Simak 5 Aneka Jenis Telur Ayam dan Harganya di Pasaran

Sebagai sumber protein hewani bagi masyarakat Indonesia, telur ayam menjadi salah satu lauk yang cocok untuk hidangan pelengkap dalam makanan. Bercita rasa lezat dan kaya akan gizi, siapa sangka jika telur ayam yang biasa Anda beli rupanya memiliki beberapa jenis. Lantas, apa saja jenis – jenis telur ayam beserta kisaran harga yang biasanya Anda konsumsi sebagai hidangan lauk pauk sehari – hari?

Aneka Jenis Telur Ayam dan Harganya di Pasaran

Jenis – jenis telur ayam di pasaran

Secara umum, Anda akan menemukan telur ayam di pasaran dengan beraneka ragam jenis yang berbeda – beda. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak beberapa penjelasannya di bawah ini.

  • Telur ayam negeri

    Termasuk dalam jenis telur ayam paling populer di pasaran, telur ini umumnya berasal dari ayam petelur dari peternakan. Bahkan, jenis telur ini juga ada yang hadir dengan sejumlah rekayasa genetika. Dengan bentuknya yang bulat lonjong, berukuran besar, berwarna coklat, telur ini mudah Anda jumpai di pasar tradisional dan supermarket.

  • Telur ayam vegetarian

    Telur ini berasal dari ayam vegetarian yang umumnya memakan tumbuh – tumbuhan seperti sayur – sayuran, kacang – kacangan dan biji – bijian. Hampir sama dengan telur ayam pada umumnya, telur ayam vegetarian ini memiliki tekstur kulit yang lebih halus. Dengan harga yang terbilang mahal, kuning telur berwarna kuning tua ini memiliki kandungan lemak yang lebih rendah.

  • Telur ayam kate

    Berasal dari ayam kate, telur ini tergolong lebih kecil ketimbang telur ayam pada umumnya. Meski demikian, cita rasa yang lezat dari telur ayam kate ini juga kaya akan kandungan gizi seperti zat besi. Adapun kandungan ini dapat berguna untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, mengatur suhu tubuh dan meningkatkan kinerja fungsi otak.

  • Telur ayam organik

    Dari banyaknya telur di pasaran, telur ayam organik ini umumnya menggunakan pakan khusus tanpa herbisida, pupuk dan zat kimia lainnya. Dalam pemilihan telur ini, Anda harus memperhatikan kemasan yang sudah tertera nama maupun nomor badan sertifikasi resmi. Ketimbang telur ayam lain, telur ini lebih kaya akan nutrisi dan tinggi protein yang baik untuk tubuh.

  • Telur ayam kampung

    Telur ayam yang tak kalah populer di telinga masyarakat adalah telur ayam kampung. Dengan proses peliharaan secara alami, telur ayam ini memiliki jumlah yang terbilang sedikit ketimbang jenis telur lainnya. Sehingga, tak mengherankan jika harga dari telur ayam kampung ini sedikit lebih mahal.

Untuk telur ayam kampung ini umumnya berukuran lebih kecil ketimbang telur ayam negeri. Sementara kuning telurnya cenderung berwarna emas kegelapan. Dan untuk kandungan nutrisinya terbilang cukup kaya, akan omega 3, lemak, protein, kalsium, karbohidrat, zat besi, fosfor dan kalsium.

Apa saja contoh olahan telur ayam pada hidangan makanan?

Berbicara soal telur ayam, banyak sekali ibu rumah tangga yang menjadikan salah satu bahan makanan ini untuk beberapa hidangan. Nah, hidangan yang paling umum menggunakan olahan telur ayam ini antara lain :

  • Telur orak – arik :

    menggunakan olahan telur, daging ayam, potongan bawang merah & putih, garam, lada bubuk dan sebagainya.

  • Telur ayam balado bumbu pedas :

    menggunakan telur ayam kampung dengan tahu, bawang merah & putih, cabai merah dan bumbu lain. Untuk cita rasa dari telur ini yakni gurih dan pedas, sehingga cocok untuk santapan makan siang dan makan malam.

  • Telur omelet :

    menggunakan telur dan bahan mie instan goreng dengan cara digoreng. Cocok untuk santapan menu makan yang simpel dan sederhana bagi keluarga.

Kisaran harga telur ayam di toko online

Bagi Anda yang saat ini membutuhkan bahan telur untuk perlengkapan bahan masakan di rumah, ada baiknya berbelanja di Blibli.com. Di toko ini Anda bisa memilih beberapa kisaran harga telur ayam sebagai berikut :

  • Telur Ayam Negeri Pack seharga Rp 14.500 ribu.

  • Telur Ayam Negeri 1 kilogram dengan harga Rp 22.500 ribu.

  • Telur Ayam Kampung Asli per butir Rp 3.500 ribu.

  • Telur Ayam Negeri Fresh 500 gram seharga Rp 18.000 ribu.

  • Telur Ayam Kampung 20 butir Rp 85.000 ribu.