ICT

ICT jogloabang Kam, 03/31/2011 - 05:42

ICT Jogloabang

ICT Jogloabang

9 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

9 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat
9 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat
suryaden Rab, 09/22/2021 - 12:47

Ketika ingin membuat situs website untuk bisnis milikmu, memilih jenis layanan hosting memang menjadi salah satu aspek penting. Tetapi, memilih nama domain yang tepat juga tak boleh kamu sepelekan. Hal ini karena, nama domain yang unik dan mudah dieja dapat memengaruhi trafik pengunjung website. Jadi, sama seperti mengambil keputusan bisnis, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih nama domain. Agar tidak salah, simak tips memilih nama domain yang tepat dari DomaiNesia berikut ini, yuk.

Tips memilih nama domain

1. Pilih Top Level Domain (TLD) dengan sangat hati-hati

Top Level Domain (TLD) adalah bagian dari domain yang muncul setelah nama situs. Beberapa TLD yang paling populer digunakan saat ini adalah .com, .net, dan .org. Ada banyak opsi TLD yang lebih baru, tetapi sampai saat ini yang paling baik dan populer adalah tetap menggunakan .com. Fungsi dari TLD ini sebenarnya juga untuk menunjukkan penggunaan website, seperti:

TLD - .org

Penggunaan TLD .org ini biasanya digunakan untuk sebuah lembaga atau organisasi tertentu.

TLD - .net

Selanjutnya, .net biasanya akan digunakan untuk beberapa situs website yang berkaitan dengan teknologi dan jaringan.

TLD - .info

Kemudian untuk .info akan digunakan untuk situs website yang bersifat informatif.

Namun apabila kamu TLD .com sudah tidak bisa digunakan karena banyaknya pendaftar yang lain, kamu bisa menggunakan alternatif lain. Pastikan saja apapun yang dipilih masih sesuai dengan situs web dan target audiens.

2. Memasukkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis

Tips memilih nama domain selanjutnya adalah memperhatikan kata kunci untuk nama domain. Pastikan kamu memilih kata kunci tidak hanya untuk konten saja Mesin pencari akan menggunakan nama domain untuk memahami tentang situs website milikmu dan membantu menentukan peringkat pencarian. Jadi, penting untuk memasukkan kata kunci yang tepat sesuai kebutuhan bisnis.

Kata kunci yang dipilih untuk nama domain harus relevan dengan situs website. Jika kesulitan mendapatkan ide, dapat mencoba Google Keyword Planner. Alat ini bisa kamu gunakan secara gratis dan membantu mencari kata kunci berdasarkan volume pencarian dan faktor lain untuk mengidentifikasi istilah yang benar-benar digunakan orang.

 

3. Pastikan domain mudah diucapkan dan dieja

Kamu juga harus mempertimbangkan nama domain yang mudah diucapkan dan dieja. Dalam tips memilih nama domain, tidak peduli seberapa keren namanya, jika sulit untuk diucapkan dan dieja hal itu akan memengaruhi trafik pengunjung website. Karena akan ada saatnya kamu harus memberitahu situs website atau alamat email secara lisan kepada seseorang.

Dari mulut ke mulut masih menjadi media promosi yang paling kuat. Terlebih lagi, ini hanya berfungsi ketika orang benar-benar dapat mengucapkan domain dengan jelas dan tepat. Pemilihan nama domain yang tepat juga membuat banyak orang jadi lebih mudah mengingatnya, meningkatkan kemungkinan orang akan mengunjungi dan meneruskan situs ke jaringan mereka.

4. Hindari tanda hubung

Menggunakan tanda hubung mungkin tampak seperti cara kreatif untuk mendapatkan nama domain yang kamu inginkan. Namun sayangnya, pemakaian tanda hubung dalam nama domain sulit untuk diungkapkan secara lisan. Penggunaan tanda hubung pada nama domain ini juga membuat domain lebih sulit untuk diketik.

Beberapa orang kemungkinan akan langsung melewatkannya dan justru memilih untuk mengunjungi situs web orang lain yang lebih mudah dieja. Umumnya, saat melakukan brainstorming ide nama domain, cobalah untuk menghindari apa pun yang bukan huruf. Hal tersebut termasuk mengganti huruf dengan angka.

5. Hindari menggunakan huruf ganda

Menggunakan huruf ganda dalam nama domain dapat memicu terjadinya salah ketik. Huruf ganda sulit dibaca dan bahkan lebih susah untuk mengetik dengan benar. Jika kesalahan terjadi cukup sering, pengunjung website bisa jadi justru berakhir di tempat lain. Selain itu, pengunjung juga harus menghabiskan beberapa detik lebih lama dari yang diperlukan untuk mencoba mengeja domain.

6. Jaga agar nama domain tetap singkat

Ada beberapa alasan mengapa nama domain yang singkat berfungsi lebih baik. Pertama, nama yang lebih singkat pasti akan lebih mudah diingat dan diketik. Oleh karena itu, menggunakan nama domain yang singkat juga bermanfaat untuk tujuan branding.

7. Tetap unik dan brandable

Nama domain yang unik dapat membuat bisnis milikmu lebih menonjol di pasaran serta berpotensi menghindari dari masalah hukum yang ada. Tips memilih nama domain yang satu ini juga dapat berkontribusi pada upaya pemasaran bisnis milikmu.

8. Lakukan riset nama domain

Setelah mempersempit pencarian ke beberapa pilihan nama domain, kamu juga harus terlebih dahulu menggunakan alat penelitian untuk menentukan apakah masih tersedia. Namun, hanya karena nama domain tersedia tidak berarti orang lain belum memiliki klaim yang sah atas nama domain tersebut. Agar aman, sebaiknya melakukan pencarian merek dagang sebelum menentukan pilihan.

9. Belilah banyak domain

Tips memilih nama domain yang terakhir adalah jika sudah berhasil mendapatkan alamat .com yang didambakan, tak ada salahnya untuk tetap mempertimbangkan membeli opsi lain dan menyiapkan pengalihan. Kamu bahkan dapat melangkah lebih jauh dan membeli salah eja umum dari nama domain yang sudah dipilih. Cara ini adalah strategi cerdas untuk diterapkan ke media sosial juga.

Itulah deretan tips memilih nama domain yang tepat. Jadi pastikan sebelum menentukan sebuah nama domain, kamu juga harus mempertimbangkan tips-tips di atas untuk menunjang kualitas sebuah situs website. Selain itu, DomaiNesia juga menyediakan pencarian untuk domain cek hingga cara buat blog profesional bagi pemula.

Bisnis Kreasi

APT di terminal Ubuntu

APT di terminal Ubuntu
apt
suryaden Sab, 12/02/2017 - 01:45

APT atau Advanced Package Tool sangat dikenal oleh para pengguna Linux utamanya Linux Mint, Debian, Ubuntu atau distribusi lainnya yang berbasis Debian atau Ubuntu. Apalagi saat ini distribusi Linux Ubuntu merekomendasikan APT sebagai perintah terminal untuk manajemen paket.

Apa itu APT?

Ubuntu adalah turunan dari Debian, dan seperti kita tahu Debian menggunakan sistem pemaketan untuk menyediakan program dan installasi aplikasinya dikenal dengan dpkg packaging system. Jadi apa itu APT atau Advanced Package Tool?

What is APT?

APT (for Advanced Package Tool) is a set of tools for managing Debian packages, and therefore the applications installed on your Debian system. APT makes it possible to:

  • Install applications
  • Remove applications
  • Keep your applications up to date
  • and much more...

APT resolves dependency problems and retrieves requested packages from designated package repositories. APT delegates the actual installation and removal of packages to dpkg. APT is primarily used by commandline tools, but

  • there are many GUI tools to let you use APT without having to touch the command line.

  • tools like aptitude can interact with APT via both commandline and TUI interfaces.

APT adalah baris perintah di terminal untuk berinteraksi dengan sistem paket. Memang ada perintah khusus untuk 'dpkg' untuk mengelolanya. Namun APT dikenal lebih mudah untuk menginstall, upgrade dan mencopot aplikasi. Perintah APT menyediakan diri untuk berinteraksi dengan APT dan manajemen paket aplikasi/program. apt-get adalah perintah yang sudah lama populer dalam berbagai perintah 'apt'. Adapun beberapa perbedaannya adalah:

Perintah apt Yang diganti Fungsi
apt install apt-get install Instal Paket
apt remove apt-get remove Mencopot Paket
apt purge apt-get purge Copot Paket dan Konfigurasinya
apt update apt-get update Refresh repository index
apt upgrade apt-get upgrade Upgrade semua paket yang bisa di upgrade
apt autoremove apt-get autoremove Bersihkan paket yang tak diinginkan
apt full-upgrade apt-get dist-upgrade Upgrade paket dengan penangananan depedencies
apt search apt-cache search Pencarian program
apt show apt-cache show Menampilkan detil paket

Perintah baru di APT

Perintah baru APT Fungsi
apt list Lis Paket dengan Kriteria apakah sudah terinstall, dapat diupgrade dsb.)
apt edit-sources Edit sources list

Menggunakan APT di Linux berbasis Debian dan Ubuntu

  • Update paket database dengan apt
    sudo apt update
  • Upgrade paket terinstal dengan apt
    sudo apt upgrade
    sudo apt full-upgrade
    sudo apt update && sudo apt upgrade -y
    sudo apt install <package_name> contoh : sudo apt install mplayer
  • Install beberapa paket aplikasi sekaligus:
    sudo apt install <package_1> <package_2> <package_3>
  • Install tanpa Upgrade
    sudo apt install <package_name> --no-upgrade
  • Hanya upgrade
    sudo apt install <package_name> --only-upgrade
  • Spesifik install
    sudo apt install <package_name>=<version_number>
  • Copot Paket
    sudo apt remove <package_name>
    sudo apt purge <package_name>
  • Cari Paket
    apt search <search term>
  • Lihat isi paket
    apt show <package_name>
  • Melihat paket yang bisa diupgrade
    apt list --upgradeable
    apt list --installed
    apt list --all-versions
  • Membersihkan sistem Ubuntu
    sudo apt autoremove

 

Begitulah sekilas perintah 'apt' untuk Linux berbasis Debian dan Ubuntu.

 

Atasi Update High Sierra Macbook Gagal

Atasi Update High Sierra Macbook Gagal
Fail Update High Sierra Mac OS
jogloabang Sab, 01/13/2018 - 06:34

Pernah mengalami gagal install update Mac OS High Sierra?. Dua kali kejadian gagal install update OS Mac High Sierra. Ketika itu High Sierra Versi Beta 2 dan Mac OS High Sierra 10.13.3 Versi Public Beta. Pangalaman yang cukup mengenaskan karena pada awalnya tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Memang ketika gagal install update dapat di reboot dan menekan Command + R sehingga Macbook bisa masuk ke safe mode dimana banyak pilihannya yaitu Restore dengan Time Machine, Memperbaiki Hardisk, Install Ulang OS, mengulangi menginstall update Mac maupun format disk.

gagal install update high sierra

Tentu saja bukan itu yang kita inginkan, selain restore dari snapshot yang otomatis dibangun oleh Mac ketika menginstall update, file restore dari snapshot dapat mudah kita temukan setelah masuk safe mode berada di partisi Base pun otomatis ditemukan oleh Macbook. Namun apa yang terjadi karena file update yang sudah terdownload masih tersimpan dan belum terinstal, yaitu ikon App Store selalu masih ditandai dengan angka 1 yang warnanya merah. Cukup mengganggu dan ketika diinstall lagi pun pasti gagal, karena produk unduhan update yang gagal, dan belum diganti dengan file update yang sehat.

Searching di internet tentunya untuk mencari pemecahan masalah tentang gagal install update Mac OS High Sierra. Ketemunya apa? Ketemunya adalah petunjuk seperti yang ada ketika kita menekan Command + R pasca gagal install kemudian reboot, ya pada tampilan safe mode itu tentunya, dan setelahnya adalah paragraf jualan software untuk memudahkan backup Mac dan sebagainya.

Selain tentunya adalah informasi mengapa kita mendapatkan file update yang bikin gagal, atau buruk, tentu alasannya adalah koneksi internet yang buruk dan ramainya orang mengunduh file updates yang otomatis akan diunduh oleh Mac ketika terhubung ke internet. Wajar saja karen jutaan Macbook yang terhubung internet ramai-ramai mengunduh file yang sama.

Akhirnya juga sampai browsing ke forum-forum, hingga diperlukan keberanian untuk mencari kata kunci yaitu 'how to remove updates files on Mac'  sebab penyebabnya adalah file gagal unduh yang tersimpan. Itulah file yang harus dihapus dan dibuang untuk diganti dengan file update unduhan yang baru dan sehat. Persoalannya adalah dimana letak file unduhan update Macbook yang gagal tersebut. Ketemu dan sangat mudah.

file installasi update mac

 

letak file unduhan update installasi high sierra

 

File update Mac OS tersebut berada di hardisk Base, berada di folder Library/Updates, atau Perpustakaan/Updates. Klik folder tersebut dan lihat mana file update Macbooknya. Kemudian buang satu folder tersebut ke bak sampah. Untuk amannya baru kosongkan trash setelah install update-nya sukses. Kemudian reboot Mac.

gambar mengunduh update mac high sierra

Setelah reboot mulai ulang komputer Mac, download file update kembali dapat dilakukan, tunggu sampai rampung kemudian install update Mac OS High Sierra tersebut. Pasti bisa.

install update high sierra

BebeStar 2013

BebeStar 2013 jogloabang Sab, 09/07/2013 - 16:18

[[{"type":"media","view_mode":"media_large","fid":"116","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"367","typeof":"foaf:Image","width":"447"}}]]

Everyone's a Star

[[{"type":"media","view_mode":"media_large","fid":"117","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"341","typeof":"foaf:Image","width":"480"}}]]

Mini Workshop Pengembangan Bakat si Kecil

Mini Workshop Pengembangan Bakat si Kecil
Sab, 09/14/2013 - 00:00
jogloabang Sel, 09/10/2013 - 17:47
Jogloabang

Orang tua atau ibu-ibu muda yang memiliki anak kecil terutama pada keluarga-keluarga muda masa sekarang adalah individu-individu yang cerdas dan memiliki akses informasi mudah. Berbeda dengan masa beberapa tahun yang lampau dimana penetrasi informasi, internet ataupun media selular dan televisi belum seperti saat ini.

Namun permasalahan tentang informasi dasar yang benar tentang bakat dan situasi anak pada usia 3 – 6 tahun hanyalah dimiliki oleh para ahlinya. Di media-media seperti suratkabar, media sosial, televisi dan radio sangat jarang informasi tersebut terkupas dengan sederhana dan mengena.

Informasi dasar ataupun prinsip untuk membesarkan anak usia bawah 7 tahun sangat perlu dimiliki oleh ibu-ibu muda bukan karena mereka tidak tahu namun kemampuan ahli psikologi anak akan memberikan garis bawah atau keyakinan bagaimana membawa dan mengembangkan bakat anak secara lebih mudah dan pasti. Tidak harus kebingungan dan menerka-menerka bagaimana dan apakah sih bakat anak saya?, juga tidak perlu resah apabila sang anak hanya menampilkan kemampuan yang biasa-biasa sahaja.

Bagaimana mendeteksi bakat anak secara dini dari sudut pandang ibu. Bakat anak mungkin adalah campuran dan efek dari percampuran bakat kedua orang tua. Jadi kadang orang tua hanya menganggap hal biasa tentang kemampuan si kecil karena kedua orang tua juga memilikinya. Hal tersebut menjadikan hambatan bagi pengembangan bakat si kecil namun juga bisa sangat bermanfaat ketika orang tua menyadari bahwa anaknya memiliki bakat yang sama dengan dirinya.

Pengetahuan tentang profesi-profesi, seni, dan pekerjaan-pekerjaan informal yang bisa menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan perlu diketahui oleh orangtua sehubungan dengan dikenalinya bakat si anak yang mungkin spesial. Bahwa kemampuan setiap orang secara positif akan memberikan dampak positif bagi kehidupan seluruh dunia. Dan nutrisi apakah yang diperlukan anak untuk dapat tumbuh kembang secara sehat, dan bagaimana nutrisi tersebut terdapat pada resep-resep masakan si kecil.

Tujuan Mini Workshop Pengembangan Bakat si Kecil

Tujuan dari dilakukannya mini Workshop untuk ibu-ibu muda ini adalah bagaimana menyikapi dan mengembangkan bakat si kecil. Bagaimana mencari referensi dan mengetahui bahwa kemampuan setiap orang memiliki potensi positif untuk menyelesaikan masalah-masalah bagi orang lain. Kemampuan dan bakat anak ditunjang oleh nutrisi penguat agar bisa bertahan hidup dan sehat, diperlukan pengetahuan dasar mengenai kebutuhan nutrisi yang disederhanakan dalam bentuk makanan maupun resep yang mudah dibuat.

Pelaksanaan

Tanggal : 14 September 2014

Jam : 09.00 – 12.30

Lokasi : Pendopo Jogloabang, Ds Gombang, Tirtoadi Mlati Sleman.

Peserta : Ibu-ibu muda pengirim video bebestar 2013 (maks 100 orang, gratis)

Pembicara : Intan KW, Psikolog anak RS Sardjito, dan dr. Dwi Murti Nuryanti

Acara :

09.00 – 09.15 : Pendaftaran

09.15 – 09.30 : Pembukaan

09.30 – 10.30 : Tentang bakat anak

10.30 – 11.30 : Nutrisi anak

11.30 – 12.30 : Diskusi atau sharing

12.30 : Selesai

Dalam event ini juga terbuka untuk pengumpulan video anak berbakat.

Pendaftaran bisa mention ke @bakatanak atau langsung datang saja.

Pendopo Jogloabang Lokasi Mini Workshop bakat anak

Pendopo Jogloabang Lokasi Mini Workshop bakat anak jogloabang Kam, 09/12/2013 - 02:51

Jogloabang terletak di dusun Gombang - Rajek Lor, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DIY. Sekitar 9 Kilometer dari Tugu Yogyakarta. Perjalanan dengan menggunakan pribadi dapat di tempuh dengan route ini.

Rute dalam gambar :

Persyaratan Mengikuti Bebestar 2013

Persyaratan Mengikuti Bebestar 2013 jogloabang Sab, 09/07/2013 - 17:33
  • Bebestar terbuka bagi siapa saja tidak terbatas pada pengguna susu Bebelac
  • Anak harus berusia lebih dari 3 tahun atau kurang dari 7 tahun saat pendaftaran ditutup (Kelahiran 7 Oktober 2007 – 6 Oktober 2010)
  • Juri hanya akan memanggil peserta yang memiliki salah satu/lebih dari ke tiga bakat: Menari, Menyanyi dan Bermain Musik.
  • Apabila terpilih masuk ke audisi, maka persyaratan tambahan adalah membeli susu Bebelac 2 x 400 gram dan Pendaftar/Orangtua harus bersedia untuk pergi menuju kota audisi terdekat apabila Anaknya terpilih masuk ke dalam audisi.
  • Bebestar terbaik dalam Audisi akan dihubungi oleh panitia 1 minggu sebelum plaksanaan Final.
  • Satu Bebestar terbaik dari final akan dikirimkan ke Jakarta untuk tampil bersama 9 Bebestar terbaik dari kota lain.

Persyaratan Mengikuti Little Bebestar 2013

Persyaratan Mengikuti Little Bebestar 2013 jogloabang Sab, 09/07/2013 - 17:38
  • Little Bebestar terbuka bagi siapa saja tidak terbatas pada pengguna susu Bebelac
  • Anak harus berusia lebih dari 1 tahun atau kurang dari 3 tahun saat pendaftaran ditutup (Kelahiran 7 Oktober 2010 – 6 Oktober 2012)
  • Dalam video little Bebestar penilaian akan diberikan kepada video yang mampu menampilkan momen terbaik antara Ibu dan Anak dan akan dipilih 10 video terbaik
  • 10 video terbaik terdiri dari 5 video pilihan juri dan 5 video favorit.
  • Pemenang video akan memperoleh hadiah tabungan pendidikan dan penampilan videonya bersama dengan 9 Little Bebestar lainnya di acara Bebestar Night.
  • Keikutsertaan Little Bebestar hanya bisa dilakukan melalui kanal digital dan dropbox, tidak berlaku pada in-store, Radio recording dan Bebecar/Bebevan/Bebebus + pendaftaran via komunitas bekerjasama dengan IBN.

