Bagaimana Cara Mengatasi Gatal Akibat Kulit Kering?

Pada saat mengalami kulit kering dan gatal memang tidak bisa dianggap sepele. Apalagi ketika kondisi sudah gatal dan digaruk justru akan mengakibatkan hal yang sangat fatal.

Terjadinya kulit gatal ini disebabkan karena beberapa hal dan harus benar-benar untuk diperhatikan. Akan tetapi, untuk sekarang ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit gatal akibat kering. Sedangkan untuk anda yang penasaran bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Gatal Akibat Kulit Kering

Ketika anda mengalami kulit kering tidak perlu merasa khawatir lagi. Karena ada beberapa cara yang dapat digunakan. Untuk beberapa cara yang dapat digunakan oleh anda adalah:

1. Menggunakan Pelembab

Cara yang paling utama bisa dengan menggunakan lotion untuk kulit kering secara rutin supaya dapat mengatasi kulit gatal dan kering. Usahakan untuk menggunakan pelembab secara rutin setelah mandi.

Dengan penggunaan pelembab ini mempunyai satu tujuan yang sangat penting. Satu tujuan tersebut adalah supaya kulit tetap terjaga kelembabannya. Usahakan memilih pelembab yang mempunyai kandungan sangat ringan.

2. Teliti Pada Saat Memilih Sabun Mandi

Masih banyak dari kalangan masyarakat yang memilih sabun mandi secara sembarangan. Padahal sabun mandi yang digunakan pada setiap hari ini mempunyai kandungan deodorant dan pewangi.

Selain itu, sabun juga mempunyai beberapa kandungan kimia yang menyebabkan kulit gatal dan juga kering. Maka dari itu, sangat disarankan untuk anda selalu menggunakan atau memilih produk sabun mandi secara teliti.

Sangat disarankan untuk memilih sabun mandi yang mempunyai kandungan bahan kimia sangat ringan. Selain itu pilih saja sabun mandi yang mempunyai kandungan hypoallergenic. Sehingga untuk kulit yang sensitif tidak masalah ketika menggunakan jenis sabun tersebut.

Satu hal penting lainnya adalah selalu membatasi ketika mandi sedang berlangsung. Usahakan anda mandi cukup dengan waktu 10 sampai dengan 15 menit saja dan selalu gunakan air hangat jangan terlalu panas. Apabila menggunakan air yang terlalu panas justru dapat mengikis kelembaban pada kulit.

3. Mengompres Kulit Dengan Es batu

Untuk cara kali ini masih banyak dari kalangan masyarakat yang belum mengerti. Tanpa disadari dengan melakukan kompresan pada kulit gatal bisa langsung mereda.

Langkah yang dapat dilakukan adalah menutup kulit kering dan gatal dengan lap yang sudah basah dan dingin. Selain itu, jangan pernah menggaruk di bagian kulit yang gatal tersebut.

4. Menggunakan humidifier

Apabila sering melakukan aktivitas di ruangan yang berAC pasti sering mengalami kulit kering. Maka dari itu, untuk solusi yang bisa diambil adalah dengan menggunakan humidifier.

Dengan menggunakan humidifier ini bisa membantu dapat melembabkan udara ruangan, sehingga untuk kulit yang kering bisa diatasi secara cepat dengan cara satu ini. Anda bisa melihat rekomendasi humidifier terbaik di Youtube maupun website rekomendasi produk seperti pickybest lengkap dengan tips memilihya.

Selain itu, untuk anda yang mempunyai alergi kulit juga sangat disarankan untuk menggunakan humidifier. Sudah banyak kalangan masyarakat yang membuktikan juga bahwa dengan menggunakan humidifier bisa mengatasi permasalahan kulit kering dan gatal.

5. Menghindari Asap Rokok

Cara yang paling akhir anda bisa menghindari asap rokok. Tentunya asap rokok ini dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan di dalam organ tubuh manusia. Selain itu, dengan asap rokok juga bisa membuat kulit manusia menjadi kering dan sangat kasar.

Untuk hal tersebut bisa terjadi karena rokok dapat menyebabkan aliran darah pada kulit menjadi kurang lancar. Sehingga dengan paparan asap rokok ini bisa memperparah gejala ekstrim yang membuat kulit menjadi gatal dan kering.

Kulit kering dan gatal memang bukan menjadi salah satu penyakit yang sangat kronis. Akan tetapi untuk anda yang sedang mengalami permasalahan tersebut juga tidak ada salahnya ketika menggunakan beberapa cara diatas.

Permasalahan kesehatan baik yang terlihat maupun yang tak terlihat memang penting. Selalu menjaga kewaspadaan untuk merawat tubuh menjadi prioritas yang mau tidak mau harus dilakukan.