Kesulitan untuk Membuat Catatan Keuangan? Begini Cara Mudahnya

Kesulitan untuk Membuat Catatan Keuangan? Begini Cara Mudahnya

Salah satu cara untuk dapat mengatur keuangan menjadi lebih baik yaitu dengan membuat catatan keuangan. Dengan catatan keuangan ini, Anda akan mengetahui pemasukan dan pengeluaran serta aktivitas keuangan Anda selama ini. Dengan begitu, pengeluaran Anda akan lebih terkontrol, dan Anda bisa mengelola uang lebih baik lagi.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan ketika memiliki catatan keuangan. Anda bisa mengetahui kebutuhan penting yang harus diutamakan, melakukan evaluasi keuangan, menabung dan mencapai target yang diinginkan. Namun sayangnya, tak sedikit orang yang menganggap sepele hal ini dan menganggap bahwa mencatat pengeluaran dan pemasukan keuangan hanya merepotkan sehingga mereka tidak perlu melakukannya.

Cara Mudah Membuat Catatan Keuangan

Beberapa orang yang kurang memahami cara membuat catatan keuangan akan menganggap jika hal ini merepotkan, padahal saat ini sudah banyak aplikasi yang membantu Anda dalam membuat catatan keuangan sehingga perencanaan keuangan menjadi lebih baik. Salah satunya yaitu Senyumku-Buka Rekening Online yang merupakan aplikasi perbankan revolusioner dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan finansial. Adapun berikut ini merupakan cara mudah untuk membuat catatan keuangan, yaitu:

1. Siapkan Buku Khusus Catatan Keuangan

Jika Anda ingin membuat catatan keuangan di buku, maka Anda harus menyiapkan buku khusus agar catatan terlihat lebih rapi. Jika buku yang digunakan berganti-ganti, maka sulit bagi Anda untuk melakukan evaluasi pengeluaran selama ini.

2. Tulis Jumlah Pemasukan

Saat membuat catatan keuangan, hal penting yang harus Anda tulis adalah jumlah pemasukan yang didapatkan setiap bulan. Meskipun Anda memiliki gaji tetap bulanan, tetapi tetap harus menuliskan jumlah pemasukan karena siapa tahu pemasukan Anda bertambah dari uang lembur atau lainnya. Anda dapat menuliskan pendapatan bulanan bersih untuk dialokasikan memenuhi kebutuhan.

3. Rincikan Pengeluaran setiap Bulan

Setelah menuliskan jumlah pemasukan, selanjutnya Anda bisa merinci pengeluaran setiap bulan. Tulislah kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi untuk satu bulan, mulai dari kebutuhan biaya listrik, cicilan, internet, belanjaan dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Setelah itu, Anda bisa menghitung jumlah pengeluaran bulanan dan dikurangi dengan penghasilan bulanan. Dengan begitu, pengeluaran Anda akan lebih terstruktur.

4. Masukkan Biaya Darurat

Saat mencatat pengeluaran dan pemasukan, Anda juga bisa memasukkan biaya darurat. Ini bermanfaat bagi Anda untuk menampung pengeluaran jika terjadi sesuatu yang tak terduga di masa depan, seperti jatuh sakit dan hal lainnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot menghitung atau mencatat kembali. Jika biaya darurat tersebut tidak terpakai, bisa dialokasikan untuk menambah tabungan Anda atau menjadi biaya darurat di bulan selanjutnya.

Dalam mengelola keuangan, Anda juga bisa menggunakan konsep 50%, 30% dan 20%. Yaitu 50% digunakan untuk memenuhi kebutuhan, 30% menabung dan 20% dana darurat. Dengan membatasi pengeluaran, Anda bisa mengatur uang lebih terstruktur dan rapi.

5. Gunakan Aplikasi Catatan Keuangan

Saat ini ada banyak aplikasi catatan keuangan yang memudahkan Anda untuk melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran. Hal ini memudahkan Anda dalam mengelola keuangan hanya dalam satu genggaman smartphone saja.

Salah satu aplikasi perbankan yang juga bisa membantu melakukan pencatatan keuangan dan pengelola keuangan yang mudah dan tepat yaitu Senyumku dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. Senyumku mulai beroperasi pada tahun 2019 dan memberikan banyak manfaat, khususnya dalam mengatur finansial.

Dengan menggunakan aplikasi Senyumku, Anda dapat melakukan transaksi dengan bebas tanpa khawatir biaya admin, memantau keuangan jadi lebih mudah, dan menikmati bunga tabungan hingga 5,5% per tahun.

Itulah beberapa cara mudah membuat catatan keuangan yang bisa Anda lakukan. Mari gunakan Senyumku untuk mengelola keuangan lebih baik lagi dan rasakan manfaatnya!.