Desa Inklusi menurut Mensos di Temu Inklusi 2016

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sempat mengunjungi Temu Inklusi 2016, di Desa Sidorejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Temu Inklusi adalah acara 2 tahunan dari komunitas difabel di seluruh Indonesia untuk berkoordinasi dan saling berinformasi tentang perkembangan isu inklusi dan difabilitas di Indonesia. Para peserta selain saling belajar juga membawa ilmu-ilmu dan perkembangan baru dari daerahnya untuk dapat dipelajari bersama. Selain isu-isu baru yang menjadi tantangan kelompok difabel. Adapun Temu Inklusi yang pertama dilakukan di desa Sendangtirto, Berbah, Sleman pada tahun 2014 yang lalu.

Dalam kunjungan super singkatnya ini kami berhasil mendapatkan wacana tentang Desa Inklusi dari kacamata Kementrian Sosial. Dimana beliau menteri mengatakan bahwa "Ini sebetulnya kalau para kepala Daerah punya keberpihakan, hari ini saatnya menyiapkan Desa Inklusi, karena dana desa itu cukup besar. Dari dana desa sebagian mestinya disiapkan untuk aksesisibiliti. Misalnya untuk mereka butuh akses sekolah kemana, mereka butuh akses vokasional training dalam bentuk apa." Demikian ujar menteri sosial RI.

Desa Sidorejo dan Desa Sendangtirto di Kulonprogo dan Sleman diharapkan menjadi praktik baik dan viral untuk menyuarakan tentang Desa Inklusi. Juga menteri mengatakan bahwa sebaikanya ada center of excellence dan Kemenensos akan berupaya membantu dalam bidang rehabilitasi bagi difabel yang membutuhkan.

Menteri Sosial juga mengatakan agar Desa-desa dapat mencontoh praktik baik Desa Inklusi dan ada yang membantu Desa untuk menyiapkan RPJMDesa yang berpihak pada masyarakat berkebutuhan khusus. "Sebagian anggaran desa diantaranya untuk menyiapkan kemampuan, kemandirian, dan aksesibilitas bari penyandang disabilitas" Ungkap Menteri Khofifah.

Selain desa inklusi,  untuk penguatan difabel, BPS dikatakan sudah datang ke Mensos untuk pendataan difabel. Kunjungan singkat Menteri Sosial di Desa Sidorejo, Lendah, Kulonprogo, lokasi Temu Inklusi ke dua ini berlangsung pada Jumat, 26 Agustus 2016.