Avatar jogloabang
Posted by jogloabang on February 19, 2018
Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan DAK Nonfisik BOP PAUD, Lampiran Permendikbud Nomor 2 Tahun 2018, Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2018, Juknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan DAK Nonfisik BOP PAUD 2018, Pelaksanaan DAK Nonfisik BOP PAUD, Penggunaan Dana DAK Nonfisik BOP PAUD, Monitoring, Pengawasan dan Pelaporan, BOP PAUD 2018

Berikut adalah BAB V Monitoring, Pengawasan dan Pelaporan terusan dari BAB IV Penggunaan Dana DAK Nonfisik BOP PAUD setelah BAB III Pelaksanaan DAK Nonfisik BOP PAUD setelah BAB II Implementasi BOP PAUD, Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan DAK Nonfisik BOP PAUD dalam Lampiran Permendikbud Nomor 2 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2018, dimaksudkan untuk memberikan acuan/pedoman bagi pemerintah daerah, Satuan PAUD dan Satuan Pendidikan Non Formal dalam penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan DAK Nonfisik BOP PAUD.

Juknis DAK Nonfisik BOP PAUD memiliki tujuan agar pemanfaatan DAK Nonfisik BOP PAUD tepat sasaran dalam mendukung operasional penyelenggaraan PAUD secara efektif dan efisien, dan pertanggungjawaban keuangan DAK Nonfisik BOP PAUD
dilaksanakan dengan tertib administrasi, transparan, akuntabel, tepat waktu, serta terhindar dari penyimpangan.

Permendikbud Nomor 2 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2018 dilengkapi dengan Lampiran Permendikbud Nomor 2 Tahun 2018 tentang Juknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2018 yaitu Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan DAK Nonfisik BOP PAUD. Berikut BAB V Monitoring, Pengawasan dan Pelaporan terusan dari setelah lanjutan dari :

Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan DAK Nonfisik BOP PAUD

BAB V Monitoring, Pengawasan dan Pelaporan

Bentuk kegiatan monitoring dan pengawasan yaitu dengan melakukan pemantauan, pembinaan dan penyelesaian masalah terhadap penyaluran dan pemanfaatan DAK Nonfisik BOP PAUD. Secara umum tujuan kegiatan ini untuk memastikan bahwa DAK Nonfisik BOP PAUD diterima oleh yang berhak dalam ketepatan jumlah, waktu, cara, dan penggunaan. Komponen utama yang diawasi antara lain:

  1. alokasi DAK Nonfisik BOP PAUD penerima bantuan;
  2. penyaluran dan penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD;
  3. pelayanan dan penanganan pengaduan;
  4. pelaporan, serta perubahan rencana penggunaan dan pelaksanaan DAK Nonfisik BOP PAUD.

Monitoring dan pengawasan dilakukan oleh Tim Manajemen DAK Nonfisik BOP PAUD Pusat dan Tim Manajemen DAK Nonfisik BOP PAUD Daerah.

  1. Monitoring oleh Tim Manajeman DAK Nonfisik PAUD Pusat

    Kegiatan monitoring yang dilakukan oleh Tim Manajemen DAK Nonfisik BOP PAUD Pusat secara sampling dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang ketepatan penyerapan dana, jumlah, dan waktu penyaluran DAK Nonfisik BOP PAUD berdasarkan laporan dari Tim Manajemen DAK Nonfisik BOP PAUD daerah.

  2. Pengawasan oleh Tim Manajemen DAK Nonfisik BOP PAUD Daerah

    Kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh Tim Manajemen DAK Nonfisik BOP PAUD Daerah mengikuti ketentuan berikut.

    1. Pengawasan ditujukan untuk memastikan ketepatan penyerapan dana, jumlah, waktu, cara, dan penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD pada tingkat Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal.
    2. Responden terdiri atas Pengelola Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal, Tenaga Pendidik PAUD; dan orang tua peserta didik.
    3. Pengawasan dilaksanakan pada saat dan setelah penyaluran dana.
    4. pengawas atau penilik berkewajiban melakukan pengawasan penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD secara terintegrasi.

    Pengawasan sebagai kontrol proses dan tidak merupakan persyaratan pencairan dana.
    Hasil pengawasan dapat dijadikan dasar penentuan Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal layak menerima DAK Nonfisik BOP PAUD pada tahun anggaran berikutnya.

  3. Pelaporan

    Sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban dalam pelaksanaan DAK Nonfisik BOP PAUD, masing-masing pengelola program di pemerintah pusat, pemerintah daerah, Satuan PAUD dan Satuan pendidikan Nonformal wajib melaporkan hasil kegiatannya kepada pihak terkait. Secara umum, hal-hal yang dilaporkan oleh pelaksana program adalah yang berkaitan dengan penerima bantuan, penyaluran, penyerapan, pemanfaatan dana, pertanggungjawaban keuangan serta hasil pengawasan dan pengaduan masalah.

