Avatar jogloabang
Posted by jogloabang on October 26, 2013
Cupu Kyai Panjolo

Prosesi pembukaan cupu Kyai Panjolo tahun ini dilakukan pada hari Selasa Kliwon tanggal 8 Oktober 2013. Bertempat di Dusun Mendak, Girisekar, Panggang, Gunung Kidul. Rumah bapak Dwijo Sumarto keturunan langsung Kyai Cupu Panjolo. Prosesi pembukaan selimut (kain putih penutup) Cupu Kyai Panjolo dilakukan. Acara tahunan ini sebagai tanda bahwa akan dimulainya musim penghujan (rendeng), pada hari Selasa Kliwon, biasanya setelah ada tanda-tanda atau sudah ada turun hujan pertama dan atau kedua.

Tim dari Komunitas Angkringan (), Jogloabang () dan Joglo.TV () berupaya untuk melakukan siaran langsung atau Live Streaming baik Video dan Audio kepada masyarakat luas agar bisa mengetahui jalannya Prosesi Pembukaan Cupu Kyai Panjolo di tahun 2013 ini. Tidak lupa akun twitter teman-teman dan komunitas melakukan aksi twit secara langsung dan realtime dari lokasi upacara pembukaan cupu Kyai Panjolo.

Upacara pembukaan kain selimut Cupu Kyai Panjolo tahun 2013 ini berlangsung setelah tengah malam dan diikuti para hadirin yang jumlahnya ribuan secara khidmat plus tebak-tebakan maksud dari gambar atau keanehan yang dimunculkan pada kain selimut ketika prosesi pembukaan selimut cupu Kyai Panjolo.

Live Tweet dari prosesi pembukaan selimut cupu Kyai Panjolo ini adalah:

Begitulah cerita tentang prosesi pembukaan kain selimut Cupu Kyai Panjolo tahun 2013. Live streaming video ada di bawah ini, baru setengah jalan, yang lengkap akan diunggah kemudian.

[ Gambar dari KR Online, Foto oleh Tulus DS ]