Tips Mendekor Kamar Tidur Agar Lebih Nyaman

Kamar tidur menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Menciptakan tampilan kamar tidur yang stylish tapi tetap nyaman menjadi tantangan tersendiri. Meskipun ingin kamar tidur dengan suasana tenang dan rileks untuk beristirahat, terkadang kita menginginkan adanya pembaruan di dalam kamar tidur agar tidak monoton.

Lalu, bagaimana cara mendekor dan mewujudkan nuansa itu dalam kamar tidur? Berikut ini rangkuman sejumlah elemen kunci yang bisa digabungkan untuk mendapatkan desain kamar tidur yang nyaman tapi tidak membosankan.

Gunakan Warna yang Lembut

Warna menjadi elemen penting untuk ruangan apapun. Warna juga bisa membuat perbedaan yang signifikan di kamar tidur Anda. Jika Anda ingin kamar dengan tampilan yang menenangkan dan memudahkan Anda tertidur di malam hari, mengganti dinding kamar dengan warna yang soft bisa menjadi pilihan terbaik.

Coba gunakan warna biru muda atau hijau mint di dinding kamar untuk menciptakan nuansa santai. Tapi jika lebih suka tampilan yang lebih netral, krem atau abu-abu bisa jadi pilihan. Warna lembut seperti peach juga bisa memberikan tampilan dan suasana yang nyaman.

Beri Sentuhan Elemen yang Cantik

Mengingat kamar tidur adalah ruangan yang penting, Anda bisa memberikan sentuhan elemen unik. Salah satu contoh yang paling gampang adalah memilih tempat tidur yang unik dan menarik perhatian. Bila kamar tidur Anda cukup besar, gaya empat tiang atau tempat tidur dengan kanopi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sementara jika Anda memiliki kamar tidur yang kecil, pilihlah tempat tidur yang memiliki dimensi lebih kecil namun tetap mencolok. Anda juga bisa mengaplikasikan headboard.Bila ingin ada sentuhan alami dan natural, Anda bisa meletakkan beberapa tanaman hias berukuran kecil yang bisa mempercantik kamar tidur Anda sekaligus memberikan kesan yang segar sepanjang hari.

Pilih Pencahayaan yang Tepat

Sama halnya seperti memilih warna terbaik untuk dinding kamar tidur, memilih pencahayaan yang tepat juga sangat membantu untuk menciptakan kamar tidur yang tenang dan memberi nuansa nyaman. Kuncinya adalah ambient dan task lighting agar pencahayaan tidak terlalu kuat atau terlalu terang sehingga membuat silau.

Anda bisa memilih lampu gantung jika ingin menambahkan sentuhan unik dan dekoratif pada kamar tidur. Jangan lupa untuk menghubungkannya ke saklar peredup untuk memudahkan Anda mencerahkan atau menggelapkan kamar tidur sesuai dengan kebutuhan.

Bila Anda menggunakan kamar tidur sekaligus sebagai ruang kerja, Anda bisa memilih lampu meja yang sederhana untuk nakas. Selain itu bisa juga lampu yang disematkan di dinding

Lengkapi Kamar Dengan Tirai

Kamar tidur merupakan ruangan yang bersifat pribadi. Jadi sebisa mungkin privasi di dalam kamar tidur tetap terjaga. Di siang hari, jendela bisa dibuka agar cahaya alami bisa masuk dalam kamar dan memberikan nuansa yang cerah di kamar. Namun, di malam hari, tentunya Anda tidak ingin ada tetangga ataupun orang lewat yang bisa melihat ke dalam ruang kamar Anda.

Jadi, lengkapi jendela kamar tidur Anda dengan tirai yang cantik untuk mengontrol jumlah cahaya yang masuk dalam kamar. Selain itu, privasi Anda juga akan terjaga. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih mewah sekaligus dramatis, Anda bisa memasangkan tirai yang terbuat dari bahan material yang mewah, misalnya sutra ataupun beludru yang agak tipis.

Anda bisa membuka tirai di siang hari agar ruangan kamar mendapatkan sinar matahari dan menutup tirai di malam hari saat akan tidur. Jika tidak suka tampilan mewah dan lebih suka tampilan kasual, Anda bisa memasang tirai yang sederhana.

Pastikan Kamar Selalu Rapi

Meskipun warna dinding kamar tidur yang lembut dan pencahayaan yang sesuai mampu memberi tampilan kamar tidur yang rileks dan menenangkan, Anda tentu tidak akan merasa nyaman kamar tidur berantakan.

Memaksimalkan penyimpanan adalah kunci jika Anda ingin kamar selalu rapi dan teratur sepanjang hari. Selain lemari dan meja rias, Anda bisa meletakkan tempat sampah kecil berbahan plastik atau keranjang anyaman kecil yang pas diletakkan di sudut dalam kamar.

Jika gemar membaca buku sebelum tidur, Anda juga bisa menambahkan rak buku agar buku-buku favorit Anda tetap tertata rapi dan tidak berserakan. Dengan memaksimalkan penyimpanan dan menjaga kerapian, kamar tidur akan nyaman untuk ditempati karena barang-barang tidak ada yang bertumpuk di lantai kamar.

Itulah sejumlah elemen kunci yang bisa digabungkan untuk mendapatkan desain kamar tidur yang nyaman tapi tidak membosankan. Bila ingin mencari barang-barang yang cantik untuk mendekor kamar tidur, Anda bisa menemukan semua yang Anda cari di Blibli. Gratis poin Blibli Rewards untuk member baru dan rasakan kemudahan berbelanja dengan berbagai promo menarik hanya di Blibli.