    1. Tingkat Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal
      1. RKAS Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal yang ditandatangani oleh Kepala Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal.
        Dokumen ini disimpan di Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal dan diperlihatkan kepada pengawas atau penilik PAUD, Tim Manajemen DAK Nonfisik BOP PAUD Daerah, serta para pemeriksa lainnya apabila diperlukan. RKAS dibuat setahun sekali pada awal tahun pelajaran, namun dapat dilakukan revisi pada semester kedua. Oleh karena itu Satuan PAUD dan Satuan Pendidikan Nonformal dapat membuat RKAS tahunan yang dirinci tiap semester. RKAS wajib dilengkapi dengan rencana penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD yang diterima Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal secara rinci.
      2. Pencatatan
        Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal diwajibkan membuat pencatatan perolehan dana dan pemanfaatan dana DAK Nonfisik BOP PAUD. Setiap transaksi penerimaan dan penggunaan dana dicatat secara berurutan berdasarkan tanggal penerimaan kas dan pengeluaran kas. Setiap transaksi ini harus didukung dengan bukti pengeluaran yang sah dan lengkap. Setiap transaksi dalam formulir ini dibuatkan nomor referensi yang terkait langsung dengan penyimpanan bukti pengeluaran secara fisiknya.
        Rekapitulasi pencatatan penerimaan dan penggunaan dana ini disiapkan oleh bendahara Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal dan dimintakan persetujuan dari kepala/pengelola Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal.
        Seluruh arsip data keuangan berupa laporan keuangan dan dokumen pendukungnya diberi nomor dan tanggal, ditata secara berurutan sesuai nomor dan tanggal kejadiannya, serta disimpan di tempat yang aman dan mudah untuk ditemukan.
      3. Pelaporan
        1. Laporan penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD di tingkat Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal disusun dan dilengkapi dengan bukti pengeluaran (kuitansi/faktur/ nota/bon dari vendor/ toko/ supplier).
        2. Laporan penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD di tingkat Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal disertai dengan bukti surat pernyataan tanggung jawab yang menyatakan bahwa DAK Nonfisik BOP PAUD yang diterima dan telah digunakan.
        3. Laporan penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD di tingkat Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal disampaikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
    2. Tingkat Pemerintah Daerah
      Tim Manajemen DAK Nonfisik BOP PAUD Daerah melaporkan kepada Tim Manajemen DAK Nonfisik BOP PAUD Pusat mencakup hal-hal berikut.
      1. Surat Keputusan Penetapan Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal penerima DAK Nonfisik BOP PAUD dari pejabat yang ditunjuk oleh Bupati/Walikota.
      2. Dana yang disalurkan ke rekening Satuan PAUD atau Satuan Pendidikan Nonformal.
      3. Revisi Surat Keputusan alokasi DAK Nonfisik BOP PAUD apabila terjadi kesalahan/ketidaktepatan/perubahan data.
      4. Penanganan pengaduan masyarakat, yang antara lain berisi informasi tentang jenis kasus, skala kasus, kemajuan penanganan, dan status penyelesaian.
    3. Tingkat Pemerintah Pusat
      Laporan akhir tahun penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD per kabupaten/kota memuat hal-hal berikut:
      1. Rekapitulasi jumlah penerima bantuan per kabupaten/kota disusun berdasarkan data realisasi bantuan.
      2. Hasil monitoring yang berisi tentang waktu pelaksanaan, hasil monitoring, analisis, kesimpulan, saran, dan rekomendasi.
      3. Penanganan pengaduan masyarakat yang antara lain berisi informasi tentang jenis kasus, skala kasus, kemajuan penanganan, dan status penyelesaian yang merupakan rekapitulasi dari penanganan pengaduan yang dilakukan oleh Tim Manajemen DAK Nonfisik BOP PAUD Daerah.
      4. Kegiatan lainnya, seperti sosialisasi, pelatihan, pengadaan, dan kegiatan lainnya. dan
      5. Laporan akhir tahun harus diserahkan ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat pada akhir bulan Januari tahun berikutnya.
  4. Sanksi

    Pelanggaran terhadap penyaluran dan penggunaan DAK Nonfisik BOP PAUD dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan dan perundang- undangan yang berlaku.

Daftar Isi Lampiran .


    1. Latar Belakang
    2. Tujuan Bantuan
    3. Sasaran Bantuan
    4. Pengalokasian
    5. Penyaluran Dana

    1. Persyaratan Penerima DAK Nonfisik BOP PAUD
    2. Dukungan Penyelenggaraan PAUD Berkualitas
    3. Pengelolaan DAK Nonfisik BOP PAUD

    1. Organisasi Pelaksana
    2. Alur Proses Penetapan Alokasi dan Penyaluran Dana BOP PAUD
    3. Persiapan Penyaluran Dana
    4. Penyaluran DAK Nonfisik BOP PAUD
    5. Pengambilan Dana

    1. Komponen Pembiayaan
    2. Sumber Pendanaan Lainnya
    3. Larangan Penggunaan DAK Nonfisik PAUD
    4. Kewajiban dan Tanggung Jawab
  1. BAB V Monitoring, Pengawasan dan Pelaporan
    1. Monitoring oleh Tim Manajemen DAK Nonfisik BOP PAUD Pusat
    2. Pengawasan oleh Tim Manajemen DAK Nonfisik BOP PAUD Daerah
    3. Pelaporan
    4. Sanksi
  2. BAB VI Pelayanan dan Penangangan Pengaduan Masyarakat
    1. Pengelolaan Pelayanan dan Penanganan Pengaduan Masyarakat (P3M)
    2. Tugas dan Fungsi Layanan
  3. BAB VIII Penutup
  4. Contoh Format Formulir BOP

Permendikbud Nomor 2 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Alokasi Khusus Nonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2018