Cara Tetap Menjalani Pendidikan saat Berkeliling Dunia

“Selagi muda, lihatlah dunia!”

“Tapi … sepertinya sulit deh! Aku kan kuliah. Gak mungkin ditinggalkan!”

Akan ada banyak sekali alasan untuk tidak bepergian. Memang bukanlah hal yang mudah untuk menggabungkan belajar dan travelling. Namun, dengan perencanaan yang baik dan beberapa tips dari kami, ini tidak akan pernah semudah ini.

Jika kamu ingin melakukan perjalanan keluar negeri dan tetap mengenyam bangku kuliah, maka tidak ada yang bisa menahanmu untuk tidak melakukannya. Yang kamu butuhkan hanyalah beberapa persiapan matang dan rencana untuk melakukannya.

Melihat dunia luar juga salah satu sumber belajar yang sangat baik bagi seseorang. Akan tetapi sebagian besar dari kita hanya jadi kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang dan akhirnya menjadi pekerja penuh waktu yang sangat sulit dapat waktu liburan. Oleh karena itu, tidak salahnya merencanakan perjalanan keluar negeri sebagai pengalaman hidup jika ada rezeki lebih.

Jika kamu sudah merencanakan sebuah perjalanan, sebagai mahasiswa akan baik bagimu untuk disiplin dan memiliki perlengkapan yang baik selama perjalanan.

Kemudian, lihat tips untuk bepergian namun tetap belajar dari kami di bawah ini.

1. Harus punya VPN

Sebagai seorang traveler, kamu harus punya VPN. Mengapa? Karena beberapa program dan aplikasi yang biasa kamu gunakan di rumah atau di negara asalmu mungkin tidak dapat diakses selama di luar negeri.

Itulah kenapa memiliki Android VPN menjadi suatu keharusan yang beralasan. Kamu bisa unduh VPN gratis di Google Play store. VPN yang kami rekomendasikan adalah VeePN. Jika kamu sudah unduh dan instal aplikasi VPN gratis untuk Android maka kekhawatiran selama perjalanan ke luar negeri akan berkurang.

Cara Tetap Menjalani Pendidikan saat Berkeliling Dunia

2. Koneksi internet

Bagaimana kamu bisa belajar saat traveling? Jawabannya tentu kamu perlu akses internet untuk dapat terhubung dengan kebutuhan pembelajaran. Berkat internet, kamu sekarang dapat belajar dari mana saja di dunia.

Kamu dapat dengan mudah menemukan spot-spot yang menyediakan Wi-Fi gratis. Tempat-tempat tersebut seperti kafe, hotel, hostel, atau tempat umum lainnya. Selain itu juga, kamu bisa belajar dengan koneksi internet di kendaraan seperti di bus, kereta api, pesawat, dan transportasi yang menyediakan Wi-Fi gratis untuk turis.

Nah, karena tidak akan selamanya berada di tempat yang memiliki koneksi internet, maka kamu harus punya satu opsi lain sebagai cadangan untuk akses internet. Karena terkadang Wi-Fi publik belum tentu dapat berfungsi baik dan diandalkan dari segi kecepatan. Jadi, walaupun kamu tidak punya koneksi ke Wi-Fi publik, kamu secara pribadi punya koneksi.

3. Selesaikan tugas sebanyak mungkin sebelum pergi

Jika kamu sudah tahu ada tugas-tugas yang harus diselesaikan sebelum pergi untuk beberapa waktu, pastikan kamu bisa menyelesaikannya lebih awal sehingga tidak kepikiran saat di jalan.

Sekalipun kamu tidak bisa menyelesaikannya sebelum kamu pergi, jangan lupa untuk membawa salinannya di gadget atau memori yang kamu punya. Selain itu kamu juga bisa menyimpannya agar dapat diakses secara online seperti di email atau di cloud.

4. Siapkan perlengkapan dan sumber daya sebelum berangkat

Selama perjalanan kamu tentu perlu alat dan teknologi khusus untuk tetap terhubung. Pergilah dengan laptop atau perangkat yang ringkas dan memiliki kamera internal untuk tutorial video atau konferensi video. Pastikan peralatan elektronik yang kamu bawa bersahabat dan mudah dibawa selama perjalanan.

Jangan lupa charger dan headset yang bagus agar kamu bisa mendengar suara dengan bebas tanpa mengganggu orang lain di lingkungan umum.

HP juga sangat berguna untuk mengakses aplikasi bermanfaat. Kamu bisa cek di beberapa aplikasi yang dapat memberikan tips untuk traveler global bahkan yang bisa menyimpan rencana perjalanan dan melacak jadwal perjalanan kamu.

5. Rencanakan waktu belajar selama perjalanan

Bagaimana saya bisa belajar di jalan? Tentu pertanyaan ini harus dijawab dengan perencanaan untuk waktu belajar.

Jangan pernah berpikir bahwa kamu bisa belajar kapan saja semaumu. Penting untuk benar-benar merencanakan waktu khusus untuk belajar. Karena waktu dapat berlalu begitu saja dengan cepat. Kemudian, jika kamu punya waktu luang yang tidak terduga, kamu juga dapat menggunakannya untuk belajar.

6. Manfaatkan waktu saat berada di kendaraan

Perjalanan ke luar negeri kadang dapat menghabiskan banyak waktu di kendaraan. Inilah salah satu waktu terbaik untuk belajar. Waktu ini akan sangat tidak produktif jika kamu hanya tidur. Jadi, kamu dapat memanfaatkannya untuk belajar.

Misalnya di mobil, kamu harus bisa menjawab pertanyaan ‘bagaimana saya bisa belajar di dalam mobil?’ Kamu harus punya antisipasi jika kamu orang yang mabuk saat di mobil.

Hal lain yang harus kamu antisipasi adalah jangan jatuh ke dalam hiburan elektronik yang disediakan transportasi tersebut seperti menonton film, mendengar lagu dan lain-lain. Hal ini dapat menghabiskan waktu yang sebenarnya bisa kamu pakai untuk belajar. Lebih baik mengunduh buku teks atau belajar untuk persiapan ujian kamu.

Cara Tetap Menjalani Pendidikan saat Berkeliling Dunia

7. Istirahat yang cukup

Perjalanan panjang tentu melelahkan. Istirahat yang terpenuhi tentu harus menjadi bagian dari jadwal liburan kamu. Luangkan waktu sejenak dari perjalanan untuk istirahat dari segalanya. Karena tubuh yang tidak fit akan lebih mudah tertular penyakit. Sarannya sih, sebaiknya mulai belajar segera setelah lepas landas dan istirahat menjelang akhir penerbangan.

Kamu bisa belajar sambil berlibur tanpa mengorbankan waktu kamu untuk istirahat. Tentunya dengan rencana yang baik.

Penutup

Sangat mungkin untuk berkeliling dunia selama berada di bangku kuliah. Namun, tanpa perencanaan yang matang, kamu akan kehilangan impian kamu untuk dapat meraih kedua goal ini. Pendidikan harus tetap berjalan, traveling juga lancar tanpa mengganggu pendidikanmu.

Sekian artikel kami kali ini. Semoga bermanfaat!