Tentang BebeStar

Tentang BebeStar jogloabang Sab, 09/07/2013 - 17:18

[[{"type":"media","view_mode":"media_large","fid":"118","attributes":{"alt":"Bebestar","class":"media-image","height":"287","style":"float: left; margin-left: 10px; margin-right: 10px;","title":"BebeStar 2013","typeof":"foaf:Image","width":"369"}}]]BEBESTAR dengan tag line "Everyone is a Star" adalah salah satu program PT. Nutricia Indonesia Sejahtera yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak berumur 3 – 6 tahun dari seluruh penjuru Indonesia untuk menampilkan bakat mereka dalam menyanyi, menari dan memainkan alat musik.

Selain BEBESTAR khusus bagi anak yang berusia di atas 1 tahun dan dibawah 3 tahun juga dapat di ikut sertakan dalam acara LITTLE BEBESTAR yang lebih fokus pada menampilkan ikatan Antara Ibu dan Anak dalam sebuah Video.

BEBESTAR dan LITTLE BEBESTAR bukanlah ajang kompetisi lomba, namun adalah acara yang akan mengeluarkan potensi terbaik pada Anak. Oleh karena itu istilah: Lomba, Kompetisi, Menang, Kalah, Juara, Pemenang adalah TABU dan DILARANG KERAS untuk digunakan dalam semua bentuk komunikasi dalam program/acara Bebestar karena di dalam BEBESTAR – Everyone’s a Star
 
Istilah yang digunakan adalah BEBESTAR TERBAIK. Tanamkan pada setiap komunikasi bahwa semua anak BEBESTAR adalah bintang!

Contoh AD-ART Gapoktan

Contoh AD-ART Gapoktan jogloabang Kam, 03/31/2011 - 05:57

Contoh/konsep

ANGGARAN DASAR GAPOKTAN ...............................

 

BAB I

NAMA, TEMPAT, KEDUDUKAN, DAERAH KERJA DAN WAKTU

 

Pasal 1

 

  1. Badan Usaha ini bernama ”Gapoktan ...........” yang dalam Anggaran Dasar ini disebut Gapoktan ......

  2. Gapoktan ................... ini berkedudukan di :

Desa :

Kecamatan :

Kabupaten : Sleman

Propinsi : Propinsi Daerah Istimewa Jogjakarta

  1. Daerah Kerja Gapoktan ............... meliputi wilayah Republik Indonesia

  2. Gapoktan ................... didirikan untuk waktu yang tidak terbatas

 

 

BAB II

AZAS, VISI, MISI DAN TUJUAN

 

Pasal 2

 

  1. Azas Gapoktan ..................... adalah Pancasila

  2. Visi Gapoktan ................... adalah menjadi Lembaga Keuangan Mikro yang sehat, berkembang dan terpercaya, yang mampu melayani anggota dan masyarakat lingkungannya berkehidupan penuh keselamatan, kedamaian dan kesejahteraan.

  3. Misi Gapoktan ..................... adalah mengembangakan Gapoktan ..................... sebagai lembaga ekonomi petani yang dapat melayani pembiayaan dengan cepat dan mudah.

  4. Tujuan Gapoktan ..................... adalah mewujudkan kehidupan petani dan masyarakat di lingkungannya sekitar yang penuh keselamatan, kedamaian dan kesejahteraan.

 

 

BAB III

SIFAT, PERAN DAN FUNGSI

 

Pasal 3

 

  1. Gapoktan ..................... bersifat terbuka, independen dan tidak partisan (tidak memihak pada golongan dan partai tertentu), berorientasi pada pengenbangan masyarakat untuk mendukung bisnis ekonomi produktif anggota dan kesejahjteraan sosisal masyarakat sekitar, terutama usaha mikro dan fakir miskin.

  2. Dalam mencapai tujuannya Gapoktan ..................... berperan sebagai :

    1. Motor penggerak ekonomi pedesaan

    2. Ujung tombak pelaksanaan sistem ekonomi keadilan

    3. Penghubung anatara kaum berada dengan kaum yang lemah

    4. Sarana pendidikan non formal untuk mewujudkan prinsip hidup yang berkah, perbuatan baik melalui komonikasi yang terbuka untuk keselamatan, kedamaian dan kesejahteraan.

 

  1. Dalam rangka mencapai tujuannya, Gapoktan ..................... berfungsi :

    1. Meningkatkan kualitas SDM anggota, Pengelola dan Pengurus menjadi lebih profsional dan amanah sallam (selamat, damai dan sejahtera sehingga semakin utuh dan tangguh dalam berjuang beribadah menghadapi tantangan global.

    2. Mengorganisir dan memobilisasi dana masyarakat sehingga bermanfaat secara optimal untuk kepentingan masyarakat banyak.

    3. Mengukuhkan dan meningkatkan kualitas usaha dan pasar produk-produk anggota.

    4. Mengembangkan kesempatan kerja.

    5. Memperkuat dan meningkatkan kualitas lembaga-lembaga ekonomi sosial masyarakat banyak.

 

 

BAB IV

USAHA DAN KEGIATAN

Pasal 4

 

Untuk mencapai maksud dan tujuannya, Gapoktan ..................... melakukan usaha-usaha dan kegiatan sebagai berikut :

A.Usaha Ekonomi Produktif (UEP)

(1) Menggalang dan menghimpun dana yang dipergunakan untuk melayani Pembiayaan usaha-usaha anggota dan usaha Gapoktan .....................

(2) Memberikan pembiayaan kepada usaha-usaha produktif anggota melalui cara pelayanan yang cepat, layak, aman dan tepat sasaran.

(3) Aturan dan jenis pembiayaan akan dituangkan dalam Anggaran Rumah Tangga.

(4) Mengembangkan usaha-usana sektor riil yang menunjang usaha anggotanya yang tata caranya ditentukan dalam ART.

(5) Mengelola usaha tersebut secara profesional berdasarkan prinsip ekonomi keadilan (non riba)

 

B. Usaha Kesejahteraan Sosial

(1) Menggalang dan menghimpun dana sosial dari sumber yang halal dan baik yang tidak mengikat.

(2) Memberikan pinjaman dalam bentuk Pembiayaan Kebajikan.

(3) Melaksanakan pendidikan dan bimbingan berusaha kepada anggota yang menerima pembiayaan agar mereka mampu mengembangkan usahanya sehingga bisa mempertanggungjawabkan pembiayaan yang diterimanya.

(4) Melaksanakan pendidikan dan penyuluhan kesejahteraan yang dilaksanakan secara sistematis dan terencana.

BAB V

KEANGGOTAAN

 

Pasal 5

 

Anggota Gapoktan ..................... terdiri :

  1. Anggota Pendiri Gapoktan ....................., yaitu anggota yang membayar simpanan pokok, simapanan wajib dan simpanan pokok khusus yang terdiri minimal 20 orang.

  2. Anggota Biasa, yaitu anggota yang m,embayar simpanan pokok dan simpanan wajib.

  3. Calon Anggota, yaitu mereka yang memmanfaatkan jasa Gapoktan ..................... tetapi belum melunasi simpanan pokok dan simpanan wajib.

  4. Anggota Kehormatan, yaitu mereka yang mempunyai kepedulian untuk ikut serta memajukan Gapoktan ..................... tetapi tidak bisa ikut serta secara penuh sebagai anggota Gapoktan .....................

  5. Anggota Pendiri Kehormatan, yaitu anggota yang membayar simpanan pokok khusus minimal 20 % dari jumlah modal Gapoktan .....................

 

BAB VI

HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA

 

Pasal 6

 

  1. Setiap anggota berhak :

    1. Mengajukan pendapat dan menyampaikan usul

    2. Meminta laporan mengenai keadaan keuangan Gapoktan .....................

    3. Memperolaeh pelayanan usaha-usaha Gapoktan .....................

 

  1. Setiap anggota berkewajiban :

    1. Memajukan usaha-usaha Gapoktan .....................

    2. Menjunjung tinggi nama dan kehormatan Gapoktan .....................

    3. Mematuhi ketentuan yang ada di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, keputusan-keputasan rapat, serta peraturan khusus Gapoktan .....................

    4. Berpartisipasi dalam kegaiatan usaha Gapoktan .....................

    5. Wajib mengembangkan dan memeliohara kebersamaan atas azas kekeluargaan

    6. Berusaha terus untuk mendalami, menghayati dan melaksanakan tujuan, visi, misi, fungsi dan prinsip-prinsip utama Gapoktan .....................

 

 

BAB VII

PENGURUS

 

Pasal 7

 

  1. Pengurus Gapoktan .....................dipilih dari anggota pendiri (yang telah membayar lunas simpanan pokok khusus, simpanan pokok dan simpanan wajib) melalui mekanisme Rapat anggota.

  2. Pengurus dipilih untuk mewakili seluruh anggota dalam menjalankan, mengendalikan dan mengawasi usaha dan kelembagaan Gapoktan .....................

  3. Pengurus dipilih berdasarkan kemampuannya untuk mengawasi dan mengandalikan jalannya Gapoktan .....................

  4. Pengurus dipilih untuk masa jabatan 3 tahun dan dapat dipilih kembali apabila selesai masa jabatannya berakhir.

  5. Pengurus terdiri sekurang-kurangnya satu orang Ketua, satu orang Sekretaris dan satu orang Bendahara.

 

 

BAB VIII

KEWAJIBAN DAN HAK PENGURUS

 

Pasal 8

  1. Pengurus mempunyai kewajiban :

    1. Bertanggungjawab dalam pengelolaan dan usaha Gapoktan .....................

    2. Bertatanggungjawab atas pembukuan keuangan, inventaris dan pencatatan-pencatatan yang dianggap perlu secara tertib dan teratur.

    3. Membuat rencana kerja, anggaran pendapatan dan pengeluaran Gapoktan .....................

    4. Menyelenggarakan rapat anggota

    5. Bertanggungjawab kepada rapat anggota, dalam hal pertanggung jawaban pelaksanaan tugas, baik organisasi maupun keuangan.

    6. Melakukan segala perbuatan hukum untuk dan atas nama Gapoktan ....................., serta mewakilinya dihadapan dan diluar Pengadilan.

    7. Pengurus bersama pengelola Gapoktan .....................mengadakan Kajian Ruhiyah dengan anggota dan atau kelompok-kelompok secara berkala.

 

  1. Pengurus mempunyai Hak :

    1. Dalam menjalankan tugasnya, Pengurus menyeleksi dan mengangkat Pengelola, guna mensukseskan program dan perkembangan Gapoktan .....................

    2. Pengurus mendapat bagian Sisa Hasil Usaha tahunan yang besarnya sudah ditentukan dalam Anggaran Dasar.

    3. Memutuskan penerimaan dan penolakan anggota baru serta pemberhentian anggota sesuai dengan ketentuan anggaran Dasar.

 

Pasal 9

 

  1. Pengurus tidak menerima gaji atau honor setiap bulannya, akan tetapi dapat diberikan bonus atau uang jasa, yang besarnya disepakati dalam rapat anggota.

  2. Pengurus wajib memberikan laporan kepada Pemerintah auat Instansi Pembina terkait tentang keadaan dan perkembangan organisasi serta usaha Gapoktan ..................... sekurang-kurangnya satu tahun sekali.

 

Pasal 10

 

  1. Pengurus Gapoktan ....................., baik bersama-sama maupun sendiri-sendiri menanggung selain membayar kerugian yang diderita Gapoktan ....................., karena tindakan yang dilakukan dengan kesengajaan atau kelalaian, disamping pengaantianapabila tindakan itu dilakukan dengan sengaja, juga tidak menutup kemungkinan bagi penuntut umum untuk melakukan penuntutan.

  2. Pengurus Gapoktan ..................... tidak menanggung kerugian, bila kerugian tersebut karena bencana alam dan diputuskan dalam rapat anggota.

 

 

BAB IX

PENGAWAS DAN PEMBINA

 

Pasal 11

 

  1. Fungsi pengawasan dilaksanakan oleh pengurus

  2. Pengurus dapat menunjuk orang atau lembaga sebagai pengawas, untuk mengontrol dari segi aspek-aspek sistem pengelolaan keuangan dan transaksi, agar kegiatan Gapoktan ..................... tidak menyimpang dari kaidah-kaidah keadilan

  3. Dalam menunjuk pengawas dipilih orang atau lembaga yang mengerti tentang konsep ekonomi keadilan.

  4. Dalam rangka pencapaian visi, misi, tujuan, fungsi dan prinsip-prinsip pengelolaan Gapoktan ..................... yang profesional, pengurus dapat menunjuuk orang atau lembaga sebagai pembina.

 

 

BAB X

PENGELOLA

 

Pasal 12

 

  1. Pengeloa Gapoktan ..................... adalah tenaga profesional yang direkut (dipilih dan diseleksi sesuai dengan kemampuan dan pendidikan) untuk dilatih dan dipekerjakan mengelola bisnis dan kelembagaan Gapoktan ..................... sehari-hari.

 

  1. Dalam hal pengelola Gapoktan ..................... sesuai dengan Pasal 12 ayat 1, Konsultan Pendamping dapat merekomendasikan pengelola yang sudah dilatih untuk dilanjutkan ke tingkat menengah, dan ahli, agar dalam mengelola Gapoktan .....................dapat berjalan sesuai dengan standar dan profesional.

  2. Status Pengelola dikembangkan secara bertahap setiap 6 bulan dengan melakukan evaluasi dari status magang, kontrak, staf percobaan dan staf tetap.

  3. Pengelola bertanggungjawab kepada Pengurus Gapoktan .....................

  4. Pengelola mendapat gaji bulanan yang besarnya ditetapkan berdasarkan perkembangan usaha Unit Gapoktan ....................., kesepakatan dan pertimabangan serta penetapan Pengurus Gapoktan .....................

  5. Pengeloa bersama Pengurus melakukian pembinaan mental spiritual anggota dan atau kelompok-kelompok anggota secara berkala.

  6. Pengelola mendapat bonus dan SHU setiap tahun, yang besarnya sesuai dengan kesepakatan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT).

 

 

BAB XI

KELOMPOK USAHA BERSAMA (POKUSMA)

 

Pasal 13

 

Dalam pembinan anggota, Gapoktan ..................... dapat membentuk kelompok usaha bersama (Pokusma) apabila jumlah anggota minimal 40 orang.

 

BAB XII

PENDAMPINGAN

 

Pasal 14

 

  1. Proses pendirian dan pelaksanaan operasional Gapoktan ..................... dilakukan oleh Penyuluh pendamping sebagai endamping.

  2. Dalam hal pendampingan, Penyuluh Pendamping menunjuk Penyelia Mitra Tani sebagai koordinator pendamping yang berada di lapangan atau lokasi Gapoktan ......................

 

 

Pasal 15

 

Pendamping berkewajiban :

  1. Memotivasi pendirian dan pengembangan Unit SP pada Gapoktan ......................

  2. Membina para Anggota, baik dari aspek ekonomi, sosial dan aspek penmguatan iman.

  3. Membantu Pengurus dan Pengeloa membuat laporan perkembangan keuangan dan kegiatan Gapoktan ..................... untuk dilaporkan kepada pihak-pihak yang berwenang.

  4. Membentu operasional Gapoktan ..................... dengan harapan Gapoktan ..................... dapat berjalan dan berkembang dengan maksimal (membantu memberikan solusi bila ada masalah, mengakses dana-dana pihak ketiga, dll).

 

Pendamping mempunyai hak :

  1. Menjadi Anggota Pendiri Gapoktan ..................... mewakili Pendamping

  2. Malukan internal audit dan standarisasi, serta menilai tingkat kesehatan Gapoktan ..................... apabila diminta Gapoktan .....................

 

 

BAB XIII

RAPAT ANGGOTA

 

Pasal 16

 

    1. Rapat Anggota Gapoktan ..................... dilakukan sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun sekali dimana anggota wajib menghadirinya.

    2. Rapat pembentukan Gapoktan ..................... merupakan arap Anggota yang pertama.

    3. Rapat Anggota dilakukan atas dasr undangan yang disampaikan oleh Pengurus melalui Pengelola.

    4. Rapat Anggota dilakukan dengan mengharuskan mengundang instansi pembina terkait.

    5. Setiap keputusan dalam Rapat anggota diambil berdasarkan suara terbanyak dari anggota yang memiliki hak suara yang hadir di dalam rapat

 

 

Pasal 17

 

  1. Rapat Anggota sah jika dihadiri dari sepertiga jumlah Anggota Pendiri.

  2. Jika Rapat Anggota tidak dapat berlangsung karena tidak memenuhi kuorum sebagaimana dimaksud pada ayat 1 pasal ini, maka Rapat anggota ditunda selama 10 hari dengan pemberitahuan tertulis kepada Anggota.

  3. Apabila yang terdapat dalam 2 dalam pasal ini tidak dapat dicapai, maka setelah diadakan penundaan selama 1 jam dan telah melaksanakan ayat 2 pasal ini, maka rapat dapat dilaksanakan dan dianggap sah adanya.

  4. Setiap Anggota Pendiri memiliki satu suara.

  5. Rapat Anggota Tahunan (RAT) menetapkan :

    1. Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga

    2. Kebijakan umum bidang organisasi, manajemen dan usaha

    3. Pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Pengurus.

    4. Rencana kerja, anggaran pendapatan dan belanja serta pengesahan laporan keuangan Gapoktan .....................

    5. Pengesahan pertanggungjawaban pengurus dalam pelaksanaan tugasnya

    6. Pembagian Sisa Hasil Usaha

    7. Penggabungan, Peleburan dan pembubaran Gapoktan .....................

 

 

Pasal 18

 

Rapat Anggota Gapoktan .....................harus dihadiri oleh intansi Pembina terkait yang langsung maupun tidak langsung mempunyai hubungan dengan Gapoktan .....................

 

 

BAB XIV

SUMBER DANA

 

Pasal 19

 

  1. Sumber dana Gapoktan .....................terditri atas modal da pinjaman

  2. Modal Gapoktan ..................... bersumber dari :

    1. Simpanan Pokok Khusus, yang total akumulasinya harus mencapai minimum 10 % dari Modal Penyertaan yang akan masuk di Gapoktan .....................

    2. Simpanan Pokok

    3. Simpanan Wajib

    4. Sumbangan-sumbangan yang tidak mengikat (hibah)

    5. Sisa hasil usaha yang dicadangkan

 

  1. Dana pinjaman bersumber dari :

    1. Simpanan-simpanan Sukarela/Tabungan Anggota

    2. Dana Penyertaan dari Pemerintah

    3. Perorangan, Bank dan lembaga keuangan lainnya

    4. Sumber-sumber lainnya yang sah dan halal

 

 

BAB XV

OPERASIONAL

 

Pasal 20

 

  1. Biaya-biaya yang timbul akibat kegiatan dan operasional Gapoktan ....................., diambil dari hasil pendapatan yang diperoeh Gapoktan ..................... pada setiap bulannya.

  2. Pendapatan setiap bulan yang diperoleh Gapoktan ....................., setelah dikeluarkan biaya bagi hasil/bonus simpanan anggota, pengeluiarnnya diatur sebagai berikut :

  • Maksimum 60 % sebagai biaya operasional

  • 35 % sebagai pendapatan yang ditahan (laba bulanan) dan diakumulasikan sebagai SHU

  • 5 % untuk Dana Pembinaan

 

 

BAB XVI

SISA HASIL USAHA

 

Pasal 21

 

  1. Sisa Hasil Usaha (SHU) Gapoktan ..................... adalah hasil akumulasi pendapatan yang diperoleh selama satu tahun buku dikurangi kewajiban-kewajiban pada tahun buku yang bersangkutan.

