Diskusi dan Putar Film #BelakangHotel

Diskusi dan pemutaran film dokumenter "Belakang Hotel" akan kembali diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen Yogyakarta, dan acara ini mengundang segenap para pembaca dan pemerhati lingkungan, perubahan sosial, permasalahan sosial maupun yang hanya tergerak karena merasakan semakin sesaknya hawa kota. Undangan dan blogpost asli sebagaimana tertulis dibawah ini:

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta akan menyelenggarakan pemutaran dan diskusi film dokumenter “Belakang Hotel”, pada:

Hari/tanggal : Selasa, 27 Januari 2015
Pukul : 19.00 WIB
Tempat : Joglo Warung Jawi, Jl. Mondorakan, Klaster Dalem Sopingen KG 2 No. 859 Kotagede, Yogyakarta (Dari arah barat, 20 meter sebelum pasar Kotagede, belok kiri masuk gang sekitar 15 meter)
Pembicara :

  1. Dhandy Dwi Laksono (Watchdoc)
  2. Eko Riyadi (Direktur Pusat Studi Hak Asasi Manusia Universitas Islam Indonesia /PUSHAM UII)
  3. Marco Kusumawijaya (RCUS/Pakar Tata Ruang dan Perkotaan)

Moderator : Bambang MBK (Wartawan The Jakarta Post)

Menurunnya kualitas lingkungan hidup saat ini terjadi antara lain karena semakin berkurangnya pemahaman dan praktik tindakan berbasis budaya. Menghilangnya pemahaman pada tata nilai budaya yang benar mengakibatkan pembangunan justru menjadi musuh utama pelestarian lingkungan. Kebutuhan akan perubahan selalu diterjemahkan sebagai mengadakan hal yang baru, meninggalkan yang lama, dan seolah-olah itu menjadi solusi yang nir-dampak. Praktik salah kaprah itu diperkuat dengan lemahnya perencanaan dan pengawasan dalam proses formal pembangunan, sehingga menjadikan pembangunan justru semakin pada posisi kontraproduktif dengan upaya pelestarian lingkungan. Penyelenggaraan pemerintahan yang korup menjadi salah satu faktor yang memperbesar potensi kerusakan sebagai akibat dari pengabaian prinsip-prinsip di atas.

Acara ini terbuka untuk umum.

Kontak & Informasi acara:

[ Sumber asli : Buka Mata, Jaga Jogja Berbudaya — Screening #BelakangHotel & Diskusi ]