Cara Mengunduh Sertifikat Vaksin

Cara Mengunduh Sertifikat Vaksin

Sudah install aplikasi PeduliLindungi.id belum? Aplikasi ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi Pandemi COVID-19 sekarang ini. Selain mengaetahui lokasi pengguna, memberitahu keamanan lokasi apakah zona merah atau hijau. Peduli Lindungi juga tempat untuk mendaftar vaksinasi. Pun setelah divaksinasi Peduli Lindungi juga tempat untuk mengunduh sertifikat vaksin COVID-19. Nah bagaimana cara mengunduh sertifikat vaksin?

Pada batch-batch vaksinasi yang terdahulu mungkin sertifikat vaksinasi dapat diunduh dengan link yang di smskan, namun saat ini sepertinya berbeda jadi bagaimana cara mengunduh sertifikat vaksin COVID-19 sekarang melalui pedulilindungi.id?

Cara unduh sertifikat vaksinasi COVID-19 dapat dilakukan dengan mendaftarkan diri di web ataupun aplikasi Pedulindungi. Aplikasi untuk Android ataupun untuk iOS. Setelah terdaftar sesuai nama, NIK, Nomor Ponsel dan Email, maka akan mendapatkan kode OTP SMS, untuk memverifikasi, atau email verifikasi juga. Setelah bisa login maka jika memang sudah divaksin maka sertifikat akan muncul di tombol profil, sebelah kanan atas. Apa itu PeduliLindungi, berikut di kutip dari laman resmi PeduliLindungi.ID.

Cara Mengunduh Sertifikat Vaksin via Laman PeduliLindungi.id

  1. Buka laman pedulilindungi.id;

  2. Klik menu login atau register yang berada di sudut kanan atas;

  3. Isi nama lengkap sesuai KTP dan nomor ponsel yang aktif;

  4. Klik "Buat Akun";

  5. Kode OTP akan dikirim ke nomor ponsel yang didaftarkan melalui SMS;

  6. Setelah memiliki akun, login dengan menggunakan nomor ponsel yang aktif;

  7. Masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS;

  8. Klik panah bawah pada nama yang terletak di sudut kanan atas;

  9. Pilih "Sertifikat Vaksin";

  10. Pilih menu "Sertifikat Vaksin" yang berada di samping kiri;

  11. Sertifikat vaksin akan ditampilkan di sebelah kanan;

  12. Klik gambar sertifikat untuk memperbesar;

  13. Klik unduh untuk menyimpan sertifikat vaksin;

  14. Selesai, Logout jika mau keluar.

Cara Unduh Sertifikat Vaksin

Cara Unduh Sertifkat Vaksin via Aplikasi PeduliLindungi

  1. Unduh dan instal aplikasi Pedulilindungi di Playstore atau App store;

  2. Klik login jika sudah mempunyai akun;

  3. Pilih register apabila belum mempunyai akun;

  4. Masukkan nama lengkap, NIK, dan nomor ponsel;

  5. Masukkan 6 digit kode OTP yang dikirim melalui SMS;

  6. Klik "Paspor Digital";

  7. Klik "Nama" untuk memunculkan sertifikat vaksin;

  8. Pilih sertifikat vaksin;

  9. Klik unduh untuk menyimpan sertifikat vaksin;

Cara Unduh Sertifikat Vaksin COVID-19

Apa itu PeduliLindungi?

Dikutip dari laman Pedulilindungi. PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Bagaimana PeduliLindungi bekerja?

Pada saat Anda mengunduh PeduliLindungi, sistem akan meminta persetujuan Anda untuk mengaktifkan data lokasi. Dengan kondisi lokasi aktif, maka secara berkala aplikasi akan melakukan identifikasi lokasi Anda serta memberikan informasi terkait keramaian dan zonasi penyebaran COVID-19.

Hasil tracing ini akan memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi siapa saja yang perlu mendapat penanganan lebih lanjut agar penghentian penyebaran COVID-19 dapat dilakukan. Sehingga, semakin banyak partisipasi masyarakat yang menggunakan aplikasi ini, akan semakin membantu pemerintah dalam melakukan tracing dan tracking.

PeduliLindungi sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda. Data Anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.