  2. Tahun buku Gapoktan .....................adalah tahun kalender.

  3. Pembagian pngalokasian Dana SHU Gapoktan .....................diatur sebagai berikut :

    1. 2,5 % untuk Danan Sosial

    2. 25 % untuk Cadangan

    3. 50 % untuk anggota sesuai dengan jasa usahanya terhadap Gapoktan ..................... (besarnya partisipasi modal : Simpoksus, Simpok dan Simwa yang diinvestasikan)

 

    1. 12,5 % untuk Pengurus

    2. 5 % untuk Pengelola

    3. 5 % untuk kegiatan pendidikan, pengembangan kualitas SDM dan sosial.

 

 

Pasal 22

 

  1. Cadangan adalah kekayaan Gapoktan .....................yang diperuntukakan untuk menutup kerugian Gapoktan ..................... sehingga tidak boleh dibagikan kepada Anggota.

  2. Penggunaan dana cadangan harus berdasarkan keputusan rapat anggota.

 

 

BAB XVII

PEMBUKUAN

 

Pasal 23

 

  1. Segala jenis usaha maupun kekayaan Gapoktan ..................... ini harus dibukukan sesuai dengan kaidah akutansi yang lazim dan dapat dipertanggungjawabkan.

  2. Tahun buku Gapoktan ..................... dimulai pada wal bulan 1 Januari dan berakhir pada bulan 31 desember

  3. Paling lambat dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan atau pada bulan Maret harus sudah dibuat laporan keuangan dan dipertanggungjawabkan oleh Pengurus kepada Rapat Umum Anggota.

 

 

BAB XVIII

PERUBAHAN ANGGARAN DASAR

 

Pasl 24

 

  1. Anggaran Dasar ini berlaku sejak ditetapkan oleh rapat Anggota

  2. Demikian Anggaran Dasar ini ditanda tangani oleh Pengurus yang telah diberi Kuasa Penuh dalam rapat pembentukan Unit Simpan Pinjam Gapoktan .............. pada tanggal .................... 2008

  3. Bilamana terjadi perubahan terhadap anggaran dasar ini, maka perlu dibuatkan catatan perubahan Anggaran sdasar dan disampaikan kepada seluruh anggota selambat-lambatnya satu minggu setelah terjadinya perubahan.

 

 

BAB XIX

PENUTUP

Pasal 25

 

  1. Anggaran dasar ini berlaku sejak ditetapkan oleh rapat anggota.

  2. Demikian anggaran dasar ini ditanda tangani oleh Pengurus yang telah diberi Kuasa Penuh dalam rapat pembentukan Unit Simpan Pinjam Gapoktan ..................... pada tranggal ..................... 2008

Anggota Pendiri

 

No

Nama

Alamat

Tanda Tangan

1

 

 

1

 

2

 

 

 

2

3

 

 

3

 

4

 

 

 

4

5

 

 

5

 

6

 

 

 

6

7

 

 

7

 

8

 

 

 

8

9

 

 

9

 

10

 

 

 

10

11

 

 

11

 

12

 

 

 

12

13

 

 

13

 

14

 

 

 

14

15

 

 

15

 

16

 

 

 

16

17

 

 

17

 

18

 

 

 

18

19

 

 

19

 

20

 

 

 

20

21

 

 

21

 

22

 

 

 

22

23

 

 

23

 

24

 

 

 

24

25

 

 

25

 

26

 

 

 

26

27

 

 

27

 

 

 

 

ANGGARAN RUMAH TANGGA GAPOKTAN ..............................

 

 

 

BAB I

KEANGGOTAAN

 

Anggota Gapoktan ............................... terdiri dari :

    1. Anggota Pendiri Kehormatanyaitu anggota yang membayar simpanan pokok khusus minimal 20 % dari jumlah modal Gapoktan ...............................

    2. Anggota Pendiri Gapoktan ....................., yaitu anggota yang membayar simpanan pokok, simapanan wajib dan simpanan pokok khusus yang nilainya sesuai dengan kesepakatan anggota.

    3. Anggota Biasa Gapoktan ....................., yaitu anggota yang membayar simpanan pokok dan simpanan wajib.

    4. Anggota Luar Biasa Gapoktan ....................., yaitu mereka yang memanfaatkan jasa Gapoktan ....................., tetapi belum meluasi simpanan pokok dan simpanan wajib.

    5. Anggota Kehormatan Gapoktan ....................., yaitu mereka yang mempunyai kepedulian untuk ikut serta memajukan Gapoktan ..................... tetapi tidak bisa ikut serta secara penuh sebagai anggota Gapoktan ......................

 

 

Pasal 2

 

  1. Setelah Gapoktan ..................... berdiri, anggota pendiri bisa ditambah dari anggota biasa dan badan hukum atau lembaga dengan syarat :

    • Membayar Simpanan Pokok Khusus

    • Mempunyai Komitmen yang tinggi terhaddap Gapoktan .....................

    • Diterima oleh 50 % plus 1 Anggota Pendiri yang sudah ada

  2. Permohonoan untuk menjadi anggota Gapoktan ..................... diajukan oleh calon anggota kepada pengurus melalui pengelola secara tertulis dengan menggunakan formulir yang telah disediakan untuk keperluan itu.

  3. Dalam waktu selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari sejak diterimanya permohonan calon anggota, pengurus harus memberi jawaban tentang penerimaan atau penolakannya.

  4. Setiap calon anggota pendiri baru dapat dianggap menjadi anggota penuh, dengan segala hak dan kewajibannya, juika ia telah melunasi simpanan pokok khusus, simpanan pokok dan simapanan wajib.

  5. Anggota pendiri menyerahkan simpanan pokok khusus minimal 30 % dari jumlah simpanan pokok khusus yang diperkjanjikan setelah terbentuk Pengurus dan Pengelola; 70 % sisanya setelah Gapoktan ..................... siap beroperasi.

  6. Setiap anggota harus mengikuti secara aktif acara pembinaan anggota.

  7. Setiap anggota harus menghadiri setiap acara yang diselenggarakan Gapoktan ..................... untuk anggota.

  8. Setiap anggota harus secara aktif menempatkan simpanan sukarela pada Gapoktan .....................

 

BAB II

HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA

 

Pasal 3

 

  1. Anggota pendiri berhak untuk :

    1. memilih dan dipilih menjadi pengurus atau pengelola Gapoktan .....................

    2. memberikan suaranya dalam pemungutan suara dengan satu anggota satu suara dan tidak dapat diwakilkan.

    3. Mengeluarkan pendapat, baik lisan maupun tulisan.

    4. Memperoleh kesejahteraan dan perlindungan hukum dalam pelaksanaan hak dan kewajibannya.

    5. Anggota pendiri dapat mnggelar rapat istimewa apabila diketahui ada penyimpangan AD/ART oleh pengurus dengan persetujuan pengwas dan 2/3 anggota pendiri.

 

  1. Anggota Biasa berhak untuk :

    1. dipilih menjadi pengurus atau pengelola Gapoktan

    2. mengeluarkan pendapat, baik lisan maupun tulisan.

    3. Memperoleh kesejahteraan dan perlindungan hukum dalam pelaksanaan hak dan kewajibannya.

 

  1. Anggota luar biasa dan anggota kehormatan berhak atas :

    1. mengeluarkan pendapat bail lisan maupun tulisan.

    2. Memperoleh kesejahteraan sesuai darma baktinya.

 

Pasal 4

 

Seluruh anggota Gapoktan ..................... berkewajiban untuk :

  1. Berpartisipasi aktif dalam memajukan usaha Gapoktan ....................., baik secara langsung maupun tidak langsung.

  2. Menghadiri rapat yang dipandang perlu diadakan pengurus.

  3. Mengikuti secara aktif program Gapoktan ....................., terutama dalam peningkatan sumberdaya insani.

  4. Mematuhi dan melaksanakan semua peraturan dan kewajiban yang menjadi tanggung jawabnya.

 

 

BAB III

KELOMPOK USAHA

 

Pasal 5

 

  1. Pembentukan kelompok-kelompojk usaha sebagaimana dimaksud pada bab XI pasal 13 Anggaran Dasar, dapat dilakukan bila jumlah anggota lebih dari 5-10 orang.

  2. Kelompok usaha dibentuk berdasarkan jenos usaha atau tempat tinggal atau tempat usaha dengan anggota 5-10 orang.

  3. Kelompok usaha membantu peningkatan kualitas usaha dan kualitas sumber daya insani anggotanya.

  4. Kelompok usaha memeilih ketua dan menyelenggarakan pertemuan sesuai dengan kebutuhan.

  5. Pembentukan Kelompok anggota harus disahkan oleh pengurus Gapoktan .....................

 

BAB IV

PENGURUS

 

Pasal 6

 

Pengurus Gapoktan ....................., pada dasarnya bertindak sebagai wakil yang ditunjuk untuk kepentingan seluruh anggota dalam melakukan pengawasan segala kegiatan Unit Simpan Pinjam Gapoktan .....................,

 

Pasal 7

 

  1. Pengambilan keputusan pengurus harus dilakukan oleh semua anggota pengurus dalam rapat pengurus, kecuali rapat yang telah menetapkan :

    1. pembagian tugas/pekerjaan

    2. memeberikan wewenang kepada paling tidak 2 orang untuk mewakili pengurus.

  2. Setiap anggota pengurus yang berturut-turut tidak hadir dalam 3 kali rapat rutin pengurus tanpa memberikan alasan yang dapat diterima, maka pengurus yang bersangkutan dianggap telah meninggalkan jabatannya.

  3. Setiap lowongan dalam keanggotaan pengurus harus diisi oleh anggota pengurus baru selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari sejak terjadinya lowongan tersebut, dimana anggota pengurus yang masih ada mengadakan rapat anggota pendiri untuk memeilih penggantinya yang selanjutnya disahkan oleh rapat anggota berikutnya.

 

Pasal 8

 

  1. Pengurus berkewajuban menyusun dan menggariskan pola kebijakan umum secara khusus, pengurus bertindak atas nama dan bertanggungjawab kepada rapat anggota Gapoktan ....................., atas pelaksanaan kebijakan- kebijakan yang telah digariskannya, yang meliputi :

    1. Kebijakan mengenai penerimaan dan pemberhentian anggota.

    2. Kebijakan mengenai jumlah maksimal pembiayaan yang dapat diberikan kepada anggota atau Pokusma dengan pertimbangan :

      • Skala usaha anggota atau pokusma apakah sangat mikro, mikro atau usaha kecil.

      • Jumlah simpanan pokok dan simpanan wajib yang telah dimiliki anggota atau pokusma atas jumlah yang diperlukan dalam usaha yang diajukan pembiayaannya.

      • Lama keanggotaannya.

      • Kesediaan menempatkan simpanan pembiayaan selama dalam masa pembiayaan.

      • Jaminan keberadaan untuk usaha mikro dan usaha kecil

    3. Kebijakan mengenai jangka waktu maksimum pengembalian pembiayaan yang diberikan kepada anggota, serta faktor-faktor utama pertimabngan (antara lain kelayakan usaha dan pengusaha) untuk menentukan diluluskannya atau ditolaknya permohonan- permohonan pembiayaan.

    4. Kebijakan untuk memperbaiki tingkat kesehatan dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun, khususnya aspek finansial, kelembagaan dan memejemen.

    5. Kebijakan penandatanganan cek dengan kontra sign tandatangan rangkap untuk tingkat pengambilan/penarikan dana simpanan di Kas/Bank untuk operasionalisasi likuiditas Unit Simpan Pinjam Gapoktan .....................

    6. Kebijakan tatacara pengambilan keputusan pembiayaan (komisi pembiayaan).

    7. Pengurus menunjuk Pengelola sebagai pelaksana dan berhak memberhentikannya jika dianggap perlu (terutama karena tidak cakap, kurang berprestasi dan tidak diterima oleh masyarakat).

    8. Kebijakan dan usul mengenai pembagian atas sisa hasil usaha (SHU) dan saran-saran amandemen perubahan terhadap AD/ART kepada Rapat anggota Tahunan/Khusus.

    9. Kebijakan pembiayaan yang dapat diberikan kepada anggota tidak diperbolehkan melebihi 30 % (tiga puluh persen) dari jumlah modal Gapoktan .....................

    10. Kebijakan mengenai penerimaan pegawai.

    11. Jumlah balas karya yang dapat diberikan kepada para pengelola

    12. Kebijakan mengenai pinjaman yang sifatnya mengikat yang dapat diambil Gapoktan ..................... dari pihak ke 3 untuk kepentingan operasional

    13. Kebijakan perihal tatacara pemungutan kembali pembiayaan serta penghapusan pembiayaan atau sisa pembiayaan anggota yang sudah tidak mungkin dikembalikan dengan persetujuan arapat anggota.

    14. Kebijakan- kebijakan lain yang sewaktu-waktu dikuasakan oleh rapat anggota.

 

 

  1. Pengurus mengesahkan laporan dan tingkat kesehatan USP Gapoktan ....................., keuangan USP Gapoktan .....................dan selalu mendapat sehelai tembusan laporan bulanan keuangandan tingkat kesehatan USP Gapoktan ..................... yang terakhir.

    1. pengurus harus memberikan tiap laporan keuangan dan tingkat kesehatan USP Gapoktan .....................

    2. Pengurus harus memberikan saran-saran yang diperlukan pengelola untuk memperbaiki posisi keuangan dan tingkat kesehatan USP Gapoktan .....................

 

 

BAB V

PEMBINAAN DAN PENGAWASAN

 

Pasal 9

 

  1. Pembinaan ke USP Gapoktan ..................... an : adalah pembinaan kepada anggota sehingga tercapai tingkat pengertian, kesadaran tentang visi, misi, tujuan, fungsi, prinsip-prinsip utama USP Gapoktan ..................... serta hak dan kewajiban sebagai anggota.

  2. Pembinaan meningkatkan produktifitas usaha USP Gapoktan ..................... adalah :

    1. Kegiatan untuk menguatkan dan mengembangkan kinerja USP Gapoktan .....................

    2. Kegiatan untuk menguatkan dan mengembangkan kinerja usaha anggota dan Pokusma

    3. Kegiatan untuk menguatkan dan mengembangkan teknologi, manajemen, produktifitas dan nilai tambah Anggota dan Pokusma.

  3. Pembinaan akhlak dan keagamaan anggota, pengelola dan pengguna Gapoktan ..................... adalah kegiatan membentuk kepribadian akhlak mulia yang utuh dan tangguh sehingga mampu menghadapi tantangan bisnis yang membahayakan perkembangan ekonomi rakyat kecil.

  4. Pembinaan internal dalam bentuk pendidikan bagi para Anggota dilakukan oleh atau melalui pengelola.

  5. Bentuk-bentuk pendidikan yang diberikan meliputi :

    1. pendidikan dan penyuluhan bagi calon-calon Anggota dan Pokusma USP Gapoktan .....................

    2. pendidikan dan penyuluhan bagi Anggota dan Pokusma USP Gapoktan .....................

    3. memberikan penerangan pada khalayak ramai

    4. meningkatkan jumlah Anggota Gapoktan .....................dengan melaksanakan sosialisasi

    5. mengadakan kegiatan edukatif dalam bentuk pembinaan mental yang atraktif sehingga terwujud kepribadian akhlak yang utuh dan tangguh yang mulia bagi Anggota dan Pokusma Gapoktan ..................... dan masyarakat di lingkungan kerja USP Gapoktan .....................

 

Pasal 10

 

  1. Pengawasan Pengurus terhadap Pengelola dilaksanakan dengan cara :

    1. mendiskusikan secara rinci setiap laporan-laporan pengelola tentang komponen-komponen kesehatan USP dalam rapat Pengurus dan Pengelola, minimum sekali dalam sebulan.

    2. laporan Pengelola dapat berbentuk harian, mingguan, bulanan dan laporan tahunan.

    3. Waktu pemeriksaan disesuaikan dengan sifat, bentuk dan karakteristik masing-masing laporan.

    4. Bentuk-bentuk laporan yaitu laporan kas/bank, laporan penghimpunan dan pembiayaan, laporan neraca rugi/laba, dan laporan tingkat kesehatan USP Gapoktan .....................

        2. Pengawasan Pengelola terhadap Anggota yang menerima pembiayaan dilakukan dengan cara :

    1. mengadministrasikan jadwal angsuran setiap Anggota penerima pembiayaan

    2. merencanakan komunikasi dengan Anggota penerima pembiayaan 3 hari sebelum jatuh tempo angsuran

    3. mengadakan kunjungan kepada Anggota yang bersangkutan dengan menyiapkan surat teguran jika yang bersangkutan tidak berada di tempat

    4. mendiskusikan hambatan-hambatan dalam usaha Anggota dan Pokusma serta mencari jalan keluar agar tidak timbul pembiayaan bermasalah.

 

BAB VI

PILIHAN PENGURUS

 

Pasal 11

 

  1. Pengurus membentuk sebuah panitia pencalonan sekurang-kurangnya 30 (tiga puluh) hari sebelum rapat Anggota diadakan. Panitia pencalonan terdiri atas 3 (tiga) Anggota dimana tidak boleh duduk lebih dari satu orang Anggota Pengurus periode berikutnya. Tugas panitia pencalonan adalah mengajukan calon-calon untuk setiap lowongan Pengurus yang perlu diisi dengan jalan pemilihan dalam rapat Anggota.

  2. Sesudah nama-nama calon diumumkan oleh Panitia Pencalonan, Pimpinan Rapat Anggota meminta tambahan calon-calon dari Anggota yang hadir dan mempunyai hak suara. Kemudian dapat mensahkan pencalonan.

  3. Rapat Anggota melakukan Pemilihan Pengurus dari calon-calon yang telah disahkan tanpa menentukan jabatan masing-masing calon. Pemilihan dilakukan dengan pemungutan suara yang menggunakan surat suara. Hanya anggota yang mempunyai hak suara yang dapat memilih secara bebas dan rahasia.

  4. Tiap-tiap pemilihan diputuskan berdasarkan suara terbanyak. Apabila dua calon atau lebih mendapat suara yang sama, maka pemungutan suara diualangi, kecuali diantara mereka menyatakan mengundurkan diri dari calon.

  5. Pencalonan maupun pemilihan dilakukan dalam jumlah ganjil 3 (tiga) sampai 15 (lima belas) untuk Pengurus.

 

 

BAB VII

JABATAN DALAM KEPENGURUSAN

 

Pasal 12

 

Jabatan secara hak dan kewajiban para Anggota Pengurus adalah sebagai berikut :

  1. KETUA : menjalankan tugas-tugas memimpin Rapat anggota dan Rapat Pengurus, Tugas-tugas kepemimpinan diantara anggota Pengurus, membina kepemimpinan para pengelola, ikut menanda tangani surat-surat berharga serta surat-surat lain yang bertalian dengan penyelenggaraan keuangan USP Gapoktan ....................., menjalankan tugas-tugas yang diamanahkan oleh ketentuan AD/ART USP Gapoktan ....................., khususnya mengenai pencapaian tujuan, visi, misi, fungsi dan prinsip-prinsip utama USP Gapoktan .....................

  2. WAKIL KETUA ; menjalankan tugas-tugas Ketua bilamana Ketua tidak hadir, berhalangan atau berkeberatan melakukan tugas-tugasnys, membantu/mendukung sepenuhnya kawajiban KETUA.

  3. BENDAHARA : memberikan catatan- catatan keuangan USP catatan, memverifikasi dan memberikan saran pada Ketua tentang berbagai situasi dan mengatur efektifnya pengamanan kekayaan, rekening bank atas nama USP catatan dan komisi pembiayaan.

