Cara Memilih Pinjaman Online untuk Modal Usaha

Lakukan saja, kerjakan dulu, merupakan petuah-petuah dari orang-orang pintar dan tokoh-tokoh dunia yang selalu menjadi motivasi untuk tidak berdiam diri dan terendam dalam kekalutan. Prinsip kehati-hatian memang kunci dan perlu untuk selalu dikedepankan. Namun ketika memiliki gagasan usaha yang bagus, setelah ditimbang-timbang, tanya kesana kesini, dan mencari advice dari orang-orag terpercaya. Lakukan saja menjadi kunci utama untuk segera mengeksekusi gagasan tersebut. Modal usaha memang perlu dipikirkan dan ketika bisnis proses dan bisnis model sudah ada dalam genggaman tinggal mencari modal usaha. Cara memilih pinjaman online untuk modal usaha tersedia banyak di Indonesia. Bahkan lebih cepat daripada memilih pinjaman yang offline.

Pandemi COVID-19 memang meluluhlantakkan perekonomian dan kita harus tetap bekerja dan berbisnis untuk menyambung hidup dan menghidupi keluarga. Pemerintah Indonesia memang membuka kesempatan yang luas untuk melakukan sesuatu, namun bukan itu saja yang diperlukan. Motivasi diri untuk bangkit menjadi kunci utama melawan efek Pandemi yang sangat merugikan berbagai hal. Selain banyak kesempatan yang muncul karena perubahan pola dan perilaku ekonomi masyarakat saat sekarang. Produktif untuk bekerja dan menghasilkan uang bisa menjadi motivasi selain untuk membangkitkan ekosistem ekonomi kita agar tidak jatuh lebih buruk. Bagaimanapun kita, masyarakat adalah penggerak ekonomi, sesedikit apa yang kita lakukan, jika produktif, adalah pelumas mesin ekonomi bangsa kita.

Banyak pilihan untuk work from home saat ini, karena memang jamannya dan kondisi pandemi yang mengharuskan menjaga diri sesuai protokol kesehatan. Kondisi rumah yang kondusif dan banyak orang mencari rumah-rumah baru yang lebih nyaman untuk bekerja dari rumah. Infrastruktur internet dan komputer menjadi pilihan bijak untuk memulai, selain ide dan gagasan yang cemerlang. Kelompok rumah tangga dan bisnis rumahan merupakan roda penggerak dan tulang punggung ekonomi yang tak lekang di makan zaman. Kondisi aman dan kondusif memungkinkan bisnis ini dapat berjalan lancar, selain hal lain yang mengikutinya.

Cara Memilih Pinjaman Online untuk Modal Usaha

Adanya pinjaman online, tentunya sangat membantu Anda yang ingin memulai usaha atau yang sedang ingin mengembangkan usaha supaya lebih besar lagi. Untuk itu, Anda tidak perlu gengsi melakukan pinjaman modal usaha, asalkan selalu mematuhi prosedur yang ada. Namun, untuk menghindar pinjaman online ilegal ini, Anda perlu memperhatikan cara memilih pinjaman online terbaik untuk modal usaha. Berikut caranya:

  1. Fintech Pinjaman Online Telah Terdaftar di OJK

    Meskipun sedang membutuhkan dana untuk modal usaha, Anda tetap harus memilih perusahaan pinjaman modal usaha yang sudah terdaftar di OJK. Dengan begitu, maka Anda akan terlindungi dari pinjaman online yang ilegal.

    Caranya, silahkan mengecek langsung di www.ojk.go.id. Dengan melihat daftar-daftar pinjaman online tersebut, Anda bisa mengetahui KTA mana saja yang telah terdaftar dan memiliki izin yang resmi untuk beroperasi.

    Perusahaan pinjaman online yang terdaftar dan diawasi OJK wajib mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan oleh OJK untuk melindungi konsumennya sehingga tidak akan merugikan Anda.

  1. Meminjam Sesuai Kemampuan

    Pastikan meminjam pinjaman untuk modal usaha sesuai dengan kemampuan. Hal ini supaya nantinya mampu membayar cicilan pinjaman tersebut sampai lunas.

    Pastikan meminjam benar-benar untuk modal usaha tanpa digunakan untuk memperbaiki tempat usaha yang malah tidak akan membuat uang kembali. Hal ini penting agar tidak ada catatan kredit cacat yang akan menyulitkan Anda untuk mengajukan pinjaman lagi jika selanjutnya butuh pinjaman.

  1. Memiliki Call Center yang Responsif

    Pilih perusahaan pinjaman online yang menyediakan layanan call center yang mudah dihubungi, seperti memiliki nomor telepon, WA yang aktif dan alamat email resmiii yang aktif. Hal ini penting untuk kemudian hari jika ada masalah, Anda bisa mengadukannya langsung ke layanan call center tersebut.

  1. Memiliki Website dan Aplikasi yang Secured

    Pastikan memilih pinjaman online yang memiliki alamat website dan aplikasi yang terproteksi dengan secured. Aturan ini biasanya juga diwajibkan oleh OJK dengan sejumlah keamanan untuk melindungi seluruh data konsumen dengan resmi.

    Anda bisa melihat tingkat keamanan dari situs website pinjaman online tersebut dari logo gembok yang ada di bagian kiri atas.

  1. Pahami dengan Teliti Kontrak Perjanjian

    Sebelum menandatangani kontrak pinjaman online, baca kontrak perjanjian tersebut dengan lebih teliti dan rinci. Jika ada peraturan merasa kurang berkenan dan sulit dipahami, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan dengan jelas.

    Semua hak dan kewajiban yang harus dipenuhi debitur dan kreditur ada di dalam kontrak perjanjian tersebut. Jika suatu saat ada yang melanggar, Anda bisa gunakan kontrak tersbeut untuk mengajukan gugatan ke pihak berwajib.

Di antara cara memilih pinjaman online untuk modal usaha tersebut, semuanya sudah ada di Tunaiku. Tempat pinjaman online tanpa agunan yang aman dan amanah.

Selain itu, Tunaiku juga sudah terdaftar dan diawasi OJK karena perusahaannya berada di bawah pengawasan Bank Amar secara langsung. Jumlah tawaran pinjaman mulai Rp. 2 juta hingga Rp 20 juta dengan masa tenor pengembalian 6 bulan hingga 20 bulan.

Selain itu, Tunaiku juga membebaskan biaya provisi dan tidak mengenakan biaya tambahan jika Anda ingin melunasi pinjaman lebih cepat dari jatuh tempo. Anda bisa mendapatkan pinjaman di Tunaiku dengan cepat tanpa ribet. Menarik bukan?

Itulah cara memilih pinjaman modal usaha yang bisa dicoba untuk memulai bisnis Anda. Semoga bermanfaat.