Cek Virus Corona: Rapid Test dan PCR, Apa Bedanya?

Kasus positif virus corona kini semakin melonjak di Indonesia. Hal ini membuat pemerintah daerah mengambil upaya untuk melakukan Rapid Test atau tes serologis kilat pada warganya. Upaya ini bertujuan untuk memberikan penanganan secara cepat terhadap potensi penyebaran virus COVID-19. Rapid Test sering dianggap sebagai cara untuk mendiagnosa seseorang apakah positif terinfeksi coronavirus atau tidak. Namun, metode cek virus corona ini sebenarnya hanya merupakan screening awal terhadap coronavirus saja. Jika seseorang dinyatakan positif setelah menjalani Rapid Test, maka selanjutnya harus menjalani tes PRC atau Polymerase Chain Reaction untuk mengonfirmasi hasil tes tersebut.

Inilah Perbedaan Rapid Test dengan Tes PCR

Meskipun Rapid Test dan Tes PCR sama-sama bertujuan untuk mendeteksi infeksi virus corona, namun keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Berikut adalah beberapa perbedaan metode cek virus corona tersebut:

  1. Fungsi Tes

    Sama-sama dilakukan dengan tujuan untuk menguji adanya coronavirus, kenyataannya Rapid Test dan Swab Test memiliki tujuan yang sangat berbeda. Rapid Test adalah tes massal yang berfungsi untuk melakukan screening terhadap potensi kasus positif coronavirus di masyarakat. Sementara itu, Swab Test atau Tes PCR berfungsi sebagai standar yang dianjurkan oleh World Health Organization (WHO) untuk mendiagnostik coronavirus.

  2. Alat dan Metode

    Bukan hanya fungsinya saja yang berbeda, alat dan metode yang digunakan untuk melakukan test juga berbeda. Metode pengujian pada Rapid Test dilakukan secara massal menggunakan sampel darah.

    Sampel darah tersebut dicek menggunakan alat tes darah yang bentuknya mirip seperti alat tes kehamilan atau disebut dengan Rapid Test Kit. Tujuan tes ini adalah untuk melihat adanya reaksi antara antibodi atau zat imunoglobulin yang terbentuk saat terserang oleh virus.

    Sementara pada Swab Test, metode pengujian dilakukan menggunakan sampel swab dari mulut, hidung, atau tenggorokan. Hasil sampel swab tersebut kemudian dites menggunakan metode PCR. Metode ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya DNA dari virus corona.

  3. Lama Waktu Pengujian

    Lama waktu untuk mendapatkan hasil Rapid Test tergolong sangat singkat. Biasanya, hasilnya bisa diperoleh 10 – 15 menit setelah pengujian. Sementara itu, lama waktu pengujian Swab Test tergolong lebih lama. Biasanya, hasil Swab Test baru bisa diketahui setelah 2 – 7 hari pengujian. Hal ini mengingat bahwa pada rangkaian tes PCR cukup rumit dilakukan.

  4. Tempat Test atau Pengujian

    Metode Rapid Test cukup sederhana dan mudah dilakukan. Sehingga, uji ini bisa dilakukan di ruangan laboratorium rumah sakit maupun puskesmas. Sementara itu, rumitnya metode Swab Test membuat tes ini hanya dapat dilakukan di laboratorium khusus yang telah berstandar BSL 2 atau Biosafety Level 2.

  5. Akurasi Hasil Uji

    Dibandingkan Rapid Test, Swab Test tentu terbilang lebih akurat. Hal ini disebabkan karena antibodi tidak akan langsung terbentuk meskipun tubuh telah terinfeksi coronavirus. Setidaknya, antibodi akan terbentuk setelah 7 hari sejak tubuh terinfeksi. Sehingga, hasil Rapid Test seringkali kurang akurat. Maka dari itu, Rapid Test hanya digunakan sebagai skrining awal saja. Jika mendapatkan hasil positif, maka harus dipastikan keakuratan hasilnya dengan melakukan Swab Test.

Itulah beberapa perbedaan antara kedua metode cek virus corona. Jadi, meski keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk mendeteksi adanya infeksi coronavirus, namun banyak perbedaan diantara dua metode tersebut. Bahkan, untuk keakuratan hasil uji pun berbeda, dimana Swab Test sangat akurat sementara Rapid Test kurang akurat.

Saat ini untuk melakukan Rapid Test sangat mudah sekali, karena hadir sebuah aplikasi yang bernama Halodoc. Dalam aplikasi tersebut tidak hanya bisa menjalin janji untuk rapid test saja, namun ketika Anda memiliki masalah yang terdapat di tubuh, Anda bisa berkonsultasi melalui dokter profesional. Tidak hanya itu, dalam Halodoc ini Anda juga dapat membuat janji dengan dokter.