Blogger Nusantara

Salam Blogger Nusantara!!!

Semoga aktifitas-aktifitas online danblogger dapat memperkaya informasi dan dokumentasi tentang Indonesia dari para blogger di nusantara. Pertemuan yang menyenangkan akan memberikan dorongan semangat dan pencarian makna blogging yang positif.

Saling kenal antar blogger sebagai masyarakat pengguna teknologi informasi, sekaligus pegiatnya, menjadi moment tersendiri yang tidak ternilai. Akan menyuburkan banyak ide-ide inovatif tentang e-literasi, bahkan ‘conciousness’ tentang posisi harapan, gagasan, mimpi, ataupun ide gila dari insan berpikir yang ter-e-literasi teknologi dan informasi global yang bertemu dengan kenyataan di mana dia tinggal, tanah yang dipijaknya, air yang diminumnya, untuk memperbaiki hidupnya, dan lingkungannya.

Sangat banyak insan-insan muda yang dengan kecerdasannya mampu berkreasi, menantang hidup dan mendapatkan kehidupannya tidak terlepas dari dunia online dan menghasilkan. Keberhasilan dan kesuksesan di bidang blogpreneur menginspirasi banyak orang untuk dapat mencipta dan mencari penghidupan dari pemanfaat teknologi informasi, utamanya adalah blogging. Namun hal ini tidak terlepas dari keseriusan, upaya-upaya kreatif serta kerja keras.

Blogpreneur menjadi sebuah kata kunci alternatif untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Bagaimana menjadi blogger dengan penulisan-penulisan berdasarkan pengalaman yang berharga mahal dan dihargai, sebagai informasi berbasis data dan fakta. Bagaimana mempertahankan eksistensi blog ketika berhadapan dengan mesin pencari. Bagaimana mendapatkan feedback berupa penghasilan dari penulisan kreatif karena memang bermanfaat dan dicari jutaan orang yang membutuhkan informasi tersebut?.

Banyak orang mencari informasi karena tidak tahu, untuk memperkaya pengetahuan atau memang membutuhkan jawaban atas kebutuhannya. Sebagai masyarakat yang bergelut dalam bidang teknologi informasi, dan menjadi pekerjanya. Apapun informasi yang dimiliki dan didapatkan ketika di sharing melalui blog akan dapat diakses banyak orang. Akan menjadi tinggi nilai dan jasa blogger ketika menginformasikan dalam postingan berbasis user experience, pemikiran dan kejadian sehari-hari. Begitu berharganya orang yang mau menulis, berbagi dan memproduksi informasi, dalam sebuah media broadcast.

Menjadi landasan berpikir untuk mengajak para blogger bergabung dalam Blogger Nusantara dimana ketika blogger memiliki kekuatan bersama yang digarap secara profesional, terbuka dan memiliki keberpihakan terhadap blogger atau pegiat dunia maya. Bukan mimpi yang terlalu berlebihan, ketika blogger kemudian berkembang dan memiliki sebuah wadah yang diharapkan mampu menjembatani aktifitas blogging, program-program komunitas menjadi sebuah kekuatan tersendiri untuk menarik minat korporasi pelaku usaha untuk bekerjasama saling menguntungkan dengan blogger, dalam berbagai hal, baik berorientasi profit maupun layanan sosial kemasyarakatan.

Bersama teman-teman para pencetus ide, pendukung dan rekan-rekan blogger muda, yang pernah bertemu dan berkenalan dalam workshop-workshop yang pernah diadakan IBN. Keinginan untuk merintis suatu wadah yang bervisi dari kita untuk kita dan oleh kita. Maka ide seorang blogpreneur dari Surabaya, mendapatkan tanggapan yang luar biasa, dengan semangat yang seakan tak terbendung lagi. Menghidupkan blogpreneur Indonesia sebagai sebuah alternatif dan ladang yang bisa digarap masyarakat Indonesia menghadapi kehidupan yang semakin berat.

Posting blog, chating, saling berkomentar hingga kopdar-kopdar mengantarkan keinginan untuk kopdar dan mendirikan sebuah paguyuban Blogger Nusantara yang berisi blogger dan dan didirikan oleh blogger untuk memperbaiki nasib blogger juga dengan harapan akan menumbuhkan kembali animo blogging sebagai sebuah aktifitas yang positif dan menghasilkan manfaat secara materi maupun immaterial.

Kopdar perdana Blogger Nusantara akan diadakan di kota Sidoarjo, Jawa Timur pada 28 -30 Oktober 2011. Dalam pergelaran ini kami mengajak dan mengundang semua blogger Indonesia baik yang sudah menjadi blogpreneur, sedang ingin, atau bahkan baru mendengar istilah blogpreneur untuk bergabung. Terbuka bagi blogger yang tergabung dalam komunitas blogger ataupun yang tidak berkomunitas.

Komunitas blogger diharapkan dapat mensubmitkan rencana programnya selama setahun, program-program tersebut nantinya dapat di sinergikan ataupun mendapat dukungan dari paguyuban Blogger Nusantara, yang akan di dirikan sebagai puncak pertemuan Blogger Nusantara kopdar perdana 1000 Blogger di Sidoarjo dengan seluruh blogger yang hadir sebagai foundernya, ditambah perkenalan akses terhadap persusahaan-perusahaan yang belum dapat saya sebutkan di sini, karena belum waktunya, untuk mendukung kegiatan-kegiatan rekan-rekan dalam berkomunitas, mengembangkan kapasitas, dan berkiprah di masyarakat.

Sudah bukan jamannya lagi kegiatan akbar blogger harus mendekati titik episentrum gempa kekuasaan di Indonesia. Blogger harus mampu bergerak mandiri sebagai blogpreneur untuk mengembangkan dirinya, sangat mungkin mengembangkan dan mewarnai lingkungan atau  orang-orang terdekatnya. Adalah Google tentang Google Analytics, Algoritma SEO Panda, Pen Ollson, Facebook (dalam konfirmasi), dan para blogpreneur Indonesia yang akan mengisi dan meramaikan acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara  di Sidoarjo.

Silahkan mendaftar dan registrasi di http://bloggernusantara.com twitter di @blognusantara maupun mengikuti lomba-lomba awal untuk meramaikan perhelatan Kopdar Blogger Nusantara. Sampai bertemu di Sidoarjo tanggal 28-30 Oktober 2011.

Tak kenal maka tak sayang, mengajak rekan-rekan semua untuk bergabung bersama, dari kita untuk kita.

Salam Blogger Nusantara!!!

Tim Blogger Nusantara