  4. SEKRETARIS : bertugas membuat serta memelihara Berita Acara yang asli dan lengkap dari rapat-rapat Anggota dan rapat-rapat Pengurus. Sekretaris bertanggungjawab atas pembentukan kepada anggota sebelum rapat rapat diadakan sesuai dengan ketentuan AD/ART. Bila USP Gapoktan ..................... telah berkembang, jumlah Anggota Pengurus dapat diperbesar, dengan pembagian pekerjaan yang jelas dengan mempraktekkan prinsip kebersamaan, musyawarah dan keadilan.

  5. Jabatan Pengurus berlaku selama 3 tahun dan Pengurus dapat dipilih kembali maksimal 2 kali masa jabatan berturut-turut.

 

 

BAB VIII

PENGELOLA

 

Pasal 13

 

  1. Pengelola adalah pelaksana usaha USP Gapoktan ..................... yang ditunjuk oleh Pengurus untuk mengelola dan mengembangkan aset-aset USP Gapoktan .....................

  2. Pengelola dapat terdiri dari Manajer utama, Manajer Pembiayaan, Manajer Pelayanan Anggota serta Manajer Pengalangan Dana Simpanan Anggota, Administrasi Pembukuan dan Kasir.

  3. Keputusan untuk penambahan persona pengelola disesuaikan dengan kebutuhan atas usul Manajer Utama.

  4. Pengelola melaksanakan semua kebijakan Pengurus dan bertanggungjawab kepada Pengurus.

  5. Pengelola mendapat imbalan jasa dalam bentuk gaji yang ditentukan oleh Pengurus.

  6. Pengelola berkewajiban membuat laporan tentang :

    1. keuangan

    2. perkembangan pembiayaan

    3. perkembangan tabungan

    4. kegiatan usaha

    5. tingkat kesehatan USP Gapoktan .....................

 

 

BAB IX

MODAL DAN SIMPANAN ANGGOTA

 

Pasal 14

 

Modal USP Gapoktan ..................... terdiri dari :

      1. Simpanan Pokok Khusus adalah simpanan para Pendiri pada tahap awal pengembangan pendirian USP Gapoktan .....................

      2. Besarnya Simpanan Pokok Khusus minimal setiap Anggota Pendiri adalah Rp. 1.000.000,00 dibayar dengan cara angsuran/saru kali/lain-lain sesuai kesepakatan Rapat Anggota.

      3. Simpanan Pokok adalah simpanan yang harus dibayar oleh Anggota Pendiri dan Anggota Biasa pada tahap awal keanggotan USP Gapoktan .....................

      4. Besarnya Simpanan Pokok adalah sebesar Rp. 100.000,00 sesuai kesepakatan Rapat Anggota.

      5. Simpanan Wajib adalah simpanan yang harus dibayar oleh Anggota Pendiri dan Anggota Biasa secara berkala, 1 bulan/2 bulan sekali/lain-lain sesuai kesepakatan Rapat Anggota

      6. Besarnya Simpanan Wajib adalah Rp. 10.000,00 per bulan

      7. Hibah adalah pemberian segala bentuk kekayaan yang berasal dari semua pihak untuk USP Gapoktan .....................

      8. Cadangan dari Sisa Hasil Usaha besarnya ditetapkan oleh Rapat Anggota

      9. Simpanan Pokok Khusus dan Simpanan Pokok tidak daspat ditarik kecuali berakhir keanggotaannya.

 

 

Pasal 15

  1. Tabungan Sukatela adalah simpanan Anggota yang dapat ditarik kapan saja oleh Anggota sesuai dengan jenis dan ketentuannya.

  2. Tabungan Sukarela terdiri dari :

    • Tabungan Sukarela Titipan adalah simpanan dengan akad titipan yang dapat diperlukan sebagi simpanan biasa atau simpanan berjangka. Tabungan ini adalah simpanan yang penarikannya ditentukan jangka waktunya. Jenis Simpanannya yaitu TAHARA (Tabungan Hari Raya), TADIKA (Tabungan Pendidikan), TAJAKA (Tabungan Berjangka).

    • Tabungan Sukarela Bagi Hasil adalah simpanan dengan akad bagi hasil. Simpanan ini di USP Gapoktan ..................... disebut TAMARA (Tabungan Masyarakat Sejahtera).

 

 

BAB X

PEMBIAYAAN

 

Pasal 16

 

Jenis Pembiayaan :

  1. Jual Beli-Bayar Angsuran (JB-BA), adalah Pembiayaan akad jual belim dengan pembayaran kembali (harga pokok dan keuntungan) secara angsuran.

  2. Jual Beli- Bayar Jatuh Tempo (JB-BJT) adalah pembiayaan akad jual beli dengan pembayaran kembali (harga pokok dan keuntungan) setelah jatuh tempo.

  3. Pembiayaan Bersama - Bagi Hasil (PB-BH) adalah pembiayaan dengan akad kerja sama dimana Gapoktan ..................... dan anggota membiayai usaha dengan penyertaan manajemen Gapoktan ..................... didalamnya.

  4. Pembiayaan Jasa –Swea beli adalah Pembiayaan yang diberikan untuk pembiayaan sewa barang, rumah atau bangunan dan jasa yang diperlukan debitur, dan debitur membayar harga poko sewa barang tersebut dengan Bagi Hasil/Mark Up yang disepakati.

 

 

BAB XI

USAHA

 

Pasal 17

 

Jika Gapoktan ..................... hanya bergerak di bidang Simpan Pinjam, Gapoktan ..................... berusaha :

  1. Mengadakan Usaha Simpan Pinjam berdasarkan bagi hasil antar Anggota dan Pokusma.

  2. Mengembangkan dan mimbina usaha produktif dan Pembiayaan dari Anggota dan Pokusma

  3. Kegiatan-kegiatan Gapoktan ..................... lainnya di bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial.

  4. Menyediakan barang kebutuhan usaha Anggota dan Pokusma untuk menunjang usaha Anggota/Pokusma, tanpa menyainginya.

  5. Memperlancar pemasaran hasil usaha Anggota/Pokusma sehingga diterima hanya yang layak.

  6. Meningkatkan usaha-usaha ekonomi lainnya untuk kepentinganAnggota/Pokusma sepanjang layak dari segi permodalan, dan mempertimbangkan tingkat kesehatan USP Gapoktan .....................

  7. Kerjasama dengan Gapoktan dan Lembaga lainnya untuk mendapatkan permodalan yang menguntunmgkan Anggotanya.

  8. Penyuluhan di bidang usaha ekonomi dikaitkan dengan keterpaduan dengan ibadah.

 

 

BAB XII

BADAN PENGAWAS DAN PEMBINA

 

Pasal 18

 

  1. Juka Pengurus USP , karena satu dan lain hal, memutuskan memerlukan membentuk Badan Pengawas USP Gapoktan ..................... demi kelancaran hubungan kerja pembinaan dan pengawasan antara Pengurus dan Pengelola Gapoktan ....................., maka Pengurus dapat membentuk Badan Pengawas USP Gapoktan ..................... dengan ketentuan sebagai berikut :

    1. Terdiri dari 3 (tiga) orang yang masing-masing diusahakan memiliki latar belakang pengembangan usaha mikro/kecil bawah, pembukuan keuanganperusahaan dan kelembagaan perusahaan dan atau organisasi masyarakat.

    2. Bekerja lebih intensif dalam pembinaan dan pengawasan pengeloaan USP Gapoktan .....................

    3. Melaporkan penemuan dan hasil kerjanya pada Pengurus paling lama setiap dua bulan satu kali.

 

  1. Dalam rangka pencapaian visi, misi, tujuan, fungsi dan prinsip-prinsip pengelolaan USP Gapoktan ..................... yang profesional, Pengurus dapat menunjuk orang atau lembaga sebagai Pembina. Pembinaan dilaksanakan berdasarkan prinsip manfaat dalam semangat kebaikan.

 

 

BAB XIII

DEWAN PENGAWAS ETIKA DAN MANAJEMEN

 

Pasal 19

 

USP Gapoktan ..................... tunduk pada ketentuan-ketentuan Dewan Pengawas Etika dan Manajemen.

 

 

BAB XIV

SISA HASIL USAHA

 

Pasal 20

 

  1. SHU adalah laba bersih yang diperoleh selama satu tahun buku dikurangi zakat perdagangan dan pajak.

  2. Pembagian SHU dilakukan atas dasar sumber keuntungan yaitu :

    1. SHU yang diperoleh dari usaha untuk anggota dialokasikan untuk :

      • 40 % untuk anggota pendiri (dibagi sesuai dengan proporsional modal yang ditempatkan)

      • 10 % untuk Pengurus (dibagi sesuai dengan tugas dan keputusan rapat Pengurus)

      • 10 % untuk jasa Simapanan Pokok dan Simpanan Wajib (dibagi proporsional terhadap rata-rata saldo)

      • 5 % Jasa Audit

      • 10 % untuk Pengembangan USP dibagi sesuai dengan proporsional

      • 15 % untuk cadangan modal

      • 10 % untuk cadangan dana pendidikan

 

    1. SHU yang diperoleh dari usaha bukan untuk anggota

  • 35 % untuk Anggota Pendiri

  • 10 % untuk Pengurus

  • 10 % untuk Pengelola dan Karyawan

  • 10 % Jasa Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib

  • 15 % untuk cadangan modal

  • 15 % untuk cadangan dana pendidikan

  • 5 % untuk sosial

 

 

BAB XV

PERUBAHAN ANGGARAN RUMAH TANGGA

 

Pasal 21

 

  1. Perubahan anggaran Rumah Tangga ini hanya dapat dilakukan oleh Rapat Anggota berdasarkan keputusan setidak-tidaknya 2/3 (dua per tiga) dari jumlah Anggota yang hadir dan mempinyai hak suara dalam Rapat anggota Tahunan atau rapt yang khusus diadakan untuk itu.

  2. Perubahan terhadap ART dapat dibicarakan dalam Rapat anggota atas usul Pengurus atau sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) Anggota Pokusma yang mempunyai hak suara.

  3. USP Gapoktan ..................... menyimpan buku amandemen/perubahan terhadap ART yang selalu tersedia untuk diperiksa oleh anggota dan siapa saja yang mendapat ijin untuk itu.

 

 

 

 

 

 

 

 

Ditetapkan dalam rapat anggota,

Pada Tanggal .......... 2008

Desa ................................

Kecamatan ......................

Kabupaten Sleman

Propinsi DI Jogjakarta

 

 

Atas Nama seluruh Anggota Gapoktan .....................

 

 

Ketua, Sekretaris,

 

 

 

 

(.................................) (.................................)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dialog Gubernur DIY - Masdjo Netizen Jogja Istimewa

Dialog Gubernur DIY - Masdjo Netizen Jogja Istimewa
Gubernur DIY dan Masdjo
jogloabang Sel, 03/21/2017 - 16:39

Bertempat di Bangsal Kepatihan Kantor Gubernur DIY hari Senin, 20 Maret 2017 Jam 19.00 terjadi Dialog antara Gubernur DIY Sri Sultan HB X dengan Netizen. Netizen yang hadir adalah anak-anak muda yang tergabung dalam jaringan Masyarakat Digital Jogja. Memang acara ramah tamah Netizen dengan para pejabat Propinsi DIY masih berlangsung kaku karena mungkin pertama kali dan harus mematuhi protokoler Kantor Gubernur yang ketat, misalnya dengan dress code batik lengan panjang dan sebagainya. Tentu saja perkenalan pertama kali belum menjadikan seakrab dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya. Jika ada.

Pertemuan Dialog Gubernur dan Netizen Jogja Istimewa ini dipandu oleh Anang Batas sebagai MC sekaligus moderator. Pertama-tama yang membuka acara adalah GKR Hayu yang juga Pengageng Tepas di Kraton Jogja. Hayu menceritakan tentang bagaimana sepak terjang Masdjo dalam media sosial untuk mengangkat nama baik Jogjakarta maupun trik-trik Masdjo untuk membuat Jogja yang menyenangkan baik dalam bidang pariwisata, budaya maupun kuliner dan banyak lagi. Hal ini pun dituturkan oleh Eko Nuryono sebagai Pimpinan Masdjo yang menceritakan pengalamannya bagaimana menuntun para wisatawan ketika akhir tahun atau liburan ke Jogja untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di luar kota dalam area DIY. Tujuannya adalah untuk membangkitkan semangat eksplorasi para wisatawan ke daerah-daerah baru, mengembangkan wisata yang belum terkenal namun indah, dan memiliki efek langsung terhadap menurunnya kemacetan yang sangat tinggi di dalam kota Yogyakarta.

Sri Sultan Hamengku Buwono X yang menjabat sebagai Gubernur DIY menyambut pertemuan ini dengan bercerita bagaimana Jogja sejak tahun 2006 sudah membangun Blue Prin DGS - Digital Government Services dan mencanangkan untuk menjadi Jogja Cyber Province. Ada banyak hambatan diantaranya adalah jika para admin dan orang-orang yang mengurusi DGS adalah pegawai negeri. Sebab ketika naik pangkat atau jabatan yang dilakukan periodik, otomatis orang tersebut akan berpindah tugas dan tidak boleh menangani tugas yang dahulu, kata Sultan. Oleh sebab itu Gubernur DIY menantang jejaring Masdjo untuk dapat membantu hambatan yang dialami oleh Pemerintah DIY tersebut.

Selain itu tanggapan dan harapan dari Kominfo DIY hingga Polda Jogja Istimewa pun turut meramaikan dialog yang enteng berisi ini. Acara Dialog Gubernur DIY dengan Netizen Jogja Istimewa Masdjo ini berlangsung singkat dan berakhir pada pukul 22.00.

Festival Jawa Kidul Gerakan Desa Membangun

Festival Jawa Kidul Gerakan Desa Membangun jogloabang Sen, 05/07/2012 - 13:58

[[{"type":"media","view_mode":"media_large","fid":"98","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"307","style":"display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;","typeof":"foaf:Image","width":"480"}}]]

Festival Jawa Selatan : Optimalisasi Peran Pemerintah Desa dalam Pembangunan Kawasan menuju pemerintahan yang akuntabel, terbuka, partisipatif dan berpihak pada masyarakat

Mandalamekar, Jatiwaras, Tasimalaya Jawa Barat

2-5 Juni 2012


Alasan diadakannya Festival Jawa Kidul

Alasan diadakannya Festival Jawa Kidul jogloabang Sen, 05/07/2012 - 14:02

 

Desa adalah bagian tidak terpisahkan dalam satu kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adat-istiadat setempat yang diakui dan dihormati sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (UU No 32 tahun 2004).

 

Desa memiliki modal besar untuk mendorong upaya-upaya perubahan sosial, terutama membangun pemenuhan kebutuhan warganya. Desa pun kaya aspek pengetahuan yang dapat menjadi bahan pembelajaran pembangunan, pengembangan komunitas, dan penataan ekonomi warga. Sebagai contoh, desa umumnya memiliki keunikan sumber daya ekonomi dengan model pengelolaan yang beragam. Desa mampu memetakan dan mengembangkan produk, menata pasar dalam dan luar desa dan mampu mengembangkan lumbung desa.

 

Keunggulan desa lainnya adalah semangat partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Warga mendapat jaminan untuk terlibat langsung mulai proses perencanaan, pelaksanaan sampai  pengawasan pembangunan di desa. Tradisi tolong-menolong, bersama membangun, persaudaraan, gotong-royong, adat-istiadat, berkesenian dan penggunaan bahasa lokal menjadi modal dasar keterlibatan warga dapat terus berjalan. Selain itu, ada praktik perlindungan hak-hak warga dan kelompok rentan masih terjaga dengan baik sebagai khasanah kearifan lokal.

 

Perkembangan teknologi dan keterbukaan informasi memberikan peluang bagi desa untuk ikut serta membicarakan tata kelola sumber daya secara mandiri. Kemunculan pewartaan warga memberikan harapan baru bagi desa untuk menuliskan pengalaman, sumber daya, dan kekayaan pengetahuan secara mandiri. Pewartaan warga memungkinkan desa memberitakan hal-hal yang selama ini tak muncul dalam media-media arus utama soal desa.

 

Peran desa untuk menunjang pembangunan secara lebih luas sangatlah sentral. Desa secara administratif berhubungan langsung dengan warga selaku penerima manfaat tata layanan pemerintah. Tata layanan pemerintah diselenggarakan dengan memperhatikan beberapa aspek, seperti ketersediaan informasi tentang prosedur, tata cara pelayanan yang jelas dan biaya administrasi yang sesuai (KepmenPAN no 26 tahun 2004). Selaras dengan komitmen tersebut, pemerintah desa harus mampu melayani kebutuhan masyarakat dengan cepat, akurat, dan murah.

 

Gerakan Desa Membangun (GDM) merancang sistem pendukung yang dirancang secara kolektif untuk menyelenggarakan tata layanan publik secara prima, termasuk mendorong ketersediaan dan kesahihan data desa. Sistem tersebut dikerjakan oleh para programmer terbaik bangsa dan bisa didapatkan secara gratis sebagai dukungan para pekerja teknologi informasi dan komunikasi bagi terciptanya tata pemerintahan yang baik dan bersih. Keterbukaan anggaran dan pembangunan desa akan memudahkan desa dalam mengisi pembangunan itu sendiri.

 

Festival Jawa Kidul, selanjutnya disebut dengan JadulFest, merupakan festival dunia perdesaan di daerah Jawa bagian Selatan. Festival ini digagas pada Desember 2011 dalam Lokakarya Desa Membangun (LDM) di Desa Melung, Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas sebagai wahana pertukaran gagasan dan informasi antar pegiat perdesaan di wilayah Jawa bagian selatan.

 

Mengapa Jawa Selatan? Wilayah Jawa bagian selatan mengalami kesenjangan terkait dengan pembangunan infrastruktur, akses pendidikan dan keselahatan, dan eksploitasi sumber daya alam. selain itu, secara historis Gerakan Desa Membangun dipelopori desa desa yang berada di wilayah desa yang berada di Pulau Jawa bagian Selatan. 

 

Pengalaman Desa Melung dan Desa Dermaji di Banyumas dan Mandalamekar di Tasikmalaya menunjukkan desa dapat melakukan perubahan sosial yang signifikan untuk mendorong perubahan yang lebih luas. Keterbatasan akses internet bukan menjadi masalah untuk menjadikan kedua desa tersebut tetap berdaya dalam pengelolaan informasi. Pengalaman ketiga desa tersebut menunjukkan bahwa keterbatasan adalah tantangan untuk memajukan desa.

 

Beberapa desa telah menyusul upaya yang dilakukan ketiga desa di atas melalui gerakan bersama “Gerakan Desa Membangun”. Di Banyumas ada 19 desa yang melakukan gerakan serupa, seperti Desa Karangnangka, Beji, Kutaliman, Kelikesur, Baseh. Hal serupa dilakukan oleh desa-desa di Kabupaten Tasikmalaya, Cianjur, Cilacap, dan Sukabumi. Semua itu menunjukkan desa telah mengambil inisiatif secara aktif untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan di wilayahnya.

 

Selama festival peserta akan berbagi cerita permasalahan dan keberhasilan mereka mendorong pembangunan di desanya, terutama tata kelola sumber daya perdesaan. Dunia perdesaan tidak dapat lepas dari sumber daya alam, baik pertanian, perkebunan, maupun kehutanan. Sementara itu, sekarang mulai muncul persoalan baru dalam tata kelola alam, seperti masalah privatisasi sumber mata air dan eksploitasi tambang menjadi tantangan yang harus dicari jalan keluarnya oleh masyarakat perdesaan.

 

Peserta utama festival adalah 100 desa anggota Gerakan Desa Membangun (GDM) yang tersebar di Kabupaten Kulonprogo, Kebumen, Cilacap, Banyumas, Ciamis, Tasikmalaya, Cianjur, Garut, Lebak dan Sukabumi. Selama ini mereka melakukan jejaring kerja untuk mengambil inisiatif perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan secara kolektif.

