Investasi vs Trading: Mana yang Tepat untuk Anda?

Investasi dan trading merupakan cara-cara untuk memaksimalkan uang yang anda miliki. Kini dunia investasi dan trading dapat diakses dengan mudah menggunakan internet. Kedua pendekatan untuk menghasilkan uang dari pasar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang sangat signifikan, sehingga anda dapat menentukan jenis yang sesuai dengan kriteria yang anda butuhkan. Pada artikel kali ini kita akan mengulas secara lengkap tentang Investasi dan Trading.

Perbedaan trading dan investasi

Investasi

Secara definisi menurut investbro.id, Investasi merupakan kegiatan menanamkan modal dengan maksud untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Investasi umumnya digunakan untuk menata masa depan yang tentunya membutuhkan modal yang berkembang. Investasi dapat dilakukan dengan menggunakan media deposito, reksadana, saham, obligasi, tanah, emas, bahkan bangunan sekalipun.

Trading

Trading merupakan proses jual beli dalam pasar finansial yang berlangsung dalam waktu singkat agar menghasilkan keuntungan sebesar mungkin. Keuntungan yang diperoleh trader berasal dari kompensasi yang dibayarkan oleh penjual kepada pembeli.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi

Kelebihan investasi

  • Investasi umumnya dilakukan pada benda fisik maupun nonfisik yang memiliki nilai penjualan yang meningkat dari tahun ke tahun. Dengan investasi, tingkat kerugian yang mungkin dirasakan oleh investor semakin kecil karena segala proses dan aturan terkait sudah diatur oleh satu badan resmi yang menaunginya.

  • Salah satu kelebihan utama dari investasi adalah kegiatannya yang bersifat pasif dimana investor hanya perlu melakukan pembelian jenis investasi yang dipilih dan kemudian dapat melakukan monitor berkala. Hal ini dapat terjadi karena pada umumnya jenis investasi akan memiliki harga yang cukup stabil bahkan naik dari waktu ke waktu.

  • Investasi akan sangat sesuai bagi investor yang menginginkan untung dalam jangka panjang. Pasalnya setiap jenis investasi akan memberi keuntungan yang lebih besar dalam jangka panjang karena nilai maupun harganya aka sangat meningkat dari waktu ke waktu.

Kekurangan Investasi

Di atas segala kelebihan yang ditawarkan oleh investasi, terdapat kekurangan yang mengikuti yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan aalaupun terbilang cukup stabil, investasi akan memberikan keuntungan yang cukup banyak jika investasi tersebut sudah cukup lama. Sehingga investasi akan sangat sesuai untuk anda yang menginginkan keuntungan dengan jangka panjang. Investasi tidak memberikan keuntungan besar dalam waktu cepat, namun memberi laba walaupun tidak terlalu besar secara konstan.

  • Selain itu, investasi memiliki likuiditas rendah. Likuiditas merupakan kemudahan dari suatu aset untuk dirupiahkan atau dicarikan dalam suatu waktu. Dibandingkan dengan trading, investasi memiliki likuiditas yang lebih rendah sehingga pencairan tidak dapat dilakukan setiap saat.

  • Hal yang menarik lainnya adalah sebagian besar jenis investasi bergantung kepada pihak pengelola. Jika pengelola dapat menghasilkan untung dan berkembang, maka investor akan memperoleh keuntungan juga. Namun, jika pengelola mengalami penurunan, maka investor tidak memperoleh untung apapun bahkan dapat mengalami kerugian pribadi.

Kelebihan dan Kekurangan Trading

Kelebihan Trading

  • Kelebihan trading utama yang ditawarkan trading adalah adanya bimbingan untuk pemula. Trader pemula memiliki kesempatan untuk mendapatkan bimbingan berupa akun demo yang bisa anda gunakan sebagai percobaan sebelum masuk ke dunia trading. Akun demo yang diberikan berisi tentang informasi-informasi seputar trading dan strategi-strategi yang bisa dilakukan dalam trading. Manfaat ini tentu menguntungkan pemula karena membantu memahami dasar-dasar yang digunakan dalam dunia trading.

  • Broker yang menangani trading dapat diakses menggunakan internet sehingga anda dapat mengakses trading kapan dan dimanapun anda inginkan. Data-data anda akan aman ketika memilih broker yang dapat dipercaya. Anda bisa memanfaatkan media internet untuk mengetahui ulasan-ulasan mengenai broker yang dapat dipercaya.

  • Trading juga tersedia dalam harga yang beragam. Meskipun harga-harga yang dipatok dalam dunia trading sangat kompetitif, tidak menandakan bahwa harga trading tersebut mahal. Saat membuat akun, beberapa broker online tidak meminta untuk membayar terlebih dahulu sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Broker online tersebut hanya memberikan beban biaya dan spread yang murah sehingga anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki banyak modal.

  • Saat anda melakukan trading, fitur-fitur yang disediakan biasanya mudah dipahami. Naik turunnya harga dan penentuan harga saat trading dapat diakses dan dipantau dengan otomatis karena menggunakan teknologi yang canggih.

Kekurangan Trading

Dibalik kelebihan yang ditawarkan, trading juga memiliki kekurangan yang dapat anda jadikan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan yaitu sebagai berikut:

  • Jumlah broker yang tidak sesuai kebutuhan yang semakin banyak dan semakin meningkat pula orang yang tertarik dengan dunia trading, sehingga memunculkan banyak broker-broker yang jumlahnya mencapai ratusan bahkan ribuan. Anda harus memilih broker yang sesuai dengan kriteria yang anda inginkan agar keuntungan yang anda peroleh lebih optimal karena tugas broker untuk melakukan analisis pasar modal harus dilakukan dengan bijak untuk mendapatkan keuntungan maksimal yang akan diperoleh oleh investor. Sebelum anda memilih broker, anda harus menggali informasi dan melakukan riset yang dalam untuk mengetahui broker yang sesuai dengan keinginan anda.

  • Di dunia trading terdapat harga-harga yang rendah dan dapat diakses dengan mudah dan murah, namun ada beberapa broker yang memiliki harga yang tinggi. Ada broker yang mewajibkan penyimpanan deposit dalam jumlah yang sangat besar sehingga anda harus menyediakan modal yang tidak sedikit agar dapat melakukan trading.

  • Deposit yang besar ini memungkinkan anda mendapatkan keuntungan yang tinggi. Hal ini juga sejalan dengan risiko yang mungkin terjadi juga tinggi. Dalam dunia trading, diperlukan kewaspadaan dan ketelitian dalam memilih broker dan menentukan jumlah deposit karena belum ada lembaga yang bisa menjamin simpanan anda.

Memilih Investasi vs Trading

Jika anda ingin memilih antara investasi dan trading, anda harus memerhatikan beberapa hal yang anda butuhkan dalam waktu dekat maupun panjang.

Hal yang Harus Dipertimbangkan

Beberapa hal yang harus anda perhatikan jika ingin memilih natara trading atau investasi adalah sebagai berikut:

  • Modal yang anda miliki

  • Target waktu

  • Target keuntungan

  • Lebih memilih pasif (investasi) maupun aktif (trading)

  • Waktu yang anda miliki

Penutup

Demikianlah informasi seputar dunia investasi dan trading yang bisa anda jadikan sebagai pedoman untuk memilih jenis pendapatan anda. Anda bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu serta risiko yang akan didapatkan ketika memilih salah satunya.