Avatar mbahsangkil
Posted by mbahsangkil

Dari perbincangan saya dan suryaden tentang plugin SEO yang kami gunakan, ternyata kami berdua menggunakan plugin yang berbeda. Suryaden menggunakan Platinum SEO pack dan saya menggunakan All In One SEO pack. pada dasarnya kedua plugin tidak jauh berbeda, sama-sama menjadikan blog kita optimal pada search engine atau mesin pencari.

Untuk blogger pemula pengguna wordpress terkadang bingung untuk menentukan plugin SEO mana yang akan digunakan. Teman-teman blogger, pahami dulu dasar-dasar SEO, dalam hal ini onsite SEO. Onsite SEO berarti mengoptimalkan website atau blog kita supaya lebih bersahabat dengan mesin pencari atau search engine. Apa saja yang harus diperhatikan dalam melakukan Onsite SEO:

  1. Post titles and meta descriptions
  2. Permalink 
  3. XML Sitemaps
  4. canonical

Pada kedua plugin itu hal mendasar di atas sudah dipenuhi. AIO dan Platinum sama-sama support keduanya, tapi pada fungsi tambahan yang katanya para pakar (bukan kata saya) bisa menambah kuat SEO blog kita, kedua plugin itu berbeda. AIO seo pack tidak support nofollow dan noindex pada setiap postingan kita. Begitu pula fungsi automatic 301 redirects on permalink changes tidak disupport oleh AIO seo pack.

Jadi jangan bingung untuk memilih plugin SEO untuk blog berbasis wordpress, gunakan plugin yang menurut kita baik. AIO maupun platinum sama-sama baik, tapi kalo kita butuh sesuatu yang lebih, platinum lebih support beberapa fungsi. Saya sendiri menggunakan AIO dan tidak menggunakan platinum karena beberapa fungsi yang tidak dimiliki AIO sudah disediakan oleh template blog. 

SEO on thesis framework

kesimpulannya:

SEO onsite menggunakan plugin SEO pack ini bertujuan untuk menuntun robot pencari google menemukan tujuannya secara optimal. Mendeteksi kata kunci secara cepat ke dalam setiap postingan di blog kita. Semakin cepat robot ini menemukan tujuannya, semakin baik peringkat blog kita di search engine atau mesin pencari.