Avatar jogloabang
Posted by jogloabang on March 18, 2011

Pada saat pemutaran pertama film dokumenter linimas(s)a di rumah blogger Indonesia, Solo. Markas komunitas Bengawan di Solo, pada akhir bulan Februari 2011 yang lalu. Mendapatkan kabar langsung dari Donny BU dan Internet Sehat yang memiliki gawe untuk memberikan hosting kepada para pelaku dan pekerja masyarakat yang berkomunitas untuk mendapatkan layanan hosting nonprofit dari KALAMKATA dengan dukungan dari APJII, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, HIVOS, Gunadarma dan ICT Watch. Pada awal informasi adalah bahwa KALAMKATA.ORG menyediakan hosting dengan harga Rp. 170.000, domain beli sendiri, 170 MB space hosting, 17 akun email, 17 subdomain, 17 akun FTP. Hal ini adalah sesuatu yang menarik, disamping sebuah LSM Yayasan Air Putih yang juga menyediakan free hosting untuk lembaga nirlaba atau LSM. Segera Jogloabang Community menyambut dengan memindahkan hosting ke KALAMKATA.ORG. Adapun fasilitas adalah Cpanel, dengan auto script install on the fly Softaculous yang mengatasi beberapa bug kesulitan dibandingkan dengan Fantastico. Sotftaculous menyediakan script dari Microblogging Status.net hingga Portal CMS, dan banyak lagi seperti Gaming, Social Networking, Gallery image serta lebih banyak lagi sehingga dengan keawaman pengetahuan pun akan dengan mudah menginstall Blogging Machine seperti Wordpress dan lain sebagainya. Sebagaimana di posting dalam laman Tentang KalamKatabahwa:

KalamKata adalah program kerjasama antara APJII, Hivos, Gunadarma dan ICT Watch. Untuk infrastruktur berupa server, co-location, bandwidth dan IP, didukung oleh APJII. Untuk sumber daya pengembangan, didukung oleh Hivos. Untuk pengelolaan teknis, didukung oleh Gunadarma dan ICT Watch. Tujuan dari KalamKata adalah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siapapun pihak di Indonesia (non-individual) yang secara aktif dan nirlaba berniat mengembangkan konten lokal yang positif, bermanfaat dan menarik di Indonesia. Selain itu, KalamKata juga pro pada perjuangan menegakkan kebebasan berekspresi dan berinformasi yang bertanggungjawab serta berusaha menekan seminimal mungkin campur tangan pihak lain yang dapat mempengaruhi, menghambat atau mereduksi perjuangan tersebut. Adapun sumber daya manusia pengelola server KalamKata adalah: * Onno W. Purbo (general adviser) – Praktisi TI Indonesia * Sammy Pangerapan (infrastructure adviser) – APJII * Shita Laksmi (development adviser) – Hivos * M. Akbar Marwan (strategic planner) – Universitas Gunadarma * Donny B.U. (strategic planner) – ICT Watch * Ahmad Aminuddin (tactic) – ICT Watch * Yan Aryanto (tactic) – ICT Watch Pengelolaan sehari-hari operasional server KalamKata ini dilakukan oleh tim ICT Watch. Untuk informasi lebih lanjut atau pengajuan pertanyaan, dapat melalui email support[at]kalamkata.org atau support[at]ictwatch.com.

Maka mari bagi para pegiat dan insan peduli tentang pengembangan dan aplikasi tehnologi informasi dan komunikasi yang bekerja untuk masyarakat menggunakan layanan ini dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana tujuan dari komunitas yang selalu bergerak untuk membangun bangsa, entah di desa, kota, untuk masyarakat semuanya agar bisa menggunakan dan memahami informasi dan tehnologi sebagai sebuah wahana yang bagaimanapun juga mau tidak mau harus terlibat demi Indonesia yang lebih baik.