Isi Rangkaian Acara Festival Jawa Kidul

Isi Rangkaian Acara Festival Jawa Kidul jogloabang Sen, 05/07/2012 - 14:17
Seminar pada pelaksanaan Festival Jawa Selatan akan berisi materi-materi terkait dengan pengambangan kapasitas pengelola pemerintahan desa dalam perbaikan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik kepada masyarakat.
 
Konsep Klinik desa disajikan dalam bentuk unit-unit pelayanan belajar selama proses Festival Jawa Selatan digelar.  Klinik berfungsi sebagai layanan pendalaman untuk pelbagai materi dan tema-tema besar yang disampaikan pada forum-forum lokakarya dan diskusi. 
 
Unit penguatan kapasitas ini akan disajikan secara tematik dan melibatkan pelbagai organisasi masyarakat sipil, komunitas dan lembaga pemerintah. 
 
Beberapa klinik layanan penguatan kapasitas yang akan digelar selama pelaksanaan festival Jawa Selatan, antara lain:
  1. Klinik Teknologi Informasi dan Komunikasi 
  2. Klinik Keterbukaan Informasi Publik
  3. Klinik Jurnalisme Warga
  4. Klinik Pemetaan Kampung
  5. Klinik Pengelolaan Sumber Daya Ekonomi 
  6. Klinik Perbaikan Pelayanan Buruh Migran 
  7. Klinik Tata Kelola Lingkungan 
  8. Klinik Media Komunitas 
  9. Klinik perencanaan pembangunan perdesaan
  10. Klinik perempuan perdesaan
  11. Klinik isu lain yang diusulkan dan dikelola oleh organisasi masyarakat sipil (OMS) dan komunitas. 
 
Untuk Materi dan Rancangan Isi Rangkaian acara Festival Jawa Kidul sila download lampiran di bawah.

Tujuan Festival Jawa Kidul - JadulFest

Tujuan Festival Jawa Kidul - JadulFest jogloabang Sen, 05/07/2012 - 14:06

Acara JadulFest atau Festival Jawa Kidul bertujuan :

  1. Memperkuat kapasitas tata kelola sumber daya desa, tanah, hutan dan air  pengelola pemerintah desa.
  2. Mempertemukan pelbagai pihak dan pelaku gerakan desa membangun sebagai awal pembangunan jaringan kerja bersama dalam kerangka kerja berjejaring.  
  3. Mendiseminasikan prinsip gerakan desa membangun untuk penguatan masyarakat sipil.
  4. Memperkuat kapasitas pemerintah desa dalam pengelolaan pelayanan publik dengan mengacu pada standar kepuasan pengguna layanan dan kebutuhan masyarakat
  5. Memperkuat kapasitas pemerintah desa dalam perencanaan pembangunan dan anggaran desa.  
  6. Membangun kesadaran bagi warga untuk keterbukaan informasi publik.
  7. Memperkuat kapasitas pemerintah desa dalam perencanaan pembangunan perdesaan. 
  8. Penguatan kapasitas pengelolaan informasi pegiat desa. 
  9. penguatan kapasitas pewartaan warga untuk pengelola desa. 
  10. Peguatan kapasitas pengelola informasi desa dalam peggunaan portal desa
  11. Pendalaman Sistem Operasi Komputer dan aplikasi desa berbasis Free and Open Source Software (FOSS)
  12. Memperingati hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2012

Harapan diadakannya JadulFest:

Kegiatan Festival Jawa selatan ini diharapkan akan menghasilkan beberapa keluaran langsung, antara lain:

  1. Meningkatnya kapasitas dan pemahaman 200 pemerintah desa dalam tata kelola lingkungan, lahan dan administrasi desa serta tata kelola kawasan. 
  2. Meningkatnya kapasitas dan pemahaman 200 pemerintah desa pengelolaan informasi berbasis jurnalisme warga, 
  3. Meningkatnya kapasitas dan pemahaman 200 pemerintah desa dalam keterbukaan informasi publik dalam pengelolaan admisnistrasi dan pemerintahan desa
  4. Meningkatnya pemahaman 200 kepala desa dalam penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan publik, pengeloaan informasi serta diseminasi potensi desa. 
  5. Meningkatnya pemahaman perangkat desa dalam penggunaan piranti lunak bebas dan berkode sumber terbuka (free and opensource) sebagai salah satu model kemandirian dan penghematan anggaran belanja publik

Gumelem Ethnic Carnival 2016

Gumelem Ethnic Carnival 2016
Gumelem Ethnic Carnival 2016
suryaden Rab, 10/12/2016 - 15:41

Gumelem Ethnic Carnival akan dihelat pada 19 - 20 Nopember 2016. Panitia menyiapkan berbagai ragam acara dan titik-titik lokasi yang akan digunakan dalam acara tahunan kebudayaan tradisi di Gumelem. Pada tahun ini ada beberapa tambahan untuk mempercantik event ini. Diantaranya adalah Gumelem Ethnic Carnival akan dipadukan dengan Keroncong Serayu dan Heritage Tour yang akan diawali dengan peluncuran Kota Pusaka di Pendopo Kawedanan Klampok, Purwareja, Banjarnegara.

Panitia Gumelem Ethnic Carnival juga memberikan alternatif penginapan di BLK Pertanian Klampok selain wisma atau guest house yang ada di rumah-rumah warga Gumelem, baik Gumelem Wetan maupun Kulon di Kecamatan Susukan Banjarnegara.

Perkiraan konten Gumelem Ethnic Carnival 2016 pada 19 - 20 November ini adalah Peluncuran Kota Pusaka di Kawedanan Klampok, Purwareja, diteruskan dengan acara minum teh dan makan malam yang diiringi dengan pertunjukan Orkes Keroncong yang akan hadir dari Yogyakarta, dan Keroncong sekitar Banjarnegara. Pada acara makan malam ini pun akan di pandu secara teatrikal oleh anak-anak muda Banjarnegara yang akan memerankan Wedana dan perangkat-perangkatnya.

paragan batik gumelem ethnic carnival

Selanjutnya pada pagi harinya, akan ada track dengan menggunakan dokar yang berangkat dari Klampok menuju Gumelem yang berjarak kira-kira 5 kilometer, dengan melalui daerah-daerah atau tempat yang memiliki rumah kuno maupun peninggalan Belanda. Perlu diketahui bahwa pernah ada Pabrik Gula besar di wilayah ini, dan stasiun kereta api yang cukup besar. Namun hal tinggal kenangan saja, karena bekas-bekas terutama stasiun kereta dan rel keretanya sudah tidak kelihatan lagi.

membatik di gumelem ethnic carnival

Setelah menaiki kereta kuda ke Gumelem, rombongan bisa menuju ke sentra kerajinan batik, baik untuk belanja batik tulis tradisional asli Gumelem ataupun mencoba praktik membuat batik tulis yang nanti akan diselesaikan ahlinya untuk bisa dibawa pulang, namun tentunya harus menunggu 20 hari kerja. Juga bisa mampir dulu ke sentra kerajinan gerabah di Klampok. Dimana teko buatan Klampok adalah teko yang paling konsisten yaitu bentuk dan ukurannya selalu sama persis tak lekang di makan waktu.

Gumelem Ethnic Carnival 2016 Poster

Setelah makan siang di pinggir sawah, Gumelem Ethnic Carnival akan kembali dengan pertunjukan seni tradisi yaitu seni tradisi asli Gumelem untuk memanggil hujan ketika terjadi kemarau panjang. Dalam hal ini yang harus di pahami adalah doa bisa berwujud apa saja, dan doa dalam bentuk kesenian adalah perpaduan dengan upaya. Seni tari sabet Ujungan inipun disajikan untuk pertunjukan saja, bukan dimaksudkan untuk benar-benar memanggil atau memohon hujan, karena saat ini sudah terjadi banyak hujan. Kemudian rangkaian selanjutnya tentu saja adalah paragan batik Gumelem, atau Fashion Show di tengah jalan di antara sawah-sawah yang hijau di Gumelem yang akan diperagakan oleh warga Gumelem dan para penggemar batik Gumelem muda dari seantero kabupaten. Sudah khusus dibuatkan untuk mengiringi paragan batik ini musik perpaduan ethnic gamelan kontemporer dari spesialisnya yaitu Syeh Daan Gautama dari Jogloabang.

Keroncong Serayu 2016
ujungan di Gumelem Ethnic Carnival

Demikian sedikit gambaran awal dari Gumelem Ethnic Carnival 2016, yang semakin ciamik dengan penambahan konten acara bagi penggemarnya.

Kultur

Hongkong Adopsi 5G

Hongkong Adopsi 5G
5G
suryaden Sab, 12/02/2017 - 02:41

Hongkong mengadopsi teknologi 5G pertama kali di dunia, Broadband ini siap untuk digelar secara komersil pada tahun 2020. Demikian dilansir oleh South China Morning Post. Generasi Teknologi High Speed mobile internet 5G memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan teknologi LTE atau 4G. Kantor Komunikasi setempat mengatakan bahwa layanan 5G di Hongkong akan selesai pada tahun 2019.

ITU atau International Telecommunication Union, sebuah badan dari PBB baru akan mengadakan konfrensi komunikasi radio internasional pada tahun 2019 untuk memutuskan alokasi global spekturm 5G. Layanan komersil 5G baru akan digelar setelah tahun tersebut.

Saat ini dunia masih menggunakan standar global teknologi 4G LTE, yang mana 4G LTE hanya memiliki kemampuan kecepatan untuk 1 gigabit per detik. Sementara itu teknologi 5G diharapkan akan memiliki kecepatan unduh maksimum 10 gigabit per detik. Hal ini akan memberikan layanan cepat untuk menikmati konten-konten Full HD.

Menurut Charles Mock, seorang pejabat Teknologi Informasi di Hongkong, bahwa sangat mudah untuk memasang teknologi 5G pada teknologi 4G-LTE yang eksisting. tanpa harus mengganti semua tower seluler.

Mock mengatakan kepada SCMP bahwa konfrensi tahun depan pasti akan berjalan lancar karena banyak vendor dan developer yang sudah siap dengan produk 5G, karena tahu bahwa spektrum teknologi 5G akan segera digelar dan dialokasikan ke seluruh dunia. [ Sumber : SCMP ]

Jogja International Air Show

Jogja International Air Show
Jogja International Air Show
jogloabang Kam, 05/04/2017 - 17:47

Jogja International Air Show tahun 2017 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebelum tahun 2017 event yang merayakan bulan dirgantara setiap tahunnya ini dikenal dengan sebutan Jogja Air Show, ada penambahan kata 'international' karena di tahun 2017 ini melibatkan sebanyak 18 negara yang turut aktif dalam perhelatan Jogja International Air Show 2017. Hal ini diungkapkan oleh Danlanud Adisucipto Marsekal Madya TNI Novyan Samyoga.

Pada hari kedua Jogja International Air Show 2017 - JIAS2017 yang diadakan di Kompleks Candi Prambanan, Marsma TNI Novyan Samyoga mengatakan bahwa Pameran Dirgantara pada tahun ini telah menjadi event international dengan diikuti 18 negara dan diadakan di seluruh Kabupaten/Kota di wilayah DI Yogyakarta. Seperti kita ketahui bersama bahwa pada tanggal 26 April 2017 JIAS diadakan di Lanud Gading, Playen, Kabupaten Gunungkidul, pada 27 April 2017 dipusatkan di Kompleks Wisata Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, tanggal 28 April 2017 di Alun-alun Wates, Kabupaten Kulonprogo, tanggal 29 April 2017 dipusatkan di Alun-alun utara Kraton Jogja, Kota Jogjakarta dan diakhiri di Pantai Depok, Kabupaten Bantul pada tanggal 30 April 2017.

Tujuan penyelenggaraan JIAS atau Jogjakarta International Air Show ini adalah untuk mendekatkan masyarakat dengan TNI Angkatan Udara, demikian pula sebaliknya masyarakat luas dapat lebih mengenal dan mencintai TNI Angkatan Udara. Selain untuk menyemarakkan bulan dirgantara, yang diadakan oleh seluruh pangkalan TNI AU di seluruh Indonesia. Tentu saja kegiatan ini akan menarik dan menjadi aset wisata bagi Daerah Istimewa Yogyakarta yang selalu dipenuhi pelancong pada saat liburan. Meski dalam hal ini TNI AU harus dapat lebih bersifat sabar dan dapat mentoleransi para pelancong, wisatawan dan warga masyarakat yang sulit menyesuaikan dengan standar disipiin kemiliteran TNI AU maupun disiplin penerbangan. Baik karena kekurangpahaman ataupun karena sifat pelancong dan wisatawan yang inginnya santai lepas dari kerja penat di kantor.

Jogja International Air Show

Jogja International Air Show

Jogja International Air Show

Dirgantara Carnival Jogja International Air Show

Jogja International Air Show Kraton

Jogja International Air Show Kraton Jogja

Warga Jogja International Air Show

Dirgantara Carnival Jogja International Air Show

Pasukan Kraton Dirgantara Carnival

Polisi Militer Kraton Jogja

Polisi Militer Kraton Jogja

Pasukan Kraton Dirgantara Carnival

Polisi Militer Kraton Jogja Dirgantara Carnival JIAS

Dirgantara Carnival Jogja International Air Show Paskhas

Seperti ketika di Airpit Depok dan Lanud Gading dimana masyarakat bercampur baur dengan tidak adanya pembatas yang jelas antara landasan pacu pesawat terbang dan penonton. Petugas dari TNI AU cukup sabar dalam menolerir dan mengatur masyarakat dengan memberikan nasehat dan peluit-peluit. Karena jika dipikir-pikir landasan pacu pesawat meskipun untuk pesawat kecil maupun gantole, tentu secara disipilin dan SOP harus bersih dan 'clear' dari lalu lalang manusia. Salut untuk keterbukaan TNI AU yang dicontohkan dalam hal ini, kerja keras para petugas atau panitia membuahkan hasil, yaitu warga masyarakat dapat melihat lebih jelas dan dekat kegiatan dan olahraga kedirgantaraan yang tentu sangat mahal harganya.

Promosi ataupun pengenalan fasilitas dan aturan kedirgantaraan selayaknya dapat diketahui masyarakat luas. Sebab bukan tidak mungkin kemacetan dan banyaknya pengunjung di Airpit Depok akan lebih membludak lagi tahun depan. Perlu pemikiran dan perencanaan yang lebih terstruktur lagi dan tentunya aspek 'woro-woro' tentang standar keamanan melihat kegiatan kedirgantaraan yang bisa dipahami dengan mudah oleh warga, agar memudahkan petugas, panitia dan masyarakat dalam menikmati jalannya Jogjakarta International Air Show.

Salut Jogja International Air Show - JIAS 2017 berjalan dengan lancar dan sukses. Dukungan dari Masyarakat Digital Jogja - Masdjo, tentu dapat lebih dimaksimalkan lagi dalam mendukung kenyamanan warga untuk dapat menikmati dan kabar bagus bagi para pelaku wisata bahwa konten wisata Jogja akan lebih beragam dengan adanya Jogja International Air Show yang pastinya tahun depan akan lebih keren lagi.

Jogja International Air Show 2017

Jogja International Air Show 2017
JIAS2017
suryaden Sab, 04/29/2017 - 12:35

Jogja International Air Show 2017 - JIAS2017 dilaksanakan pada 27-30 April 2017. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai atraksi udara dengan paralayang, gantole, paramotor, trike, dan tim akrobatik udara Jupiter akan meramaikan langit pantai selatan Jogja. Berpusat di lapangan terbang Pantai Depok Bantul, acara ini bakal menampilkan ratusan atlet berbagai cabang olahraga udara dari seluruh dunia, termasuk Inggris, Malaysia, America dan Filipina.

Jogja International Air Show 2017 yang berlangsung selama 5 hari berturut-turut ini dapat disaksiksan di Bandara Gading Playen Gunungkidul, Prambanan, Alun-alun Kulonprogo, Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta dan di Air Pit Pantai Depok, Bantul.

jias2017

jias2017

jias2017

jias2017


A. Gunung Kidul Air Show
Hari/tanggal  : Rabu,26 April 2017
Jam : 07.00 wib s/d 16.00
Tempat : Lapangan terbang Gading

CONTENT ACARA :
1. Terbang Lintas Microlight Banner
2. Terbang Lintas Microlight
3. Terbang Lintas Paramotor
4. The Jupiters Display
5. Terjun Payung
6. Aeromodelling
7. Pentas Seni/Hiburan
8. Pameran/Bazzar
9. Giat Pordirga
10.Micro Light Round Robin
11.Gantolle
12.Paralayang
13.Big Formation
14.Bogie Jumping

jias2017

B. Sleman Airshow
Hari/tanggal  : Kamis,27 April 2017
Jam : 07.00 wib s/d 16:00
Tempat : Candi Prambanan

CONTENT ACARA :
1. Terbang Lintas Microlight Banner
2. Terbang Lintas Microlight
3. Terbang Lintas Paramotor
4. The Jupiters Display
5. Terjun Payung
6. Aeromodelling
7. Pentas Seni/Hiburan
8. Pameran/Bazzar
9. Giat Pordirga
10.Micro Light Round Robin
11.Gantolle
12.Paralayang
13.Big Formation
14.Bogie Jumping

C. Kulonprogo Airshow
Hari / tanggal : Jum’at,28 April 2017
Jam : 07.00 wib s/d 11.00
Tempat : Alun-alun Wates Kab. Kulon Progo.

CONTENT ACARA :
1. Terbang Lintas Microlight Banner
2. Terbang Lintas Microlight
3. Terbang Lintas Paramotor
4. The Jupiters Display
5. Terjun Payung
6. Aeromodelling
7. Pentas Seni/Hiburan
8. Pameran/Bazzar
9. Giat Pordirga
10.Micro Light Round Robin
11.Gantolle
12.Paralayang
13.Big Formation
14.Bogie Jumping

D. Jogja Airshow
Hari/tanggal : Sabtu,29 April 2017
Jam : 07.00 wib s/d 17.00
Tempat : Jalan Malioboro, Yogyakarta,Alun – alun Utara Yogyakarta
CONTENT ACARA
1. Karnaval Dirgantara
2. Aeromodelling
3. Terbang Lintas Microlight Banner
4. Terbang Lintas Microlight
5. The Jupiters Display
6. Terjun Payung
7. Pegassus Heli Aerobatic Team
8. Pentas Seni/Hiburan
9. Pameran/Bazzar
10.Giat Pordirga
11.Micro Light Round Robin
12.Gantolle
13.Paralayang
14.Big Formation

E. Jogja International Airshow
Hari/tanggal : Minggu,30 April 2017
Jam : 07.00 s/d 17.00
Tempat : Depok Airstrip
CONTENT ACARA

1. Terbang Lintas Microlight Banner
2. Solo Aerobatic Pitts 2C
3. Terbang Lintas Microlight
4. Terbang Lintas Paramotor
5. The Jupiters Display
6. Terjun Payung
7. Pegassus Heli Aerobatic Team
8. Aeromodelling
9. Pentas Seni/Hiburan
10.Pameran/Bazzar
11.Giat Pordirga
12.Micro Light Round Robin
13.Gantolle
14.Paralayang
15.Big Formation

Pada tanggal 30 April 2017 juga akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi dan ada pentas dari band Kotak di Alun-Alun Utara, Kraton Yogyakarta. JIAS2017 merupakan ajang pengenalan kepada anak-anak muda tentang kedirgantaraan yang dihadirkan langsung dan dapat dinikmati langung tanpa berbiaya.

Ketahui Perbedaan Domain dan Hosting dalam Website

Ketahui Perbedaan Domain dan Hosting dalam Website
Ketahui Perbedaan Domain dan Hosting dalam Website
suryaden Rab, 09/15/2021 - 00:15

Bagi Anda yang sudah akrab dengan dunia pembuatan dan pengembangan website, maka sudah tak asing lagi dengan adanya istilah domain dan hosting. Kedua istilah tersebut memiliki definisi serta manfaat yang berbeda, tetapi selama ini mayoritas masyarakat khususnya yang masih awam menganggap bahwa 2 hal tersebut adalah sama. Oleh sebab itu, agar Anda bisa membedakan keduanya, kali ini akan diulas secara gamblang tentang perbedaan domain dan hosting.

