Avatar jogloabang
Posted by jogloabang on November 28, 2017
gunung agung

Pulau Dewata dengan Gunung Agungnya yang sangat eksotik dan indah. Kemarin pada 26 November 2017 memperlihatkan keperkasaannya dengan dentuman dan asap setinggi lebih dari 3 kilometer. "Terhitung sejak hari ini, Senin 27 November 2017 pukul 06.00 WITA, status Gunung Agung dinaikkan dari level III (siaga) menjadi level IV (awas)," kata Suantika, seperti dikutip dari KOMPAS.com, Senin (27/11/2017)

Dikutip dari Tribunnews.com : Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, I Gede Suantika menjelaskan, Minggu (25/11/2017) malam telah terekam dua kali dentuman disela kepulan asap yang terus menerus keluar dari kawah Gunung Agung.

"Dentuman itu terekam dari alat seismograf kita, yang mempunyai spektrum gelombang punya frekuensi 20 Hz. Jadi setiap 20 Hz, itu sudah kami anggap dentuman," jelas I Gede Suantika. Ia menjelaskan, detuman itu terjadi karena semburan abu vulkanik yang menyembur keatas kawah, memiliki volume berlebih. Sementara lubang yang dilewatinya cenderung sempit, sehingga hal ini menyebabkan suara dentuman.

"Suara dentuman ini baru pertama kali terekam setelah Gunung Agung mengalami peningkatan aktivitas vulkanik," jelas Gede Suantika. Hal ini pun menunjukan Gunung Agung terus melalui fase atau menununjukan gejala letusan besar dikemudian hari. "Kita lihat besok dan sebulan kedepan. Kalau beracu pada letusan tahun 1963, situasi seperti ini terjadi sekitar sebulan sebelum letusan besar (eksplosif). Dikutip dari Tribunnews.

Jadi diperkirakan Gunung Agung masih menyimpan energi letusan jika melihat pengalaman tahun 1963.

Penerbangan Ke Bali terganggu situasi Gunung Agung