Cara Kerja Affiliate Marketing yang Menguntungkan

Affiliate marketing menjadi salah satu cara mudah untuk mendapatkan uang dari internet yang kini sedang banyak dilakukan oleh orang-orang. Bahkan, bagi kamu yang menekuni dan konsisten saat menjalankannya bisa mendapatkan pendapatan hingga puluhan juta rupiah. Lalu, seperti apa cara kerja affiliate marketing itu sendiri?

Apa itu affiliate marketing?

Affiliate marketing adalah sebuah program yang di mana kamu bisa mendapatkan sejumlah komisi dari hasil mempromosikan produk atau layanan tertentu.

Seperti yang kita tahu saat ini bahwa ada berbagai cara untuk bisa mendapatkan uang dari internet.

Contohnya membuat situs website sendiri, menjadi pekerja lepas, hingga mengikuti program affiliate marketing ini. Kamu juga bisa membaca cara bikin website secara lengkap di sini.

Program ini adalah model monetisasi di mana mitra afiliasi, yaitu kamu yang menjalankannya, akan diberi imbalan pembayaran karena telah memberikan hasil tertentu kepada pengecer atau pengiklan tersebut.

Hasil yang dimaksud biasanya berupa penjualan produk atau layanan tertentu. Tetapi imbalan yang didapat biasanya tidak selalu berbentuk uang, melainkan juga dapat berupa penggunaan uji coba gratis atau bahkan mendapatkan unduhan untuk aplikasi.

Program afiliasi biasanya gratis untuk diikuti, jadi kamu tidak perlu khawatir dengan adanya biaya awal pendaftaran.

Setelah bergabung dalam program affiliate marketing sangat disarankan untuk melakukannya dengan baik. Karena, peluang seperti ini dapat menjadi ide bisnis online yang menguntungkan dengan memberi kamu penghasilan yang sehat.

Bagaimana cara kerja affiliate marketing?

Affiliate marketing memiliki cara kerja yang terbilang cukup sederhana, di mana nantinya akan ada empat tahap seperti, mendaftarkan diri dalam program, membagikan kode khusus milikmu, pelanggan menggunakan kode tersebut, hingga akhirnya mendapatkan komisi.

Tantangan utama dalam affiliate marketing adalah merancang strategi promosi yang menarik agar pelanggan menggunakan kode referal yang kamu bagikan. Berikut ini empat tahap atau cara kerja dalam affiliate marketing:

1. Daftar ke program affiliate marketing

Tahap pertama, kamu harus lebih dulu mendaftarkan diri agar bisa menjadi seorang affiliate sebuah perusahaan. Setiap perusahaan akan memiliki syarat dan ketentuan masing-masing untuk menjadi affiliate.

2. Bagikan kode referal

Setelah kamu resmi terdaftar menjadi bagian dari affiliate marketing sebuah perusahaan, biasanya akan mendapatkan kode referal unik milikmu sendiri.

Nanti, kamu bisa mulai membagikan dan mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh merchant melalui kode referral tersebut.

3. Pelanggan menggunakan kode affiliate milikmu

Apabila setelah dibagikan, ada pelanggan yang mendaftar atau membeli produk merchant dengan menggunakan kode referal milikmu, berarti promosi tersebut bisa dibilang sukses.

4. Mendapatkan komisi

Apabila transaksi pelanggan telah sukses dengan menggunakan kode referal tersebut, nantinya kamu akan mendapatkan komisi yang bisa dicairkan.

Biasanya, kamu akan mendapatkan komisi setelah berhasil mendapatkan pelanggan baru melalui kode referal atau link khusus.

Keunggulan bergabung di program affiliate marketing

Selain bisa mendapatkan uang dengan mudah dari internet, tentu ada juga beberapa keunggulan lain ketika bergabung di program affiliate marketing.

1. Kamu tidak harus memiliki keahlian di bidang marketing

Apabila menjadi seorang affiliate marketer, kamu tidak harus memiliki keahlian khusus dalam marketing. Semua ilmu tentang program affiliate marketing ini bisa kamu pelajari sembari menjalankan promosinya.

Jika kamu membutuhkan hosting, kamu bisa membeli hosting murah di DomaiNesia.

2. Bisa menjadi pekerjaan sampingan tanpa modal

Keunggulan lainnya kamu bisa bergabung menjadi affiliate marketing ini tanpa harus mengeluarkan modal sama sekali, atau bahkan dengan biaya yang relatif rendah dibanding model bisnis lainnya.

3. Bisa mendapatkan penghasilan pasif yang maksimal

Bagi kamu yang memiliki pekerjaan full time atau sebagai pegawai tetap di salah satu perusahaan, mengikuti program affiliate marketing ini bisa menjadi pilihan pas untuk mendapatkan penghasilan pasif yang maksimal.

Dalam melakukan pekerjaan ini sendiri , kamu hanya perlu media promosi dan strategi tepat agar berhasil. Dan selebihnya, kamu hanya perlu memonitor hasilnya saja.

4. Tidak perlu tanggung jawab atas pengelolaan produk

Meskipun kamu terikat dengan perusahaan sebagai affiliate marketer, tetapi tidak perlu bertanggung jawab atas pengelolaan produk.

Namun, bukan berarti juga kamu bisa asal pilih program afiliasi yang telah dipromosikan, ya. Sebaiknya pilihlah program afiliasi yang kamu percayai kualitasnya. Tujuannya agar pelanggan yang membeli melalui kode referal milikmu tidak kecewa atau mengalami kerugian.

5. Pekerjaan yang fleksibel dan tidak terikat

Keunggulan lainnya adalah kamu dapat menjalankan program afiliasi ini dari mana saja dan kapan saja atau bisa dibilang memiliki waktu yang cukup fleksibel.

Selain itu, kamu juga masih dapat bergabung dengan program lainnya untuk memaksimalkan pendapatan pasif.

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara kerja affiliate marketing. Jadi, bagi kamu yang ingin mendapatkan pendapatan pasif secara maksimal, ikut gabung dengan program afiliasi seperti ini bisa menjadi pilihan yang tepat dan menguntungkan.