Cara mudah Buat Video

Saat ini berkembang dengan cepat cara berinformasi dengan video. Lebih menghibur, pesan lebih lengkap, dan cepat. Apalagi ada bukti otentik dengan videonya. Beragam platform dapat mewadahi video anda. Platform-plaftorm video online saat ini memudahkan untuk menguangkan video. Ada yang mampu menyimpan video durasi pendek, video durasi sedang, video durasi panjang, bahkan tidak sedikit yang menyediakan durasi video yang unlimited. Kemudahan-kemudahan menyimpan, mempublikasikan dan mempromosikan video sudah tersedia. Tinggal bagaimana kita dapat membuat video dengan pesan-pesan yang kita inginkan dan harapan dapat membahagiakan orang lain yang menyaksikannya. Berikut adalah tips cara mudah buat video.

Bukan hanya itu. Saat ini bahkan tools atau alat-alat untuk membuat video pun sudah tersedia secara daring. Mulai dari editor video online. Template-template video online, hingga petunjuk cara penggunannya. Ada yang tersedia gratis, berbayar, maupun jika baru ingin mencoba tersedia juga masa ujicoba.

Meskipun tersedia dengan mudah dan banyak. Alat-alat pembuat video tersebut masing-masing memiliki ciri khas, syarat ketentuan, hingga penjangkauannya. Namun yang harus kita yakini adalah mereka menyediakan alat-alat pendukung pembuatan video secara online tersebut tidak gratis. Mereka adalah perusahaan-perusahaan yang juga memerlukan pemasukan untuk mendukung usahanya tersebut, agar bisa dapat terus melanjutkan layanannya dan berkembang. Persaingan usaha dan adu kualitas adalah kesempatan bagi pengguna untuk dapat hasil terbaik dengan sangat cepat. Jika ingin memperdalam perihal video yang menjurus ke film, simak UU 33 tahun 2009 tentang Perfilman.

Cara mudah buat Video

How to Create Your Videos - A simple Guide, mungkin lebih tepat menjadi judul tulisan ini. Dalam berbagai model tulisan, dan pengalaman pembaca, prinsip-prinsip dan tutorial membuat video sudah sangat banyak dan sangat lengkap. Berbagai iklan menggunakan video-video pendek yang dibuat dengan sangat menarik. Tulisan ini hanyalah buah pikir penulis secara spontan berdasarkan pengalaman untuk mencari cara mudah membuat video menarik. Video yang terpublish via media internet sebelumnya agar lebih aman, alangkah baiknya menyimak UU ITE dan perubahannya.

Cara mudah membuat video profesional untuk pemula merupakan bukan hal tabu sekarang. Kita tidak perlu memiliki skill yang tinggi untuk membuat video profesional yang ciamik. Gagasan, ide dan sudut pandang anda menjadi hal konkret yang perlu dimiliki dan ditampilkan. Gagasan, Ide dan sudut pandang menjadi hal unik yang mewarnai video anda. Karena jutaan manusia di dunia memiliki ketertarikan masing-masing untuk dapat memahami maksud yang ada di balik sebuah video. Mereka memiliki persepsi dan interest sendiri-sendiri yang berbeda di setiap kepala.

Gali Gagasan dan Ide Terbaik

Menggali gagasan dan ide yang unik ada pada diri anda, gagasan anda sudah unik dan menarik namun apakah itu adalah hal yang terbaik untuk situasi saat ini? Menarik untuk membuka diskusi bersama teman-teman, rekanan bisnis maupun orang-orang dalam berbagai kategori umur dan latar belakang. Gagasan dan ide anda akan mendapatkan pencerahan dan pengembangan dari berbagai sudut pandang. Output dari hal ini adalah dari satu gagasan yang dilontarkan akan mendapatkan bingkai sudut pandang yang bermacam-macam. Satu gagasan video anda akan menjadi banyak sekali ide pembuatan video yang banyak dan bervariasi. Tinggal bagaimana cara mengeksekusinya.

Setelah itu buatlah tim kecil dengan latar belakang dan sudut pandang yang sama untuk mendapatkan view terbaik atas gagasan tersebut. Atau jika sendiri maka buatlah catatan dan rencana kerja yang ringan untuk menjadikan gagasan tersebut sebuah video yang akan disukai oleh segmen-segmen atau sasaran penonton anda.

Kembangkan Sudut Pandang

Setelah melakukan penggalian gagasan yang artinya adalah mengasah atau memperuncing gagasan agar dapat diterima banyak pihak. Dan sudah mendapatkan berbagai masukan dari sudut pandang yang berbeda-beda yang maksudnya adalah bagaimana kira-kira orang lain mencoba memahami video anda. Maka langkah selanjutnya adalah mengembangkan berbagai sudut pandang tersebut menjadi sebuah pola dan benang merah untuk membuat naskah video atau timeline gambar yang dapat dipahami berbagai lapisan masyarakat.

