Avatar jogloabang
Posted by jogloabang on May 21, 2017
niken widiastuti dirjen ikp

Kemenkominfo dalam hal ini Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik pada tanggal 20 Mei 2017 di Hotel Santika Yogyakarta melakukan Temu Lembaga Komunikasi Sosial dan Komunitas dengan tema . Komunitas yang hadir diantaranya adalah Masyarakat Digital Jogja (Masdjo), Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan lain-lain. Diseminasi juga sempat dihadiri oleh Dirjen IKP Retno Widiastuti, Kadin Kominfo DIY Ir. Ronny Primanto dan menjadi presenter adalah Bapak Gun Gun Suwadi, MSi Staf ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Masyarakat, dan Adhi Safitra dari Pegiat Masyararakat Anti Hoax.

Drs. Gun Gun Suwadi, MSi yang juga Staf ahli Menteri Kominfo bidang Komunikasi dan Media Masyarakat membeberkan permasalahan tentang berita hoax yang banyak menyebar di media sosial. Media sosial menjadi sarana mudah untuk penyebaran berita hoax karena bisa menjangkau banyak orang, terekam sehingga dapat diputar berulang-ulang dan dikirimkan berulang-ulang sehingga dapat mempengaruhi persepsi orang apalagi jika kebetulan orang yang menerimanya tidak jeli dan langsung membagikan berita tersebut melalui akunnya sendiri ke teman-temannya dalam media sosial. Dalam hal ini Kominfo memberikan sebuah solusi melalui email untuk melaporkan dan mencek apakah berita tersebut hoax atau tidak melalui email aduankonten#mail.kominfo.go.id. Juga beliau berbagi tentang tips dan triks mengatasi dan melawan berita hoax.

Adhi Safitra dari Solo, mewakili Masyarakat Anti Hoax menerangkan tentang TurnBackHoax dan berbagi cerita tentang bagaimana mengatasi berita bohong, bagaimana masyarakat anti hoax berjuang untuk memerangi hoax dan mengajak audiens untuk turut bergabung memerangi hoax. Masyarakat anti Hoax memiliki grup di Facebook yang membahas tentang berita-berita bohong dan jika ingin bergabung silakan join di .

Dirjen IKP R. Niken Widiastuti juga menyempatkan hadir dalam Temu Lembaga Komunikasi Sosial dan Komunitas yang bertema dengan memberikan input tentang bagaimana negara dirongrong dengan berita-berita bohong yang beredar di masyarakat yang mana akan bertujuan untuk menciptakan ketidakpercayaan terhadap pemerintah Indonesia. Bu Niken juga menambahan hastag untuk menyemangati NKRI dengan konten-konten positif yang tidak menyesatkan, namun memberikan semangat-semangat kebhinnekaan dan kebangsaan.

Temu Lembaga Komunikasi Sosial dan Komunitas berlangsung sangat singkat, sehingga diskusi tanya jawab berlangsung dengan kurang mendalam. Namun satu hal yang dapat dipetik adalah negara membutuhkan para pejuang-pejuang komunikasi sosial untuk mempertahankan kebhinnekaan dan kesatuan bangsa dari rongrongan ideologi lain selain Pancasila, terhindar dari perang proksi yang berwujud berita hoax untuk memecah belah bangsa, dan menyibukkan masyarakat dengan informasi yang tidak benar dan menyesatkan.

bijak hadapi hoax

bijak hadapi hoax

bijak hadapi hoax

bijak hadapi hoax

bijak hadapi hoax

bijak hadapi hoax

bijak hadapi hoax

cara mengenali hoax

cara mencegah hoax

cara menghadapi hoax