Pengertian Domain

Secara singkat, dapat dikatakan bahwasannya domain merupakan nama dari sebuah website yang sudah siap digunakan dan telah diakses oleh banyak orang. Jika tidak ada domain, maka website Anda tidak akan memiliki nama yang mana nama tersebut merupakan sebuah ciri khas dari website agar bisa dikenali oleh pengaksesnya.

Orang lain tidak akan pernah tahu website yang Anda luncurkan jika website tersebut tidak memiliki domain atau nama. Di samping itu, domain juga digunakan untuk melengkapi hosting. Dalam hal ini terdapat 2 jenis domain yang harus Anda ketahui yakni Domain Global dan Domain id. Domain global tersebut tidak memiliki syarat apapun. Contoh dari domain ini adalah .com, .net, .org, dan masih banyak lagi lainnya. Selanjutnya, untuk domain Indonesia atau domain id, ada syarat-syarat tertentu yang mana hanya individu atau instansi yang telah memenuhi syarat lah yang dapat menggunakan domain tersebut. Contoh domain id yakni meliputi .co.id, my.id, dan masih banyak lagi semacamnya.

Pengertian Hosting

Berbeda dengan domain yang merupakan nama sebuah website, hosting adalah sebuah tempat yang digunakan untuk meletakkan file pada website. Dengan kata lain, hosting ini merupakan folder data di dalam website yang mana folder tersebut akan terisi dengan berbagai macam data dari pengakses website maupun dari admin website.

Nantinya, dalam satu hosting juga akan dikelompokkan lagi menjadi beberapa bagian atau hal tersebut dapat diandaikan seperti sebuah lemari besar yang didalamnya memiliki banyak sekat dan setiap sekat memiliki isi masing-masing yang berbeda dengan sekat lainnya berdasarkan kategorinya masing-masing.

Anda dapat membeli hosting mulai dari yang paling murah hingga yang mahal sekalipun. Beli saja hosting yang sesuai dengan kebutuhan asalkan besar foldernya mampu menampung data di website Anda.

Perbedaan Antara Domain dan Hosting Website

Sesungguhnya, domain dan hosting adalah kedua hal yang sangat berbeda. Jangan sampai Anda salah memahami domain dan hosting tersebut karena jika keduanya dianggap sama, maka akan terjadi suatu kesalahan yang fatal sebab fungsinya dalam website juga akan berbeda pula sehingga nantinya pengoperasiannya akan menjadi tidak maksimal.

Secara singkat, dapat dikatakan bahwa perbedaan antara domain dan hosting tersebut adalah pada fungsinya. Fungsi dari domain adalah untuk memberi nama website agar pengguna mengetahui secara jelas jenis website tertentu serta agar mereka bisa membuka alamat website dengan menggunakan domain yang ada.

Untuk hosting, fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan data di dalam website yang mana tidak ada kaitannya dengan domain. Namun, dalam hal ini, hosting tidak akan pernah ada jika tidak ada domain. Sebab, jika website tidak memiliki domain, maka pengguna tidak ada yang bisa mengakses dan data pun tidak akan pernah ada yang masuk ke hosting.

Itulah perbedaan antara domain dan hosting dalam website yang harus benar-benar Anda pahami. Pilihlah domain dan hosting yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan website yang Anda miliki.

Edukasi Kreasi Industri Panduan

Launching BlankOn Linux Banyumas

Launching BlankOn Linux Banyumas suryaden Min, 12/25/2011 - 04:03

Selamat atas lauching BlankOn Banyumas yang bertempat di kedai Telapak sebelah kantor kelurahan Pabuwaran Purwokerto Jawa Tengah pada tanggal 24 Desember 2011 di launching sebuah komunitas opensource BlankOn Linux Banyumas dengan akun @blankonbanyumas. Hadir adalah para penggerak dan pegiat opensource lokal Banyumas. Seperti dari Suara Komunitas, Yayasan Air putih, maupun media lokal dan akademisi dari Banyumas. Ide menarik dari penggunaan BlankOn ini adalah untuk pengembangan masyarakat desa, utamanya mendukung penggunaan TIK di masyarakat Banyumas.

Turut hadir adalah beberapa kepala desa di Bnayumas yang sudah mulai menggunakan opensource dan Sistem Informasi Desa, sebagai contoh yang berhasil adalah Desa Mandalamekar dari Tasik Malaya dan Desa Melung dari Banyumas. Hal yang cukup istimewa adalah bahwa dengan menggunakan opensource maka komputer-komputer lama yang biasanya sudah tak terpakai, bisa digunakan lagi dengan OS ringan BlankOn dan cukup enak digunakan juga.

Dengan menggunakan opensource yang berbasis Linux membuat TIK bisa menjadi murah, dan tidak perlu tergantung juga dengan koneksi internet, jika memang tidak perlu, karena toh update atau pembaharuan software tak perlu dilakukan secara online jika memiliki master CD dan repository-nya. Juga karena memang menggunakan komputer lawas, ini pengalaman BlankOn Banyumas.

Blogger Nusantara juga hadir di sini, untuk mengajak para pengguna opensource dan masyarakat desa bukan hanya terkendala pada masalah infrastruktur TIK saja yang sudah dapat diatasi dengan penggunaan opensource yang gratis, dan sama sekali tidak ramah terhadap virus komputer. Namun menggugah kreatifitas dan pemuatan lokal konten Indonesia di Internet, dengan blogging, penulisan konten positif dan blogpreneur ataupun hingga mencoba memasuki ranah bidang developper aplikasi untuk gadget.

Acara masih akan dilanjutkan lagi dengan workshop opensource, BlankOn Banyumas dan prakteknya di desa Melung pada esok harinya tanggal 25 Desember 2011.

Belajar Dasar Jurnalisme Warga dan Opensource di Desa Melung Banyumas

Belajar Dasar Jurnalisme Warga dan Opensource di Desa Melung Banyumas suryaden Min, 12/25/2011 - 12:45

Tanggal 25 Desember 2011 bertempat di Kantor Kepala Desa Melung kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Banyumas jam 11 siang bersama 20 an warga desa Melung para pegiat opensource dari Jogja, Banyumas, Cilacap dan Jakarta bersama warga mengadakan pelatihan menulis dasar dan opensource dengan OS BlankOn Linux. Tujuan belajar bersama ini selain untuk membuat mudah dan berani menulis juga untuk menggiatkan website @DesaMelung sebagaimana web desa @MandalaMekar. 

Saya menulis berita pada awalnya hanya satu kalimat dengan satu foto, di posting di blog untuk kemudian di sempurnakan menjadi berita oleh @imeilandi

Kegiatan yang santai dan semi nonformal ini juga dihadiri oleh @yananoviadi kepala desa Mandalamekar dari Tasik Malaya, sebuah desa terpencil yang bahkan untuk mencari sinyal internet harus berada di salah satu rumah warga, dan malah hingga saat ini rumah tersebut dijadikan ajang berkumpul untuk menggunakan internet. Lucu dan unik ya.... Pak Yana sharing tentang pengalamannya menulis dan belajarnya, karena beliau juga baru belajar menulis secara mandiri sejak Agustus 2011.

@yossysuparyo menerangkan tentang cara menulis yang mudah namun memenuhi syarat jurnalisme yang bisa di pertanggungjawabkan. Seperti pengamatan yang berdasarkan fakta, kemudian peristiwa, dan bagaimana fakta menjadi data. Untuk kemudian bisa di informasikan dan di pertanggungjawabkan kebenarannya, jika ada pertanyaan dari pembacanya.

Dilanjutkan kemudian dengan simulasi penulisan berita yang nantinya mungkin akan di upload ke website desa Melung. Hingga editing oleh [email protected]. Diterangkan juga secara lebih mendetail tentang cara penggunaan CMS sistem informasi untuk layanan prima kepada masyarakat.

Sesi penulisan juga memperkenalkan Blogger Nusantara yang memberikan pengenalan tentang internet dari sistem pencarian, kode etik blogging dan pengenalan mengenai apa itu blog, yang dikatakan sebagai rumah pribadi namun bisa di akses secara umum. Penulisan blog memang nyambung dengan dasar-dasar jurnalisme secara umum namun lebih bebas dan sesuai dengan pengalaman dari penulisnya. Bahwa menuliskan konten yang ada di kampung halaman pun serta sudut pandang yang berbeda-beda akan memberikan gambaran yang menarik dan informasi tentang konten lokal Indonesia.

Pak Lurah @DesaMelung Budi Satriyo @BudiRagiel pun menyampaikan cita-citanya tentang penggunaan TIK, Opensource untuk membantu layanan di desanya. Ditanggapi dengan komentar-komentar dari perwakilan desa lain yang juga sangat tertarik dengan penggunaan sistem informasi desa dan penulisan yang menurut mereka akan sangat menarik untuk dilakukan di desanya. Karena membuka wacana dan kesempatan yang belum pernah terpikirkan manfaatnya.

@somatomat juga berkesempatan mengenalkan fasilitas game-game BlankOn Linux seperti TuxType, latihan memakai mouse sebagai alat permainan yang mendukung pendidikan bagi anak-anak, KGeography, Tux4Kids ataupun game matematika opensource MathCommand dan lain sebagainya sampai game rumit yang ada dalam repository Linux. Acara ini masih kealnjutan dari kegiatan BlankOn Linux Banyumas.

Lomba Film tema Pasar Sehat untuk Konsumen Sehat

Lomba Film tema Pasar Sehat untuk Konsumen Sehat
Poster Kompetisi Film Pasar Sehat untuk Konsumen Sehat
suryaden Kam, 11/15/2012 - 00:50

Lomba film pendek bertema pasar sehat untuk konsumen sehat, boleh dengan segala alat penangkap gambar bergerak yang dipunyai. Dari alat yang paling sederhana hingga yang memiliki standar broadcasting dipersilahkan untuk dipergunakan dalam melakukan adu informasi tentang pasar yang sehat. 

Lomba karya film ini terbuka untuk umum, dipersilakan membuka tautan pranala ini yang menuju ke web suara komunitas sebagai penyelenggara lomba film pendek bertema Pasar Sehat untuk Konsumen Sehat. Adapun caranya sangat mudah, tinggal unduh form pendaftaran, buat film sesuai tema yang disediakan dan kemudian dikirimkan ke sekretariat Suara Komunitas di kantornya.

Semoga saja tulisan pendek versi resmi keluaran panitia lomba ini bisa menantang kreatifitas dan kegalauan anda untuk membuat film tentang pasar, konsumen, kebersihan dan kesehatan. Memang apa yang membuat kita sakit dan sehat adalah salah satunya adalah apa yang kita konsumsi. Namun jangan lupa bahwa apa yang kita konsumsi tidak datang secara tiba-tiba namun dengan proses yang panjang dan melibatkan banyak tangan, tempat dan tentu saja 'VIRUS'.

Kompetisi Film Dokumenter "Pasar Sehat untuk Konsumen Sehat" 
 
Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) pada survey 2010 menyebut lebih dari 50% pasar yang berada di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) terinfeksi virus flu burung (H5N1). Temuan tersebut membuat waswas karena 85% (65% konsumen dan 25% pedagang) dari total penduduk Indonesia bersentuhan langsung dengan pasar (baca: pasar tradisional). Apalagi jika menilik kenyataan bahwa pasar adalah gebang terakhir sebelum pangan masuk ke rumah tangga. 
 
Umumnya virus flu burung tidak menyerang manusia secara langsung. Tetapi lantaran menyandang jenis penyakit zoonosis, virus flu burung bisa menyerang hewan juga manusia. Nyaris semua kasus flu burung terjadi karena sebelumnya ada kontak langsung atau tidak langsung antara manusia dengan unggas yang mati karena virus flu burung. Dari 15 negara yang terdeteksi dengan virus flu burung, Indonesia berada di peringkat pertama untuk jumlah kasusnya. 
Virus Flu Burung pertama kali ditemukan pada unggas di Indonesia pada Agustus 2003. Namun Indonesia baru menyatakan secara resmi pada bulan Februari 2004. Saat itu sudah ada 11 provinsi yang terjangkit Flu Burung. Baru kemudian vaksinasi pada unggas diijinkan.
 
Juli 2005 Flu Burung menyerang orang Indonesia pertama kali. Pada saat itu tidak bisa ditentukan dari mana sumber penularannya. Lima bulan setelah kasus pertama, kasus Flu Burung terhadap manusia meningkat tajam menjadi 25 kasus. Sebanyak 13 di antaranya berakhir dengan kematian.
 
Kemunculan virus Flu Burung yang kemudian menyerang manusia makin memperpuruk keadaan pasar tradisional yang terus mendapat saingan ketat ritel. Sudah menjadi rahasia umum jika kini nasib pasar tradisional kini terus menurun. Fenomena tersebut bisa dilacak lewat makin menjamurnya pertumbuhan ritel atau pasar modern. 
 
Sampai 2008, Economic Review melansir 10.289 minimarket, 1.447 supermarket, dan 130 hypermarket di seluruh Indonesia. Untuk kelompok minimarket, persaingannya dikuasi oleh hanya dua pemain besar: Indomaret dan Alfamart masing-masing dengan omset Rp 7,6 dan Rp 7,3 triliyun. Sedangkan untuk supermarket dikuasai oleh Hero-Giant dan Carrefour, dan hypermaket oleh Carrefour. 
 
Kemunduran pasar tradisional karena gempuran pasar modern yang menerapkan sisitem franchise (memungkinkan ekspansi wilayah tanpa perlu mengeluarkan investasi besar) juga terlihat dari kian banyaknya kios-kios pasar yang gulung tikar. Di Jakarta saja, sebanyak 90% dari 11 pasar kiosnya pada gulung tikar. Sementara itu, dari 5 pasar tradisional yang tersebar di Tangerang, Depok, dan Bekasi, sebanyak 57% kiosnya tutup. 
 
Reaksi pemerintah atas kemunduran pasar tradisional sampai saat ini belum cukup. Praktis yang hanya menolong pasar tradisional hanyalah legislasi yang membatasi gerak pasar modern (ritel) untuk meluaskan pangsa pasarnya. Akan tetapi, perihal krusial yang dihadapi pasar tradisional, seperti kebersihannya masih belum menjadi prioritas perhatian pemerintah. 
 
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menduga ditinggalnya pasar tradisional oleh pelanggannya lantaran kondisi pasar tradisional itu sendiri. Menurut Kemenkes, pasar tradisional kerap tidak membuat nyaman pengunjung.
 
Pasar tradisional identik dengan kekumuhan, beraroma tidak sedap, becek, juga pengap. Pelbagai macam hewan sumber penular penyakit juga sering dijumpai seperti kecoa, lalat, dan tikus. Kenyataan tersebut memberikan konsekuensi logis-psikologis terhadap pembeli, untuk lebih baik berbelanja di pasar modern yang jauh lebih bersih dan higienis kendati harganya sering lebih mahal ketimbang harus menggadaikan kesehatan ketika berbelanja di pasar tradisional.
 
Sebenarnya sudah sejak 2007 Pemerintah mendorong banyak pasar tradisional menjadi pasar sehat. Dukungan Pemerintah tersebut tersurat dari tiga aturan yang dikeluarkan yaitu Peraturan Presiden Nomor 112 tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern; Keputusan Menteri Kesehatan No. 519/2008 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pasar Sehat; dan Kepmenkes No. 519/2008 tentang Tujuan Penyelenggaraan Pasar Sehat. 
 
Selain dukungan pada tataran aturan, pemerintah melalui bantuan luar negeri sebenarnya juga telah merintis banyak pasar sehat percontohan di beberapa wilayah Indonesia. Selama rentang 2009-2011, Kemenkes telah mendorong 10 pasar sehat percontohan di 9 provinsi. Kemudian pada 2012 ditambah lagi di delapan lokasi. Akan tetapi, bila melihat masih banyak kondisi pasar tradisional yang jauh dari kata bersih dan higienis, program-program pemerintah tersebut tentulah belum cukup sama sekali. 
 
Untuk itu, perlu digalakkan adanya kerjasama menyeluruh antara masyarakat mewujudkan pasar sehat bagi pasar tradisional. Ada dua keuntungan sekaligus yang dapat dipetik dalam upaya menciptakan pasar sehat. Pertama, tentu saja sebagai motivasi awal, adalah membebaskan pasar dari keterjangkitan terhadap penyakit yang mematikan, terutama Flu Burung. Kedua, sekaligus menjadi bonus, dengan terciptanya pasar tradisional yang sehat, turut membantu para pelaku pasar tradisional bisa bersaing dengan pasar modern yang cenderung punya kekuatan modal melimpah. 
 
Suarakomunitas (dot) net bersama dengan filmpelajar (dot) com dan bloggernusantara (dot) com mengundang Anda sekalian (pelajar, mahasiswa, atau umum) untuk turut berpartisipasi mendorong kampanye "Pasar Sehat untuk Konsumen Sehat". Partisipasi Anda melalui film dokumenter sangat dibutuhkan sebagai bagian dari kampanye penyadaran terhadap pelaku pasar tradisional (pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengelola pasar, pedagang, sampai pembeli) bahwa kebutuhan akan Pasar Sehat adalah mutlak adanya. Jadilah bagian dari kampanye "Pasar Sehat untuk Konsumen Sehat". 

 

Pelajar Indonesia Gugat Korupsi

Pelajar Indonesia Gugat Korupsi
Sen, 12/31/2012 - 00:00
jogloabang Kam, 12/20/2012 - 23:54
Jogloabang, Yogyakarta

Pemutaran Film anti korupsi karya Pelajar dilanjutkan dengan diskusi dengan format sarasehan yang santai menjelang akhir tahun 2012. Tema 'Pelajar Indonesia Gugat Korupsi' adalah dari banyaknya karya film pelajar yang bertemakan anti korupsi pada Festival Film Pelajar Jogjakarta pertengahan bulan beberapa hari yang lalu. Sarasehan dan Pemutaran film anti korupsi karya pelajar ini akan dilakukan pada 31 Desember 2012 pukul 15.00 - Selesai, di Jogloabang.

Tatap muka dan diskusi ini akan dipandu sekaligus pengkayaan betapa pentingnya perspektif anti korupsi bagi anak muda khususnya para pelajar yang akan diwakili para pelajar dari sekolah-sekolah di Yogyakarta dan dukungan dari Komunitas Film Pelajar  :

  1. Pimpinan KPK,
  2. Proffessor Buya Syafii Maarif,
  3. Duta Pelajar Anti Korupsi, Anelies Praramadhani,
  4. Budayawan, Mukhotib MD.

Selain pemutaran film, agar kegiatan ini tidak terlalu membuat kepala menjadi berat karena memikirkan masalah yang rauwis-uwis, musik akustik akan menyela pada gendang telinga yang akan dilantunkan diantaranya oleh Sanggar Nuun. Dan akan disiarkan live via @JogloTV dengan angin yang mengandung sinyal internet.

Tutup tahun 2012, Membuka awal tahun 2013

Tutup tahun 2012, Membuka awal tahun 2013 jogloabang Sel, 12/25/2012 - 03:41

Siapa bilang pemerintah butuh bantuan kita. Pemerintah punya segalanya untuk apa saja termasuk memberantas Korupsi. Masyarakat, Pemuda, Pelajar menggugat Korupsi?, memang hanya itu yang bisa dilakukannya. Namun dibalik itu, tanpa pemerintah yang berniat memberantas korupsi, apalah semua artinya?.

