasanya digunakan untuk sebuah lembaga atau organisasi tertentu.

TLD - .net

Selanjutnya, .net biasanya akan digunakan untuk beberapa situs website yang berkaitan dengan teknologi dan jaringan.

TLD - .info

Kemudian untuk .info akan digunakan untuk situs website yang bersifat informatif.

Namun apabila kamu TLD .com sudah tidak bisa digunakan karena banyaknya pendaftar yang lain, kamu bisa menggunakan alternatif lain. Pastikan saja apapun yang dipilih masih sesuai dengan situs web dan target audiens.

2. Memasukkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis

Tips memilih nama domain selanjutnya adalah memperhatikan kata kunci untuk nama domain. Pastikan kamu memilih kata kunci tidak hanya untuk konten saja Mesin pencari akan menggunakan nama domain untuk memahami tentang situs website milikmu dan membantu menentukan peringkat pencarian. Jadi, penting untuk memasukkan kata kunci yang tepat sesuai kebutuhan bisnis.

Kata kunci yang dipilih untuk nama domain harus relevan dengan situs website. Jika kesulitan mendapatkan ide, dapat mencoba Google Keyword Planner. Alat ini bisa kamu gunakan secara gratis dan membantu mencari kata kunci berdasarkan volume pencarian dan faktor lain untuk mengidentifikasi istilah yang benar-benar digunakan orang.

 

3. Pastikan domain mudah diucapkan dan dieja

Kamu juga harus mempertimbangkan nama domain yang mudah diucapkan dan dieja. Dalam tips memilih nama domain, tidak peduli seberapa keren namanya, jika sulit untuk diucapkan dan dieja hal itu akan memengaruhi trafik pengunjung website. Karena akan ada saatnya kamu harus memberitahu situs website atau alamat email secara lisan kepada seseorang.

Dari mulut ke mulut masih menjadi media promosi yang paling kuat. Terlebih lagi, ini hanya berfungsi ketika orang benar-benar dapat mengucapkan domain dengan jelas dan tepat. Pemilihan nama domain yang tepat juga membuat banyak orang jadi lebih mudah mengingatnya, meningkatkan kemungkinan orang akan mengunjungi dan meneruskan situs ke jaringan mereka.

4. Hindari tanda hubung

Menggunakan tanda hubung mungkin tampak seperti cara kreatif untuk mendapatkan nama domain yang kamu inginkan. Namun sayangnya, pemakaian tanda hubung dalam nama domain sulit untuk diungkapkan secara lisan. Penggunaan tanda hubung pada nama domain ini juga membuat domain lebih sulit untuk diketik.

Beberapa orang kemungkinan akan langsung melewatkannya dan justru memilih untuk mengunjungi situs web orang lain yang lebih mudah dieja. Umumnya, saat melakukan brainstorming ide nama domain, cobalah untuk menghindari apa pun yang bukan huruf. Hal tersebut termasuk mengganti huruf dengan angka.

5. Hindari menggunakan huruf ganda

Menggunakan huruf ganda dalam nama domain dapat memicu terjadinya salah ketik. Huruf ganda sulit dibaca dan bahkan lebih susah untuk mengetik dengan benar. Jika kesalahan terjadi cukup sering, pengunjung website bisa jadi justru berakhir di tempat lain. Selain itu, pengunjung juga harus menghabiskan beberapa detik lebih lama dari yang diperlukan untuk mencoba mengeja domain.

6. Jaga agar nama domain tetap singkat

Ada beberapa alasan mengapa nama domain yang singkat berfungsi lebih baik. Pertama, nama yang lebih singkat pasti akan lebih mudah diingat dan diketik. Oleh karena itu, menggunakan nama domain yang singkat juga bermanfaat untuk tujuan branding.

7. Tetap unik dan brandable

Nama domain yang unik dapat membuat bisnis milikmu lebih menonjol di pasaran serta berpotensi menghindari dari masalah hukum yang ada. Tips memilih nama domain yang satu ini juga dapat berkontribusi pada upaya pemasaran bisnis milikmu.

8. Lakukan riset nama domain

Setelah mempersempit pencarian ke beberapa pilihan nama domain, kamu juga harus terlebih dahulu menggunakan alat penelitian untuk menentukan apakah masih tersedia. Namun, hanya karena nama domain tersedia tidak berarti orang lain belum memiliki klaim yang sah atas nama domain tersebut. Agar aman, sebaiknya melakukan pencarian merek dagang sebelum menentukan pilihan.

9. Belilah banyak domain

Tips memilih nama domain yang terakhir adalah jika sudah berhasil mendapatkan alamat .com yang didambakan, tak ada salahnya untuk tetap mempertimbangkan membeli opsi lain dan menyiapkan pengalihan. Kamu bahkan dapat melangkah lebih jauh dan membeli salah eja umum dari nama domain yang sudah dipilih. Cara ini adalah strategi cerdas untuk diterapkan ke media sosial juga.

Itulah deretan tips memilih nama domain yang tepat. Jadi pastikan sebelum menentukan sebuah nama domain, kamu juga harus mempertimbangkan tips-tips di atas untuk menunjang kualitas sebuah situs website. Selain itu, DomaiNesia juga menyediakan pencarian untuk domain cek hingga cara buat blog profesional bagi pemula.

Bisnis Kreasi