Tips Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Dengan Mudah Untuk Pemula

Menghasilkan uang dari blog bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang cukup menarik. Pasalnya, dengan penghasilan yang didapatkan, Anda bisa mendapatkan income pasif dengan nominal yang relatif besar. Terlebih, saat ini, blog juga menjadi salah satu sumber referensi yang digunakan banyak orang untuk mencari informasi.

Sekilas, memang mendapatkan penghasilan dari blog terbilang cukup sederhana dan menyenangkan. Namun, di balik impian indah tersebut, tentu saja Anda harus mengetahui tips membuat blog yang menghasilkan uang. Karena faktanya, langkah yang harus dicapai sebelum bisa menghasilkan uang dari blog cukup panjang.

Lantas, apa saja tips mendasar membuat blog hingga nantinya Anda bisa menghasilkan uang dari blog tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Tips Mendasar Membuat Blog dan Menghasilkan Uang

Berbincang tentang tips membuat blog dan menghasilkan uang dari blog tersebut, ada beberapa tips mendasar yang cukup penting untuk diketahui dan menjadi indikator awal. Nah, di bawah ini beberapa tips dasar yang perlu Anda lakukan untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog.

1) Membeli domain dan hosting

Ketika Anda ingin membuat blog yang bisa menghasilkan uang, maka Anda perlu membeli domain dan hosting terlebih dahulu. Ini adalah hal yang sangat penting karena dengan keduanya akan membantu Anda untuk memiliki blog yang lebih profesional.

Domain adalah nama unik yang digunakan untuk melakukan identifikasi alamat server. Dengan memiliki domain tersebut, maka Anda akan memiliki nama blog yang lebih personal dan terlihat lebih profesional.

Di sisi lain hosting adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan file dan data website. Dengan memiliki hosting, maka Anda akan lebih mudah menyimpan file yang digunakan untuk membangun blog tersebut. Hosting tersedia dengan cukup banyak opsi yang dibedakan dari kapasitas penyimpanannya.

Baca juga : VPS murah Indonesia pengganti hosting.

2) Tentukan platform blog

Untuk membangun blog, maka Anda perlu menggunakan platform blog yang tersedia. Dua platform yang sangat populer dan banyak digunakan, terutama di Indonesia, adalah Blogger dan WordPress.

Dari dua platform tersebut, untuk membuat blog yang profesional, ada baiknya jika Anda menggunakan WordPress. Hal ini cukup beralasan karena WordPress menyediakan lebih banyak plugin untuk meningkatkan performa dari blog. Selain itu, WordPress juga akan memberikan keleluasaan yang lebih untuk mengembangkan blog.

3) Riset keyword

Tips lain untuk membuat blog dan menghasilkan uang dari blog tersebut adalah melakukan riset keyword. Keyword adalah kata kunci yang sering diketik pada kolom pencarian Google. Tentu saja, semakin banyak pencarian, maka potensi untuk mendapatkan pengunjung akan menjadi lebih besar.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa ada persaingan keyword yang terjadi. Semakin banyak pencarian terhadap keyword tertentu, langkah untuk melakukan pengembangan umumnya akan menjadi lebih susah.

Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda mencari keyword dengan persaingan yang cenderung ringan terlebih dulu. Jika nantinya blog yang Anda kelola sudah kiat, maka Anda bisa membuat konten dengan keyword bervolume besar dan melakukan persaingan.

4) Buat konten yang menarik dan bermanfaat

Kekuatan terbesar dari blog adalah pada konten. Oleh karenanya, setelah melakukan riset pada keyword yang hendak digunakan, maka Anda harus membuat konten blog yang menarik serta bermanfaat bagi orang lain.

Memang, banyak blog yang membahas konten dengan tema yang sama. Namun, dalam hal ini, Anda harus mengemas konten dengan lebih menarik sehingga pengunjung pun nantinya akan cenderung betah berlama-lama berada di blog yang Anda kelola.

5) Share di sosial media

Mendapatkan pengunjung adalah hal yang sangat penting dalam pengelolaan blog. Semakin banyak pengunjung yang Anda dapatkan, maka semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan uang dari internet tersebut.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan membagikan konten yang Anda buat tersebut di berbagai platform media sosial.

Hanya saja, Anda perlu strategi ketika membagikan konten tersebut. Untuk menghindari bounce rate yang tinggi, maka akan lebih baik jika Anda membagikan konten tersebut ke pertemanan atau group yang memiliki minat serta ketertarikan yang sama.

6) Menggunakan teknik SEO dan mendaftarkan di Google AdSense

Setelah blog jadi dan konten berkualitas dibuat, maka Anda harus melakukan optimasi konten tersebut. Nah, untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan teknik SEO.

Secara umum, teknik SEO dibagi menjadi dua, yaitu SEO on page dan SEO off page. Kombinasi dari keduanya nantinya akan memudahkan konten untuk berada di page one Google.

Selain itu, tentu saja, Anda harus mendaftarkan blog tersebut ke Google AdSense untuk menjadi publisher iklan. Apabila blog yang Anda kelola sudah diterima di Google AdSense, maka Anda bisa mulai mendapatkan penghasilan.

Nah, beberapa hal di atas adalah ragam tips yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang dari blog. Tentu, Anda perlu melakukan riset strategi yang tepat karena biasanya algoritme Google akan berubah dan berpengaruh pada penghasilan.