Pemerintah sebagai representasi memiliki segalanya, dikuatkan dengan berbagai peraturan yang dibuatnya sendiri, apalagi mereka punya tentara dan segala perlengkapan untuk menjalankan keijakannya. Uang, sumberdaya, alat informasi maupun surat-menyurat untuk menyuruh rakyat dan pegawainya tinggal ketok palu dan semua akan berjalan menurut kehendak pemerintah. Pemerintah memiliki sopir atau nakhoda? tentu para penguasa dengan politiknya beradu untuk mengejawantahkan mimpinya dalam membangun negeri ini, entah itu mimpi baik atau buruk, selama ini hanya yang baik yang diperlihatkan dan diyakini sehingga rakyat suka.

Apakah itu memuaskan semua keinginan dan cita-cta rakyat, sebagian ya sebagian lagi tentu tidak karena berbagai macam sisi kepuasan tentunya akan bertentangan. Satu terpuaskan satu pihak dan lain pihak lainnya pasti terlukai. Demikian terus begitu karena ada hitam putih, gelap terang, utara selatan, kiri kanan, tua muda, laki-laki perempuan dan banyak lagi. Lantas apa yang bisa dilakukan orang-orang tak berdaya, orang-orang yang hanya memlliki peduli dan rasa serta beberapa gelintir semangat?

Salah satu yang bisa dilakukan adalah mempergunjingkan, memupuk rasa peduli dan memberikan beberapa support semangat ataupun bukti-bukti semi akademis seperti dengan kumpul bersama untuk bersemiloka, berdiskusi sambil makan gorengan atau nonto film, bahkan jika sempat membuat film atau menarasi beberapa kejadian atau opinipun sah, dari masayarakat tak berdaya untuk masyarakat tak berdaya agar semakin berdaya dalam ketidakberdayaannya karena tak memiliki tempat apalagi daya dorong untuk memperbaiki keadaan secara resmi.

Untuk itulah kami mengundang para pemiarsa semua untuk hadir dan diskusi sambil menikmati suasana desa di Jogloabang, terbuka dan jika ingin lebih mendalam. Dipersilakan menyimak TOR terlampir atau mengikuti via online pada 31 Desember 2012 besuk.

 

Lampiran Ukuran
Pelajar Indonesia Gugat Korupsi (62.84 KB) 62.84 KB

Prosesi Pembukaan Cupu Kyai Panjolo 2013

Prosesi Pembukaan Cupu Kyai Panjolo 2013
Cupu Kyai Panjolo
jogloabang Sab, 10/26/2013 - 03:27

Prosesi pembukaan cupu Kyai Panjolo tahun ini dilakukan pada hari Selasa Kliwon tanggal 8 Oktober 2013. Bertempat di Dusun Mendak, Girisekar, Panggang, Gunung Kidul. Rumah bapak Dwijo Sumarto keturunan langsung Kyai Cupu Panjolo. Prosesi pembukaan selimut (kain putih penutup) Cupu Kyai Panjolo dilakukan. Acara tahunan ini sebagai tanda bahwa akan dimulainya musim penghujan (rendeng), pada hari Selasa Kliwon, biasanya setelah ada tanda-tanda atau sudah ada turun hujan pertama dan atau kedua.

Tim dari Komunitas Angkringan (@AngkringanMedia), Jogloabang (@Jogloabang) dan Joglo.TV (@joglotv) berupaya untuk melakukan siaran langsung atau Live Streaming baik Video dan Audio kepada masyarakat luas agar bisa mengetahui jalannya Prosesi Pembukaan Cupu Kyai Panjolo di tahun 2013 ini. Tidak lupa akun twitter teman-teman dan komunitas melakukan aksi twit secara langsung dan realtime dari lokasi upacara pembukaan cupu Kyai Panjolo.

Upacara pembukaan kain selimut Cupu Kyai Panjolo tahun 2013 ini berlangsung setelah tengah malam dan diikuti para hadirin yang jumlahnya ribuan secara khidmat plus tebak-tebakan maksud dari gambar atau keanehan yang dimunculkan pada kain selimut ketika prosesi pembukaan selimut cupu Kyai Panjolo.

Live Tweet dari prosesi pembukaan selimut cupu Kyai Panjolo ini adalah:

Begitulah cerita tentang prosesi pembukaan kain selimut Cupu Kyai Panjolo tahun 2013. Live streaming video ada di bawah ini, baru setengah jalan, yang lengkap akan diunggah kemudian.

[ Gambar dari KR Online, Foto oleh Tulus DS ]

Radio Komunitas dan Blogger

Radio Komunitas dan Blogger jogloabang Jum, 05/18/2012 - 04:09

[[{"type":"media","view_mode":"media_large","fid":"100","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"360","typeof":"foaf:Image","width":"480"}}]]

[[{"type":"media","view_mode":"media_large","fid":"101","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"360","typeof":"foaf:Image","width":"480"}}]]

Ide menarik ketika Jaringan radio Komunitas, SIAR, Sistem informasi Akar Rumput sebuah program dari Combine mencoba untuk bertemu muka dengan pegiat blogger dan onliners. Bertempat di Balai RK Kelurahan Terban, Gondokusuman Yogyakarta, Komunitas Blogger Jogja, Jogloabang , Jogja Update, bertemu dengan para pegiat Radio Komunitas lokal yang ada di Yogyakarta, pada Kamis 17 Mei 2012.

Pertemuan perdana ini isinya adalah perkenalan dan mencari apa yang bisa dilakukan bersama dalam berjejaring antara blogger dengan pegiat radio komunitas untuk menyuarakan peristiwa dan potensi lokal. Bukan untuk mengenalkan kepada dunia namun mengarah pada cara penulisan dan literasi digital yang bisa dilakukan bersama.

Pertemuan antar pagiat teknologi informasi ini berlangsung seru, dengan kesepakatan bahwa sangat dimungkinkan untuk bergerak bersama mengisi kolong-kolong berita yang bisa diangkat dan didokumentasikan untuk kemudian disuarakan melalui suara di radio komunitas maupun dalam bentuk teks di halaman-halaman postingan blog.

Sahabat dan Motivator yang sempat terekam

Sahabat dan Motivator yang sempat terekam jogloabang Jum, 04/01/2011 - 12:58

Sangat banyak pemerhati ICT yang pernah mengunjungi CTC Jogloabang, diantaranya yang sempat terabadikan adalah bapk Tony Seno dari Microsoft Indonesia, teman-teman dari komunitas blogger Ponorogo, Bengawan, Internet Sehat, Prof. Yanuar Nugroho, Mbak Sita, Pak Onno W Purbo hingga yang sama sekali tidak terabadikan karena lupa atau karena memang pada saat itu tidak membawa alat pengabadi gambar atau kamera. Namun bagaimanapun tanggapan yang dapat kami berikan, hanya terimakasih yang bisa dihaturkan. Telah sudi mengujungi tempat terpencil di daerah sawah nan panas ketika siang, dan dingin ketika malam.

Banyak diskusi yang dilakukan untuk pengembangan ICT dari permasalahan politik media hingga infrastrukturnya. Sungguh menjadi pekerjaan untuk membuatnya nanti bisa terekam dan terdokumentasikan secara baik dan benar, dan tentunya halaman ini akan diupdate dengan kunjungan figur yang lain namun dengan judul yang lebih jelas. Saling kunjung saling silatruahmi ternyata membuat semangat tersendiri yang membekas dan tak mungkin terlupakan karena merupakan sesuatu yang tak ternilai harganya.

Pada sebuah pertemuan internasional ASEM, Asia Europe Meeting pun bersyukur diberi kesempatan untuk berbagi mengenai jalannya sebuah CTC di desa, tentang apa yang dilakukan, bagaimana mengatasi masalah hingga mengajak untuk mau menulis pada laman-laman di dunia maya. Meski masih belum seberapa namun kesempatan untuk bersharing adalah sebuah penghargaan tinggi atas kerja yang tak kenal lelah ini.

kunjungan microsoft dan kominfo

 

kunjungan microsoft dan kominfo

 

 ict watch dan pak onno

anasir, mbak sita, totok, pak yanuar dan friends

pustral UGM

Sarasehan Blogger Asean

Sarasehan Blogger Asean jogloabang Min, 07/03/2011 - 12:53

Begitu besar harapan pada blogger dan semangatnya, untuk dapat ditangkap dan digunakan secara positif. Semoga saja semangat blogger tidak begitu umdah untuk diuangkan menjadi kepentingan tertentu dimana para blogger dirugikan atau hanya menjadi objek semata. Blogger adalah subjek, mereka adalah individu, manusia yang harus dihormati dan dihargai. Mereka punya cara berfikir sendiri, methode sendiri bahkan keunikan masing-masing yang hanya bisa dihargai secara individual bukan secara massive atau digeneralisasikan.

Dalam hal ini Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia membentuk suatu wadah kebersamaan dan bertujuan untuk memberikan bahwa semangat Konfederasi ASEAN sebagai salah satu kesadaran berbangsa dan bergeografi wilayah kepada blogger dengan membentuk ASEAN Blogger Community. Bagaimanapun ini sudah ada dan bagaimana caranya agar misi dan visi yang sudah dinyatakan dapat di pahami secara meluas dan dimanfaatkan sebesar-besarnya demi kepentingan ASEAN maupun blogger itu sendiri.

Asean Blogger Community

departemen kerjasama asean

Mengundang pada hari Sabtu Pon tanggal 9 Juli 2011 di Hotel Melia Purosani Yogyakarta untuk bersama-sama urun rembug dalam sarasehan peran blogger ASEAN dalam kerjasama ekonomi dan sosial budaya ASEAN - MITRA WICARA. Kepada siapapun yang mau dan dapat menyempatkan waktunya dengan tentatif acara sebagai berikut:

TENTATIVE PROGRAM KEGIATAN

SARASEHAN PERAN BLOGGER ASEAN DALAM KERJASAMA EKONOMI DAN SOSIAL BUDAYA ASEAN-MITRA WICARA

 

YOGYAKARTA, 9 JULI 2011  

Tempat: Ruang Nakula-Sadewa, Hotel Melia Purosani

Sabtu, 9 Juli 2011

 

09.00-09.30       :    Registrasi

09.30-09.40       :    Pembukaan oleh Pejabat Pemprov DIY

09.40-10.00       :    Penyampaian Keynote Address oleh Duta Besar Hazairin Pohan  

10.00-12.30       :    Focus Group Discussion

                               Penyampaian paparan mengenai kerjasama ekonomi ASEAN

                               1)    Kerjasama ekonomi ASEAN dan dampaknya bagi masyarakat

              Pembicara: Dr. Anggito Abimanyu M.Sc (Dosen Fakultas Ekonomi UGM)

2)    Kerjasama ekonomi ASEAN dan peran industri kreatif perfilman

Pembicara: Iman Brotoseno (Sutradara)

                               3)    Kerjasama ekonomi ASEAN dan peran sosial media

`                                     Pembicara: Fahira Idris

       Moderator: Blontank Poer (Blogger Solo)   

 

12.30-14.00       :    Istirahat, makan siang

 

14.00-16.00       :    Focus Group Discussion (lanjutan)

                               Penyampaian paparan mengenai kerjasama sosial budaya ASEAN

 1)  Peran Pemerintah Daerah dalam mendorong keterlibatan masyarakat dalam kerjasama ASEAN

     Pembicara: Bupati Wonosobo

2)  Kerjasama sosial budaya Indonesia dan negara mitra: pengalaman kerjasama kota kembar Yogyakarta-Osaka

     Pembicara: Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov DIY

3)  Kerjasama pengelolaan bencana di ASEAN: pengalaman blogger

     Pembicara: Anasir (Jalin Merapi, Siaga bencana)

                                   Moderator:  Adetanasia

16.00 – 19.00      : Istirahat di Jogloabang

19.30 – 21.30      : Sarasehan di Pendopo Jogloabang

                              Tindak lanjut ejawantah FGD

          1. Konten lokal dan konteks jurnalisme warga di sosial media Fasilitator : Donny BU
          2. Prediksi atau Cita-cita Teknologi Telekomunikasi 10 Tahun Mendatang Fasilitator : Anindito
          3. Menuju pengembangan kerjasama lintas komunitas Fasilitator: Bayumurti

Demikian gambarannya, semoga hal ini bisa menunjukkan sebuah kebersamaan bagi pengembangan geografis wilayah, terutama perkembangan blogger sebagai wacana yang patut dibanggakan. Bravo Asean Blogger Community.

Konfirmasi diharapkan dikirimkan ke email [email protected], mention ke @adrianizulivan atau hubungi 0857 4391 4480 a.n. Adriani Zulivan

Kreasi

FAQ Sarasehan Asean Blogger 9 Juli 2011

FAQ Sarasehan Asean Blogger 9 Juli 2011 jogloabang Jum, 07/08/2011 - 12:06

SARASEHAN PERAN BLOGGER ASEAN DALAM KERJASAMA ASEAN-MITRA WICARA DI PILAR EKONOMI DAN SOSIAL BUDAYA

Frequently Questioned Answers:

 

Q: Kapan, Dimana?

A: 9 Juli 2011, Ruang Nakula-Sadewa, Hotel Melia Purosani Yogyakarta

 

Q: Berapa biaya keikutsertaan?

A: Gratis

 

Q: Siapa yang boleh menjadi peserta?

A: pejabat pemerintahan daerah, akademisi, blogger, lembaga swadaya masyarakat dan perwakilan organisasi kemasyarakatan di Yogyakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya

 

Q: Bukan blogger dan bukan termasuk seluruh kategori di atas boleh ikut?

A: Ya. Terbuka untuk umum.

 

Q: Saya mewakili pribadi, tidak mewakili komunitas/institusi/organisasi. Boleh ikut?

A: Boleh.

 

Q: Berapa jumlah maksimal peserta per komunitas/institusi/organisasi?

A: Tidak ada batasan.

 

Q: Bagaimana mendaftar?

A: Kirim biodata peserta melalui email ke [email protected]

 

Q: Saya sudah mengirim email. Belum mendapat balasan.

A: Tidak akan ada email balasan. Secara otomatis nama anda sudah tercatat.

 

Q: Dimana saya bisa memperoleh informasi mengenai kegiatan ini?

A: Sila scroll down dokumen ini.

 

Q: Bagaimana saya memperoleh jadwal kegiatan ini?

A: Sila cek http://jogloabang.com/node/59.

 

Masih ada pertanyaan?

Mention kami:

@suryaden

@adrianizulivan

Peran Blogger Asean dalam kerjasama Ekonomi Sosial Budaya ASEAN-MITRA WICARA

Peran Blogger Asean dalam kerjasama Ekonomi Sosial Budaya ASEAN-MITRA WICARA jogloabang Sel, 07/12/2011 - 03:04

Sarasehan peran Blogger Asean dalam kerjasama Ekonomi dan Sosial Budaya ASEAN-MITRA WICARA, akhirnya berlangsung pada tanggal 9 Juli 2011 di ruang Nakula-Sadewa Hotel Melia Purosani Yogyakarta. dengan ratusan peserta dari Yogyakarta, dan sekitarnya seperti Solo, Magelang, Kebumen, Ponorogo bahkan Surabaya. Tentu tak lupa rombongan kementrian luarnegeri Ditjen Kerjasama Asean bersama Official ASEAN Blogger yang menginisiasi lahirnya Asean Blogger Community hadir karena memang merekalah yang menginisiasi perhelatan Sarasehan peran Blogger Asean dalam kerjasama Ekonomi dan Sosial Budaya ASEAN-MITRA WICARA ini, juga Internet Sehat dan Relawan TIK.

Sarasehan Blogger Asean Jogjakarta

Sarasehan ini dimeriahkan dengan live tweet dari peserta dengan hastag #JABC, Jogja Asean Blogger Community, dan live streaming yang bisa diakses di http://goo.gl/qs1jO live streaming dilakukan oleh tim Combine Jalin Merapi beserta jejaringnya. Hal yang cukup menyedihkan adalah kekurangan koneksi fasilitas dari hotel melia purosani yang hanya terbatas untuk beberapa user saja, sementara di tempat yang di kelilingi dengan beton tebal, sehingga menjadi hambatan bagi peserta untuk melakukan live tweet, sebagai informasi maupun jurnal akan apa yang disampaikan narasumber dan jalannya sarasehan.

Sarasehan Peran blogger Asean Iman brotosenoRisa Amrikasari

Acara dimulai dengan Keynote Speech dari duta besar Asean yaitu bapak @hazpohan kemudian diteruskan sambutan dari Gubernur DIY yang dibacakan oleh bapak Toto Waspodo. Kemudian Sesi Pertama dimoderatori oleh @blontankpoer dalam topik ekonomi dan media kreatif dengan narasumber @imanbr dan @risa_hart. Iman Brotoseno banyak bercerita dan memotivasi tentang perlunya media kreatif dan blogging serta bagaimana cara mengamankan kepemilikan dan menjalankan ide. Selaras dengan itu Risa Amrikasari memberikan batasan-batasan dan kekuatan dalam menjaga Hak Atas Kekayaan Intelektual atau HAKI. Secara populer dan mudah ditangkap namun mengena sehingga ramai respon feedback dari peserta menjadikan diskusi yang terbangun menjadi hangat.

Sarasehan Blogger Asean Jogjakarta

Istirahat di isi dengan ramah tamah, obrolan dan hiburan yang disediakan oleh seksi acara panitia lokal. Menuju sesi yang berat adalah sesi sosial budaya dengan thema Kerjasama Sosial Budaya Indonesia dan Negara Mitra: Pengalaman Kerjasama Kota Kembar Yogyakarta-Osaka,pembicara: Joko Dwiyanto (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov DIY), beliau menceritakan tentang keistimewaan Yogyakarta dan potensi wisata serta penanganannya di DIY. Dilanjutkan dengan pengalaman Blogger dalam kerjasama penanganan bencana di ASEAN dengan narasumber @anasir admin @jalinmerapi. Disamping untuk membuka mata para birokrat yang hadir kehadiran kesiapsiagaan bencana yang ada di Jogja adalah sebagian besar dari kerelawanan warga yang tak mudah dibangun di tempat yang lain. Sesi ini dimoderatori oleh @adetanesia dengan MC sejak tadi pagi yaitu @adrianizulivan.

Ahmad Nasir Jalin Merapi

Sesi terakhir di Hotel dengan narasumber bupati Wonosobo dan Anggito Abimanyu dengan dua sudut pandang yang berbeda namun sinergi yang satu adalah bupati yang mengemban tugas eksekutor dan birokrasi kepemerintahan dan satunya lagi adalah pengamat sekaligus pelaku kebijakan ekonomi yang saat ini menjadi akademisi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sesi ini dimoderatori oleh @blontankpoer, Anggito Abimanyu memberikan penjelasan yang gamblang tentang ekonomi, perdagangan, geopolitik dan geoekonomi, dipandang dari sudut makroekonomi yang disinkronkan denga rancangan mikroekonomi sehingga tidak perlu takut sekaligus bagaimana menghadapi pasar bebas, namun bagaimanapun gamblang penjelasan beliau tanpa kepedulian dan kecerdasan bernegara dalam kebijakan ekonomi dan ketatanegaraan niscaya cita-citanya pun akan membentur batu yang keras. Penjelasan dari sudut regional dijelaskan oleh Bapak Kholik Bupati Wonosobo bahwa mencari strategi perdagangan dan apa komoditi yang dapat dikembangkan dalam menaikkan kesejahteraan via kerjasama Asean dan antar wilayah.

Sarasehan Blogger Asean Jogja

Demikian paparan singkat jalannya Sarasehan Peran Blogger Asean dalam kerjasama Ekonomi Sosial Budaya ASEAN-MITRA WICARA di Yogyakarta. terimaksih kepada panitia lokal yang sangat intens bekerja dan berdiskusi demi suksesnya acara ini yalah @senggol, @adrianizulivan, @adetanesia, @gojeg, @si_enthon9, @mursid88, @kentruk, @argamoja, @rasarab, @raka, @mikdad, @tonysb, @plendhusisme, @adicahcilik, @arisheruutomo, @ajengkol, @anasir, @jalinmerapi, @jogjakampus, @lalinjogja, @dihek dan lainnya yang tak tersebutkan.

