Avatar suryaden
Posted by suryaden on March 21, 2016
17 Tujuan SDGs

SDGs dibaca esdigi adalah kepanjangan dari Sustainable Development Goals. Sustainable Development Goals yang bahasa Indonesianya adalah Agenda Pembangunan Berkelanjutan diberlakukan sejak tanggal 1 Januari 2016 di seluruh dunia. SDGs adalah keberlanjutan dari MDGs atau Millenium Development Goals yang berakhir tahun 2015. SDGs belajar dari MDGs yang terlambat dalam pelaksanaannya dan akibatnya tidak semua tujuan MDGs dapat tercapai sehingga SDGs diperkenalkan lebih dini agar agenda selama 15 tahun kedepan dapat tercapai.

SDGs didalamnya ada 17 tujuan besar dan 169 target. Adapun Tujuan SDGs itu adalah:

  1. Mengakhiri segala bentuk kemiskinan
  2. Tidak ada kemiskinan dalam bentuk apapun di seluruh penjuru dunia.

  3. Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan peningkatan gizi, dan mencanangkan pertanian berkelanjutan
  4. Tidak ada lagi kelaparan, mencapai ketahanan pangan, perbaikan nutrisi, serta mendorong budidaya pertanian yang berkelanjutan.

  5. Menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan penduduk di segala usia
  6. Menjamin kehidupan yang sehat serta mendorong kesejahteraan hidup untuk seluruh masyarakat di segala umur.

  7. Menjamin kualitas pendidikan yang adil dan inklusif serta meningkatkan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua
  8. Menjamin pemerataan pendidikan yang berkualitas dan meningkatkan kesempatan belajar untuk semua orang, menjamin pendidikan yang inklusif dan berkeadilan serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang.

  9. Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan dan anak perempuan
  10. Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan kaum ibu dan perempuan.

  11. Menjamin ketersediaan dan manajemen air dan sanitasi secara berkelanjutan
  12. Menjamin ketersediaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua orang.

  13. Menjamin akses terhadap energi yang terjangkau, dapat diandalkan, berkelanjutan, dan modern
  14. Menjamin akses terhadap sumber energi yang terjangkau, terpercaya, berkelanjutan dan modern untuk semua orang.

  15. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkelanjutan, kesempatan kerja penuh dan produktif, serta pekerjaan yang layak untuk semua
  16. Mendukung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif, lapangan kerja yang penuh dan produktif, serta pekerjaan yang layak untuk semua orang.

  17. Membangun infrastruktur tangguh, mempromosikan industrialisasi inklusif dan berkelanjutan dan mendorong inovasi
  18. Membangun infrastruktur yang berkualitas, mendorong peningkatan industri yang inklusif dan berkelanjutan serta mendorong inovasi.

  19. Mengurangi ketimpangan dalam dan antar negara
  20. Mengurangi ketidaksetaraan baik di dalam sebuah negara maupun di antara negara-negara di dunia.

  21. Membuat kota dan pemukiman manusia yang adil, merata, aman, tangguh dan berkelanjutan
  22. Membangun kota-kota serta pemukiman yang inklusif, berkualitas, aman, berketahanan dan bekelanjutan.

  23. Menjamin pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan
  24. Menjamin keberlangsungan konsumsi dan pola produksi.

  25. Mengambil tindakan segera untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya
  26. Bertindak cepat untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya.

  27. Melestarikan samudera, laut dan sumber daya kelautan secara berkelanjutan untuk pembangunan berkelanjutan
  28. Melestarikan dan menjaga keberlangsungan laut dan kehidupan sumber daya laut untuk perkembangan pembangunan yang berkelanjutan.

  29. Melindungi, memulihkan dan meningkatkan pemanfaatan secara berkelanjutan ekosistem darat, mengelola hutan, memerangi desertifikasi, dan menghentikan dan memulihkan degradasi lahan dan menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati
  30. Melindungi, mengembalikan, dan meningkatkan keberlangsungan pemakaian ekosistem darat, mengelola hutan secara berkelanjutan, mengurangi tanah tandus serta tukar guling tanah, memerangi penggurunan, menghentikan dan memulihkan degradasi tanah, serta menghentikan kerugian keanekaragaman hayati.

  31. Meningkatkan masyarakat yang inklusif dan damai untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses terhadap keadilan bagi semua dan membangun institusi yang efektif, akuntabel dan inklusif di semua tingkatan
  32. Meningkatkan perdamaian termasuk masyarakat untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses untuk keadilan bagi semua orang termasuk lembaga dan bertanggung jawab untuk seluruh kalangan, serta membangun institusi yang efektif, akuntabel, dan inklusif di seluruh tingkatan.

  33. Memperkuat sarana pelaksanaan dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan
  34. Memperkuat implementasi dan menghidupkan kembali kemitraan global untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Perbedaan MDGs dan SDGs

perbedaan antara MDGs dan SDGs 

Infid telah membuat buku panduan SDGs untuk Pemerintah Kabupaten dan Kota, serta telah menunjuk Duta SDGs pada tanggal 24 Februari 2016 yaitu Sophia Latjuba dan Muhammad Farhan dari kelompok pekerja seni, Zoemrotin K. Soesilo dan Alissa Wahid dari perwakilan Masyarakat Sipil, dan Abdul Kholiq Arif mantan Bupati Wonosobo, Jawa Tengah. Duta SDGs ini akan bekerja untuk mengenalkan SDGs kepada pemerintah baik nasional maupun daerah untuk dapat melaksanakan Tujuan dan Target SDGs.

Tentu saja tujuan-tujuan besar dalam SDGs ini memiliki prasyarat untuk dapat dilakukan dan dicapai. Prasyarat tersebut tentunya seperti yang dikatakan oleh Presiden Majelis Umum PBB adalah jika dunia telah dama, man serta menghormati hak asasi manusia. Selain itu pemerintah juga akan berhasil mengimplementasikan SDGs jika mendapatkan partisipasi dari seluruh pihak yang memiliki kepentingan kuasa seperti anggota perwakilan rakyat, para pemimpin lokal, masyarakat lokal, masyarakat sipil, komunitas anak muda, komunitas agama, buruh dan pelaku bisnis serta semua akademisi di dunia.

SDGs dan Pemerintah Daerah

Pemda dan SDGs

Para politisi tentunya akan mendapat tekanan pada pelaksanaan SDGs ini kata seorang produser film asal Inggris yang bernama Richard Curtis. Karena gampang membuat janji-janji yang seperti ada dalam tujuan SDGs namun dalam pelaksanaan implementasinya, dia para politisi harus mampu menggandeng seluruh elemen masyarakat pun pula para musuh politiknya.

SDGs dan Nawacita

Sdgs dan Nawacita

Download Panduan SDGs dari INFID