Caranya dengan mengkategorikan berbagai sudut pandang tersebut. Kemudian muncul berbagai jenis video yang kira-kira menarik untuk dibuat dan reliabel untuk kalangan yang berada dalam kategori sudut pandang yang sama.

Langkah selanjutnya adalah membuat naskah atau tulisan perkategori sudut pandang dan bagaimana cara pengambilan gambar, cara penampilan video apakah cukup dengan kekuatan narasi atau teks, dengan efisiensi waktu dan durasi yang paling masuk akal.

Tulis Naskah Video

Menuliskan naskah video berdasarkan kategori hasil diskusi sudut pandang akan sangat menarik dan menantang. Anda ditantang untuk berpikir dan menulis dengan hal-hal yang sama sekali diluar ketertarikan anda. Anda dipaksa memahami berbagai cara pikir dan sudut pandang orang-orang atau kelompok sasaran yang mungkin berlawanan dengan cara pikir anda, ketertarikan bahkan preferensi anda. Namun sekali lagi ini adalah tantangan, yang harus dapat dilewati dengan manis.

Berbekal catatan-catatan awal diksusi atau perenungan, ditambah dengan catatan-catatan kedua dari pengembangan sudut pandang yang menghasilkan pola-pola tertentu tersebut. Maka mulailah menulis naskah satu demi satu perkategori yand diinginkan dan terutama paling dikuasai atau paling dipahami.

Mulailah menulis naskahnya satu persatu. Setelah ada diskusikan kembali dengan rekan-rekan yang diajak berdiskusi pada awal sesi. Maka tulisan atau naskah video akan lebih kaya dengan koreksi atau persetujuan gagasan dari rekan-rekan anda. Ini adalah ujian ringan yang membuat skill pembuatan video anda menjadi lebih sakti. Output dari proses ini adalah gambaran video yang lebih jelas dan bisa dilakukan pengambilan gambar selanjutnya jika memang sudah meyakinkan. Apakah menjadi video pendek ataukah video dengan durasi panjang, ini adalah keputusan anda.

cara mudan bikin video

Pengambilan Gambar

Buat video dengan cepat, ambil gambar sebanyak-banyaknya untuk stock shoot dan agar mudah dalam memilih gambar terbatik. Pergunakan waktu dengan baik sesuai waktu dan anggaran yang tersedia. Bisa menggunakan alat apapun sepanjang hasilnya gambar dan suara yang baik, baik dengan smartphone, handycam, action cam hingga camera termahal yang dimiliki.

Curahkan semua perhatian untuk gambar terbaik dan sudut pandang paling eksotik berdasarkan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki. Lakukan evaluasi gambar, dan mulai lagi jika belum memuaskan.

Pembuatan Video

Tools making online videos atau alat pembuat video secara daring tersedia mudah dan bagus-bagus. Sebagai alat yang menarik anda dapat mencobanya dalam tautan buat video online. Invideo menyediakan alat editor video, cara-cara branding vido bahkan hingga berbagai template video. Seperti keluaran video untuk Facebook, YouTube, Google Ads, Facebook Ads, bahkan hingga ke Instagram. Untuk memudahkan pembuatan Video anda. Membuat slideshow bahkan teks pun bisa dibuat menjadi video dengan mudah.

Selain itu video bisa ditata terlebih dahulu dengan alat-alat seperti iMovie, Adobe dan berbagai alat profesional lain. Dalam InVideo tersedia juga layanan gratis selamanya hingga yang level Bisnis mulai $15 perbulan dan layanan tak terbatas mulai dari $30. Bandingkan sendiri dengan penyedia-penyedia yang lain. Cari yang paling cocok dengan kebutuhan dan budget anda.

Pun tidak ketinggalan berbagai aplikasi seperti Tiktok, Instagram, Facebook, Youtube maupun berbagai aplikasi yang ada di Google Play Store, App Store ataupun store-store lainnya dapat dipergunakan dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Persaingan dalam sektor aplikasi-aplikasi dari para penyedia dan pembaharuan teknologi semakin memudahkan para pembuat konten video. Buka mata, buka telinga, baca review aplikasi sana sini untuk memantabkan pilihan. Dan tidak ada salahnya coba sana-sini untuk mendapatkan alat bantu video mana yang membuat jatuh hati dan paling cocok untuk anda.

Publish Video

Setelah semuanya berhasil dilalui dan dijalani dengan baik, evaluasi lagi, lihat lagi bagaimana penampakan videonya. Tinggal satu step lagi, apakah video akan disimpan untuk dilihat sendiri, dilihat bersama keluarga, ataukah dipublikasikan untuk semua orang.

Platform tersebut sudah teramat banyak, tinggal mana yang anda sukai untuk menjangkau sasaran. Diskusikan dengan teman-teman dekat jika video anda memiliki unsur serius atau melibatkan kepentingan orang banyak seperti Diskusi dan Putar Film #BelakangHotel dan pertimbangkan bagaimana akan melakukan branding.

Demikianlah tulisan Cara mudah buat Video, semoga memberikan kepuasan dalam membacanya dan sedikit pengetahuan yang semoga berguna, terimakasih.