Bayar Tagihan Listrik Membengkak? 5 Cara Ini Dapat Menghemat Listrik

Mungkin Anda sering merasa pemakaian listrik di rumah atau tempat Anda biasa-biasa saja, tetapi ketika cek tagihan listrik hasil tagihannya membengkak dan jadi bayar mahal. Maka, cara dalam menghemat pemakaian listrik sangat penting untuk diketahui.

Semakin tinggi penggunaan barang-barang elektronik memang mempengaruhi tarikan listrik di rumah Anda. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Anda tetap dapat menggunakan listrik dengan optimal dengan cara-cara ini.

Tanpa harus dibatasi penggunaannya, cara agar tagihan listrik tetap murah sangat mudah untuk dilakukan. Karena, Anda hanya perlu lebih rajin memperhatikan dan lebih disiplin dalam kebiasaan penggunaannya.

Berikut cara-cara yang sudah terbukti dapat menghemat pemakaian listrik di rumah Anda.

1. Lepas Steker atau Colokan Jika Tidak Digunakan

Ini kebiasaan yang kerap kali terjadi tanpa disadari. Kalau Anda sering melakukannya, maka sebaiknya kebiasaan ini harus segera dihindari. Karena, ketika Anda lupa mencabut colokan hingga seharian itu menyebabkan akan terus menyedot daya, dan tentunya menjadi salah satu faktor yang membuat listrik mahal.

Dengan memperhatikan kebiasaan kecil ini, Anda dapat lebih menghemat pemakaian listrik Anda. Hal kecil yang bisa dilakukan adalah dengan memulai mencabut colokan-colokan yang tidak terpakai, seperti setelah charge handphone Anda, setelah selesai Anda bisa langsung mencabut colokannya.

2. Tidak Menyalakan Lampu Ketika di Siang Hari

Kalau kebiasaan ini, mungkin terjadi ketika rumah atau tempat tinggal Anda memiliki ruang yang gelap atau kurangnya ventilasi. Maka, ini akan membuat boros setiap hari.

Untuk mengurangi hal tersebut, Anda harus sebisa mungkin tidak menyalakan lampu di siang hari. Manfaatkan cahaya dari luar, seperti dari jendela atau ventilasi. Karena akan lebih menghemat pemakaian dan sirkulasi udara lebih sejuk dan lebih sehat.

3. Tidak Sering Membuka Tutup Pintu Kulkas

Biasanya ini terjadi, ketika sedang mencari bahan makanan saat masak ataupun mencari makan ketika lapar. Sebisa mungkin untuk tidak membuka kulkas terlalu sering. Karena tarikan listrik ketika buka tutup kulkas lebih tinggi dan menyebabkan tarikan daya lebih kuat.

Karena umumnya, tarikan daya kulkas satu pintu itu sekitar 50 hingga 80 watt. Untuk yang dua pintu sekitar 100 hingga 120 watt.

Apalagi saat Anda sering membuka tutup pintu kulkas atau membukanya lama hingga lebih dari 30 detik, itu akan membuat kulkas menjadi berusaha keras untuk mengembalikan suhu dinginnya kembali.

Untuk menghindarinya, buka kulkas saat butuh dan ambillah barang seperlunya.

4. Tidak Selalu Menggunakan Pengering di Mesin Cuci

Dengan sesekali menggunakan cahaya matahari sebagai pengering alami, dapat membuat hemat pemakaian listrik Anda. Karena, ketika Anda mencuci di mesin cuci rata-rata membutuhkan daya listrik 250 hingga 300 watt. Ketika, Anda memakai pengering maka tarikannya menjadi dua kali lipat.

Itulah mengapa, kadang-kadang mengeringkan pakaian secara manual lebih disarankan untuk menghemat pemakaian listrik.

5. Menggunakan Listrik Prabayar atau Pulsa

Mulailah dengan menggunakan listrik prabayar atau pulsa, atau istilah lainnya token listrik. Ini merupakan salah satu cara agar listrik tetap murah dan lebih terpantau pemakaiannya.

Sebab, ketika Anda memakai listrik terlalu boros maka listrik pun otomatis langsung mati.

Untuk selalu dapat berhemat dalam menggunakan listrik, Anda dapat cek tagihan listrik secara offline di berbagai kios-kios terdekat ataupun melalui online seperti aplikasi Flip.

Kenapa dengan Flip? Karena dengan aplikasi Flip Anda dapat lebih berhemat dalam membayar tagihan listrik baik yang menggunakan listrik prabayar maupun pascabayar.

Di Flip itu pembelian token listrik sangat murah karena hanya dengan biaya Rp.500 untuk biaya admin-nya. Selain lebih hemat, Flip juga aman karena telah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia sejak tanggal 4 Oktober 2016 dengan nomor 18/196/DKSP/68. Flip tidak berada pada perizinan OJK, karena Flip adalah perusahaan transfer dana yang berada di pengawasan Bank Indonesia.

Jadi, Anda sudah tidak pusing lagi dengan tagihan listrik yang membengkak, karena Anda bisa menghematnya dengan cara yang mudah.

[ Sumber gambar : unplash.com/tanerardali ]