Avatar suryaden
Posted by suryaden on March 26, 2017
Randai

Komunitas Harau kembali akan menghelat sebuah event Pasa Harau Art & Culture Festival di tahun 2017. Lembah Harau dengan masyarakat dan kebudayaannya yang masih kental dan menjaga budaya Minangkabau dengan cukup bagus kembali akan menggelar nilai-niiai budaya dan keseniannya dikolaborasikan dengan seni modern yang berkembang sekarang.

Sumatera Barat memiliki potensi kesenian dan budaya yang luar biasa. Memiliki pengaruh besar dalam percaturan kebudayaan nasional. Tidak heran jika di pelosok-pelosok daerah di Sumatera  Misalnya di Harau dan daerah lainnya memiliki kelompok-kelompok seni tradisi yang masih hidup dan bergerak sesuai dengan perkembangan zaman.

Pasa Harau Art & Culture Festival mencoba mengisi dan merangkai kebudayaan dan kesenian yang berkembang dilihat dengan kacamata anak muda atau orang sekarang. Bagaimana perkembangan selanjutnya setelah Pasa Harau Art & Culture Festival 2016, gerak gerilya kesenian yang dilakukan oleh anak-anak muda komunitas Harau mencoba menghadirkan kolaborasi tersebut dalam dan dengan keindahan lokasi Lembah Harau yang tersohor.

festival layangan pasa harau

perempuan harau

Jadi Pasa Harau Art & Culture Festival 2017 juga berisi kegiatan olah fisik seperti petualangan di Lembah Harau yang akan menghibur dan menyegarkan para tamunya. Selain itu kemolekan tradisi kuliner Minangkabau juga akan menyertai sehingga benar-benar akan merasakan keindahan Lembah Harau bahkan dengan lidahnya. Kenikmatan dan bagaimana cara membuat rendang dapat dilihat sendiri oleh para tamu. Kepintaran lokal dalam menciptakan teh yang terbuat dari daun kawa pun tidak ketinggalan untuk dinikmati.

Saat sekarang masih berkembang diskusi-diskusi dan brainstorming di Komunitas Harau untuk menyajikan Pasa Harau Art & Culture Festival dengan kemasan yang lebih menyenangkan. Tentunya dengan kemampuan logistik dan finansial yang terbatas. Keterbatasan tersebut merupakan penyemangat bagai komunitas Harau untuk bergerak lebih kreatif. Bagaimana menyiapkan sebuah Lembah menjadi sebuah tempat wisata yang menggiurkan dengan fasilitas-fasilitas yang tidak memalukan.

Berhadapan dan dibandingkan dengan Festival-festival yang tersohor lainnya Pasa Harau Art & Culture Festival yang dikelola Komunitas Harau tentu memerlukan perjalanan, waktu dan pengalaman yang akan menentukan bagaimana bentuk Pasa Harau Art & Culture Festival yang akan lebih baik diwaktu mendatang. Pasa Harau Art & Culture Festival menjadi sebuah rintisan untuk memberikan pentas kesenian yang dikelola dari dan untuk masyarakat. Tidak perlu pergerakan progres yang cepat menjadi sebuah Festival mewah yang berkelas internasional, karena justru nanti akan bisa merusak pergerakan yang organik dan genuine.

Festival Seni dan Budaya Harau, Pasa Harau 2017, Limapuluhkota, Sumbar

jelajah harau

tari pasambahan komunitas harau

 

Pergerakan kesenian yang awalnya dimulai dengan sedikit orang kemudian secara organik berkembang menjadi kebutuhan banyak orang adalah keinginan Komunitas Harau dalam Pasa Harau Art & Culture Festival. Bukan hanya potensi budaya dan wisata yang akan ditonjolkan, namun potensi ekonomi dan hasil bumi Harau cukup menarik untuk diperlihatkan. Semoga Komunitas Harau dapat menangkap berbagai kemungkinan yang bisa dikelola dan dikembangkan untuk Pasa Harau Art & Culture Festival menjadi sebuah perhelatan yang organik, genuine, dan sesuatu suguhan yang memiliki karakter tersendiri.