Sarasehan Blogger @Jogloabang

Sarasehan Blogger @Jogloabang jogloabang Sen, 07/18/2011 - 01:36

Sarasehan blogger di Jogloabang pada tanggal 9 Juli 2011 dihadiri beberapa komunitas setelah pada siang harinya mengikuti sarasehan asean blogger dengan tema Peran Blogger Asean dalam kerjasama Ekonomi Sosial Budaya ASEAN - Mitra Wicara. Ikut hadir disini rombongan Asean blogger yang di pimpin sendiri oleh Bapak Haz Pohan, Internet Sehat, Relawan TIK, Komunitas Blogger Bengawan, Jogtug, Jogja Update, Jogja Kampus, Lalin Jogja, Ngapak News, Blogger Ngalam, Blogger Kebumen, Escoret, Komunitas TPC Surabaya, Komunitas Blogger Bekasi (BeBlog), Komunitas blogger kota Reyog, Jalin Merapi, dan banyak lagi dari blogger gentayangan serta pemerhati TIK. Terima kasih untuk Telkomsel atas support yang diberikan sebagai penyemangat dan penghangat suasana terutama asupan dari materi yang membawa rekan-rekan yang hadir yang dipaksa untuk brain storming, diteruskan dengan gamparan dari Relawan TIK dan sodokan dari Donny BU Internet Sehat yang di bemperi moderator yang cerdas bapak Gunawan Wibisono.

 

Hastag #ActCreative dengan mention ke @TselJatengDIY untuk live tweet kegiatan ini cukup ramai dan bersahut-sahutan dengan hitungan menurut @_uje mencapai impression yang bagus, entah ngukurnya gimana yang jelas dia mengumumkan seperti itu. Menarik di sini dihadiri blogger termuda kala itu yaitu Indi puteri Anasir dan ibu Ambarsaridewi yang rela posting tentang suasana di jogloabang dengan sudut pandang jujur http://bit.ly/rttfY1

 

Menyenangkan dan cukup mengharukan karena bagaimanapun lokasi Jogloabang cukup berada jauh dari pusat kota, sekitar 12 km, dengan akses yang berliku, sehingga semuanya baru bisa berkumpul di lokasi pada pukul 20.00 untuk beramah tamah dahulu melepas lelah dan pada 21.00 lebih baru sarasehan dimulai. Banyak catatan atas rembug santai ini yaitu bagaimana membuat link dan kesadaran bersama atas perkembangan tehnologi, penggunaan dan bagaimana memanfaatkannya. Bagaimana komunitas bisa bertemu untuk saling support demi perkembangan teknologi Informasi di Indonesia, pun konten civics jurnalisme menjadi hal penting dikaitkan dengan kebebasan berekspresi internet dan hukum-hukum penjaminnya yang memiliki spirirt berbeda. Acara ini sanggup menembus batas pergantian hari dengan beribu imaji dan bayangan serta kesimpulan para pesertanya, semoga menjadi hal positif untuk bisa dilakukan dan berjejaring dengan saling menguntungkan.

 

Republik ini dicitakan untuk mecerdaskan kehidupan bangsa, apabila pemerintah atau yang berwenang telah berusaha sekuatnya, maka tugas para warganya untuk mendukung cita-cita ini bisa tercapai. Puluhan atau ratusan komunitas blogger yang memiliki kepedulian diharapkan dapat memberikan sumbang juang atas apa yang sudah ada dan dengan kemampuan masing-masing dan konvergensi atas apa yang diangankan masing-masing. Entah apa yang dibayangkan oleh banyak blogger kelas berat yang hadir di sini seperti @ajengkol, @Nopy_pr, @adisunata, @plendhusisme ataupun agak berat seperti @SenggOL  

Pada kesempatan inipun ada penghangat suasana selain kuis, dan live tweet sebagai ganjal brainstorming yang membuat kepala rasanya segar, juga posting blog dengan thema 'prediksi teknologi komunikasi 10 tahun mendatang', banyak hadiah menarik dan kontes #ActCreative ini ditutup pada 16 Juli 2011 jam 23.59 WIB, khusus bagi peserta yang datang di Sarasehan blogger @Jogloabang, beruntung pada malam itu para jawara live tweet mendadak adalah:

  • @mashendri
  • @jarwadi
  • @HeruLS
  • @anasir
  • @linxlunx
  • @dihek
  • @praziantoro
  • @RelawanTIK

Haz Pohan dubes Asean dari Indonesia mengatakan bahwa ada program untuk relawan, bagaimanapun ini harus ditangkap untuk menjadikan para relawan TIK termasuk blogger untuk bisa berkecimpung dalam kancah konten dan kekuatan nasional. Kekuatan blogger sangat sulit dihitung dan diprediksi namun akan sangat indah bila penggunaan teknologi, bagaima mencari informasi, bagaimana menggunakannya untuk dapat dilakukan membumi tanpa tercerabut dari akar budaya menjadi kata kunci atas paparan Donny BU Internet Sehat dan Indriyatno Banyumurti Relawan TIK. Tidak salah ketika peserta di ajak dahulu dengan materi dari Anindito Respati tentang evolusi dan perkembangan teknologi informasi dalam materinya yang dengan rela diposting di blognya #CelotehanBabab : Cerita Teknologi Seluler di Sarasehan Blogger @JogloAbang

 

Sesuatu yang dapat dipotret oleh seorang Indriyatno Banyumurti sebagai koordinator lembaga Relawan TIK bisa diperhatikan untuk dikembangkan dalam post di web relawan TIK Sarasaehan Blogger @JogloAbang - Jogja, sementara program dapat dilanjutkan dengan citizen jurnalisme yang sedang di godog di Internet Sehat kata Donny BU, selain banyak program yang bisa diakses dan dilakukan oleh komunitas, tanpa harus mengkotak-kotakkan dan dikotomi pusat daerah yang selama ini selalu mengganjal.

Kata yang menarik dan patut diresapi adalah 'KONVERGENSI' bagaimanapun teknologi tak bisa dipaksakan, dan teknologi harus ramah user, bisa digunakan semua orang tanpa pengkotakan, serta bagaimana tidak membuat sesat dengan perspektif yang benar, yaitu bagaimana caranya bisa mengakses informasi dengan jelas tanpa bias. Karena bias akan sangat menguntungkan pihak-pihak yang mengambil keuntungan mendadak tanpa memikirkan akibat yang ditimbulkannya. Bagaimana caranya dengan informasi yang benar dan merdeka dapat mengangkat kehidupan masyarakat dan tidak tercerabut pada akar budaya serta kebajikan lokal yang dimilikinya.

Beberapa posting respon yang bisa ditemui (akan di update):

Tata Cara Pendirian Koperasi

Tata Cara Pendirian Koperasi jogloabang Kam, 03/31/2011 - 05:52

Pendahuluan

Pemerintah telah bertekad untuk melakukan langkah dan kebijaksanaan strategis, agar perekonomian nasional dapat semakin tumbuh dan berkembang secara wajar dan proporsional. Komitmen tersebut dilakonkan dengan memprioritaskan pemberdayaan koperasi, pengusaha kecil dan menengah.

Sejalan dengan kebijakan tersebut, ihwal dan seluk beluk tentang Koperasi, perlu terus diinformasikan kepada masyarakat luas. Koperasi sebagai salah satu lembaga ekonomi, akan semakin dapat difahami dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Untuk mengaktualisasikan komitmen tersebut, pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengembangkan usaha melalui wadah koperasi. Sebagai wadah pengembangan usaha, koperasi diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota dan sekaligus menumbuhkan semangat kehidupan demokrasi ekonomi dalam masyarakat.

Berbagai kemudahan telah diusahakan oleh pemerintah. Salah satunya adalah mengganti Inpres Nomor: 4 Tahun 1984 dengan Inpres Nomor 18 Tahun 1998 yang kemudian ditindaklanjuti dengan keluarnya Kepmen Nomor 139 Tahun 1998. Pada dasarnya ketentuan tersebut memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendirikan koperasi. Masyarakat lebih leluasa untuk menentukan skala/jenis usaha koperasi sesuai dengan kepentingan anggota, tanpa terikat pada nama dan wilayah kerja koperasi. Di samping itu, pengesahan akta pendirian koperasi, juga dipermudah, yaitu dilakukan oleh pejabat Kantor Departemen Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah tingkat Kabupaten/Kodya.

Pengertian

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Prinsip Koperasi

Seluruh Koperasi di Indonesia wajib menerapkan dan melaksanakan prinsip prinsip koperasi, sebagai berikut:

  • keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka;

  • pengelolaan dilakukan secara demokratis;

  • pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing-masing anggota;

  • pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal;

  • kemandirian;

  • pendidikan perkoperasian;

  • kerja sama antar koperasi.

Bentuk dan Kedudukan

  1. Koperasi terdiri dari dua bentuk, yaitu Koperasi Primer dan Koperasi Sekunder.

  2. Koperasi Primer adalah koperasi yang beranggotakan orang seorang, yang dibentuk oleh sekurang-kurangnya 20 (duapuluh) orang.

  3. Koperasi Sekunder adalah koperasi yang beranggotakan Badan-Badan Hukum Koperasi, yang dibentuk oleh sekurang-kurangnya 3 (tiga) Koperasi yang telah berbadan hukum.

  4. Pembentukan Koperasi (Primer dan Sekunder) dilakukan dengan Akta pendirian yang memuat Anggaran Dasar.

  5. Koperasi mempunyai tempat kedudukan dalam wilayah negara Republik Indonesia.

  6. Koperasi memperoleh status badan hukum setelah akta pendiriannya disahkan oleh pemerintah.

  7. Di Indonesia hanya ada 2 (dua) badan usaha yang diakui kedudukannya sebagai badan hukum, yaitu Koperasi dan Perseroan Terbatas (PT). Oleh karena itu kedudukan/status hukum Koperasi sama dengan Perseroan Terbatas.

Persiapan Mendirikan Koperasi

  1. Anggota masyarakat yang akan mendirikan koperasi harus mengerti maksud dan tujuan berkoperasi serta kegiatan usaha yang akan dilaksanakan oleh koperasi untuk meningkatkan pendapatan dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi anggota. Pada dasarnya koperasi dibentuk dan didirikan berdasarkan kesamaan kepentingan ekonomi.

  2. Agar orang-orang yang akan mendirikan koperasi memperoleh pengertian, maksud, tujuan, struktur organisasi, manajemen, prinsip-prinsip koperasi, dan prospek pengembangan koperasinya, maka mereka dapat meminta penyuluhan dan pendidikan serta latihan dari Kantor Departemen Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah setempat.

Rapat Pembentukan Koperasi

  1. Proses pendirian sebuah koperasi diawali dengan penyelenggaraan Rapat Pendirian Koperasi oleh anggota masyarakat yang menjadi pendirinya. Pada saat itu mereka harus menyusun anggaran dasar, menentukan jenis koperasi dan keanggotaannya sesuai dengan kegiatan usaha koperasi yang akan dibentuknya, menyusun rencana kegiatan usaha, dan neraca awal koperasi. Dasar penentuan jenis koperasi adalah kesamaan aktivitas, kepentingan dan kebutuhan ekonomi anggotanya. Misalnya, Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Koperasi Konsumen, Koperasi Produsen, Koperasi Pemasaran dan Koperasi Jasa.

  2. Pelaksanaan rapat pendirian yang dihadiri oleh para pendiri ini dituangkan dalam Berita Acara Rapat Pembentukan dan Akta Pendirian yang memuat Anggaran Dasar Koperasi.

  3. Apabila diperlukan, dan atas permohonan para pendiri, maka Pejabat Departemen Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah dalam wilayah domisili para pendiri dapat diminta hadir untuk membantu kelancaran jalannya rapat dan memberikan petunjuk-petunjuk seperlunya.

Pengesahan Badan Hukum

  1. Para pendiri koperasi mengajukan permohonan pengesahan akta pendirian secara tertulis kepada Pejabat, dengan melampirkan:

    • 2 (dua) rangkap akta pendirian koperasi satu di antaranya bermaterai cukup (dilampiri Anggaran Dasar Koperasi).

    • Berita Acara Rapat Pembentukan.

    • Surat bukti penyetoran modal.

    • Rencana awal kegiatan usaha.

  2. Permohonan pengesahan Akta Pendirian kepada pejabat, tergantung pada bentuk koperasi yang didirikan dan luasnya wilayah keanggotaan koperasi yang bersangkutan, dengan ketentuan sebagai berikut:

    • Kepala Kantor Departemen Koperasi Pengusaha Kecil dan Menengah Kab/Kodya mengesahkan akta pendirian koperasi yang anggotanya berdomisili dalam wilayah Kabupaten/Kodya.

    • Kepala Kantor Wilayah Departemen Koperasi Pengusaha Kecil dan Menengah Propinsi/DI mengesahkan akta pendirian koperasi Primer dan Sekunder yang anggotanya berdomisili dalam wilayah Propinsi/DI yang bersangkutan dan Koperasi Primer yang anggotanya berdomisili di beberapa Propinsi/DI, namun koperasinya berdomisili di wilayah kerja Kanwil yang bersangkutan.

    • Sekretaris Jenderal Departemen Koperasi Pengusaha Kecil dan Menengah (Pusat) mengesahkan akta pendirian Koperasi Sekunder yang anggotanya berdomisili di beberapa propinsi/DI.

  3. Dalam hal permintaan pengesahan akta pendirian ditolak, alasan penolakan diberitahukan oleh Pejabat kepada para pendiri secara tertulis dalam waktu paling lambat 3 (tiga) bulan setelah diterimanya permintaan.

  4. Terhadap penolakan pengesahan akta pendirian para pendiri dapat mengajukan permintaan ulang dalam waktu paling lama 1 (satu) bulan sejak diterimanya penolakan.

  5. Keputusan terhadap pengajuan permintaan ulang diberikan dalam jangka waktu paling lama 1 (satu) bulan sejak diterimanya pengajuan permintaan ulang.

  6. Pengesahan akta pendirian diberikan dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) bulan setelah diterimanya permintaan pengesahan.

  7. Pengesahan akta pendirian diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia.

Anggaran Dasar Koperasi

Anggaran Dasar Koperasi paling sedikit memuat ketentuan sebagai berikut:

  • daftar nama pendiri;

  • nama dan tempat kedudukan;

  • maksud dan tujuan serta bidang usaha;

  • ketentuan mengenai keanggotaan;

  • ketentuan mengenai Rapat Anggota;

  • ketentuan mengenai pengelolaan;

  • ketentuan mengenai permodalan;

  • ketentuan mengenai jangka waktu berdirinya;

  • ketentuan mengenai pembagian sisa hasil usaha;

  • ketentuan mengenai sanksi.

Perubahan Anggaran Dasar Koperasi harus dilakukan berdasarkan keputusan Rapat Anggota yang diadakan untuk itu, dan wajib membuat Berita Acara Rapat Anggota Perubahan Anggaran Dasar Koperasi. Terhadap perubahan Anggaran Dasar yang menyangkut penggabungan, pembagian, dan perubahan bidang usaha koperasi dimintakan pengesahan kepada pemerintah, dengan mengajukan secara tertulis oleh pengurus kepada Kepala Kantor Departemen Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah bagi Koperasi Primer dan Sekunder berskala daerah atau kepada Menteri Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah bagi Koperasi Sekunder berskala nasional.

Penutup

Orang-orang yang mendirikan dan yang nantinya menjadi anggota koperasi harus mempunyai kegiatan dan atau kepentingan ekonomi yang sama. Hal itu mengandung arti bahwa tidak setiap orang dapat mendirikan dan atau menjadi anggota koperasi tanpa adanya kejelasan kegiatan atau kepentingan ekonominya.

Kegiatan ekonomi yang sama diartikan, memiliki profesi atau usaha yang sama, sedangkan kepentingan ekonomi yang sama diartikan memiliki kebutuhan ekonomi yang sama. Orang-orang yang akan mendirikan koperasi tersebut tidak dalam keadaan cacat hukum, yaitu tidak sedang menjalani atau terlibat masalah atau sengketa hukum, baik dalam bidang perdata maupun pidana. Usaha yang akan dilaksanakan oleh koperasi harus layak secara ekonomi. Layak secara ekonomi diartikan bahwa usaha tersebut akan dikelola secara efisien dan mampu memberikan kemanfaatan ekonomi bagi anggotanya.

Modal sendiri harus cukup tersedia untuk mendukung kegiatan usaha yang akan dilaksanakan oleh koperasi. Hal itu dimaksudkan agar kegiatan usaha koperasi dapat segera dilaksanakan tanpa menutup kemungkinan memperoleh bantuan, fasilitas dan pinjaman dari pihak luar.

Kepengurusan dan manajemen harus disesuaikan dengan kegiatan usaha yang akan dilaksanakan agar tercapai efisiensi dalam pengelolaan koperasi. Perlu diperhatikan mereka yang nantinya ditunjuk/dipilih menjadi pengurus haruslah orang yang memiliki kejujuran, kemampuan dan kepemimpinan, agar koperasi yang didirikan tersebut sejak dini telah memiliki kepengurusan yang handal.

 

dicipok

dicipok jogloabang Rab, 01/25/2012 - 02:25

[[{"type":"media","view_mode":"media_large","fid":"94","attributes":{"alt":"","class":"media-image","style":"display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;","typeof":"foaf:Image"}}]]

Digital Cipta Kreasi Lokal #dicipok adalah ajang pertemuan dan latihan, jika tak boleh dibilang sebagai workshop yang diadakan di Jogloabang. Berisi tentang diskusi tatap muka dengan narasumber yang menguasai bidangnya dalam bidang blogging, monetize, penulisan, kearifan lokal maupun developper baik mobile ataupun web nantinya akan berkembang

woro-woro dicipok edisi 1

woro-woro dicipok edisi 1 jogloabang Rab, 01/25/2012 - 02:44

[[{"type":"media","view_mode":"media_large","fid":"94","attributes":{"alt":"","class":"media-image","height":"360","style":"display: block; margin-left: auto; margin-right: auto;","typeof":"foaf:Image","width":"480"}}]]

Digital CIpta Kreasi Lokal, #dicipok. Pada edisi pertama kali ini akan mengkolaborasikan sesuai tema kecintaan pada konten lokal Indonesia. Konten lokal yang harus kita bicarakan, diskusikan, sebarkan dan kampanyekan untuk dapat menadi tuan rumah di negeri sendiri. Serta bagaimana kearifan lokal yang ada dapat menjadi referensi, dikenal atau syukur-syukur bisa dimanfaatkan generasi muda untuk menantang hidup globalisasi yang mau tidak mau akan menyeruak dan tahu-tahu kita berada di dalamnya.

Pada Edisi perdana #dicipok akan mengajak mas Nurudin Jauhari untuk mengenalkan blogging Wordpress. Mengapa wordpress, wordpress akan digunakan para blogger yang suka dengan domain dan hsting pribadi. Dan ketika di monetize platform wordpress memang harus di hosting sendiri. Kemudian Bondan Nusantara untuk mengenalkan tehnik menulis alami. Beliau adalah seorang penulis naskah kethoprak dan sekaligus kadang menjadi sutradara kethoprak yang ak asing lagi bagi penggemar kethoprak. 

Kearifan dan budaya lokal akan diperkenalkan oleh Paguyuban Selasa Kliwon yang update diskusi tentang kekayaan lokal khususnya Jogjakarta. Pelatihan dan pengenalan pembuatan aplikasi Andorid akan di fasilitasi oleh Sony Set. Seorang praktisi mobile developper yang suka membuat games.

Teman-teman jika ingin langsung mendaftar silahkan isi form di sini. Karena kemampuan kami hanyalah menampung 200 orang jadi silahkan untuk mendaftar sesegera mungkin. Terimakasih dan sampai jumpa pada hari Sabtu tanggal 28 Januari 2012 di Jogloabang jam 10 hingga pukul 15 sore.