Avatar jogloabang
Posted by jogloabang on November 23, 2019
SE Mendikbud, Pedoman Pelaksanaan, Pidato dan Doa Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2019

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan merilis Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 untuk hari Senin tanggal 25 November 2019. Surat tersebut bernomor 132716/MPK.A/TU/2019 yang ditandatangani Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pada tanggal 19 November 2019.

Surat Edaran Mendikbud bernomor 132716/MPK.A/TU/2019 ditujukan kepada Para Duta Besar/Kepala Perwakila Indonesia di Luar Negeri; Para Gubernur di Seluruh Indonesia; Para Bupati/Walikota Seluruh Indonesia; Para Pimpinan Unit Utama di Lingkungan Kemdikbud; Para Pimpinan Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia; Para kelapa Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Seluruh Indonesia; Para Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi/Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia; Para Kepala UPT Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Seluruh Indonesia; Para Kepala Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia dan Luar Negeri.

Dalam rangka Hari Guru Nasional Tahun 2019 Mendikbud Nadiem Makarim menghimbau untuk memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2019 dengan cara Pertama, menyelenggarakan kegiatan yang mengapresiasi guru serta kegiatan-kegiatan lainnya seperti seminar, talkshow ataupun ziarah ke Taman Makam Pahlawan dan mempublikasikannya di berbagai media. Kedua, menggunakan tema Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019 yaitu "Hari Guru Nasional Tahun 2019 " dan logo Hari Guru Nasional Tahun 2019 seperti di bawah ini, yang bisa diunduh di laman Kemdikbud.go.id (namun sulit dicari dan bentuknya kecil -red-). Ketiga, menyelenggarakan upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 pada hari Senin tanggal 25 November 2019 secara tertib, khidmat, dan sederhana dengan mengacu pada pedoman upacara bendera yang dapat diunduh di laman kemdikbud.go.id (dalam bentuk gambar -red-)

Logo Hari Guru Nasional Tahun 2019

Surat Edaran Mendikbud Nomor 132716/MPK.A/TU/2019 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 tersebut juga dibarengi dengan Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019. Isi Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 seperti di bawah ini (bukan format asli, untuk berinformasi) :

PEDOMAN PELAKSANAAN UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2019

  1. Latar Belakang

    Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

    menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dengan demikian, guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa depan bangsa.

    Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, menetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional. Untuk memperingati momentum yang berharga ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan berbagai apresiasi terhadap dedikasi guru. Salah satu bentuk penghargaan tersebut adalah dengan diselenggarakannya upacara bendera memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2019.


  2. Tujuan, Sasaran, Terna, dan Logo
    1. Tujuan
      1. Meningkatkan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun sikap, keterampilan, dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
      2. Meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat.
      3. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian ·masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun karakter bangsa.

    2. Sasaran

      Semua pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pegawai di lingkungan pemerintah daerah, perwakilan Indonesia di luar negeri, Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; pendidik dan tenaga kependidikan, para pemangku kepentingan pendidikan lainnya, para siswa di satuan pendidikan seluruh Indonesia, baik di lingkungan pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Kementerian Agama, serta siswa di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).


    3. Tema

      Tema peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 adalah "Guru Penggerak Indonesia Maju".


    4. Logo

      Logo peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 adalah:

      Logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019

      Logo ini dapat diunduh di Laman web Kemdikbud.


  3. Pelaksanaan Upacara Bendera Pedoman Pelaksanaan uUacara bBndera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019.
    1. Waktu Pelaksanaan
      • Hari, tanggal : Senin, 25 November 2019
      • Pukul : 07.30 waktu setempat

    2. Tempat

      Halaman kantor/lapangan/tempat lain yang telah disepakati oleh panitia setempat.


    3. Pakaian
      1. Khusus di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, baik di Pusat maupun Unit Pelaksana Teknis :
        • Pembina Upacara dan Pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) bagi pria dan Pakaian Nasional bagi wanita;
        • Undangan mengenakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) bagi pria dan Pakaian Nasional bagi wanita atau mengenakan batik lengan panjang;
        • Peserta upacara dari unsur pegawai mengenakan seragam Korpri lengkap;
        • Kepala sekolah, guru, dosen, siswa, dan mahasiswa mengenakan pakaian seragam masing-masing sesuai ketentuan; dan
        • Pasukan Pengibar Bendera dan petugas upacara lainnya mengenakan pakaian dinas upacara sesuai dengan ketentuan.

      2. Untuk pelaksanaan upacara bendera di Sekolah, Perguruan Tinggi, Daerah, dan Luar Negeri mengenakan pakaian sesuai dengan kebiasaan setempat.

    4. Susunan Acara
      1. Pembina Upacara memasuki lapangan upacara;
      2. Penghormatan kepada Pembina Upacara, dipimpin oleh Pemimpin Upacara; Laporan Pemimpin Upacara;
      3. Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya (diiringi korsik, jika ada);
      4. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina Upacara;
      5. Pembacaan teks Pancasila diikuti oleh seluruh Peserta Upacara;
      6. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
      7. Menyanyikan lagu Hymne Guru oleh Paduan Suara;
      8. Amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan;
      9. Menyanyikan lagu Terima Kasih Guru oleh Paduan Suara;
      10. Pembacaan Doa;
      11. Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara;
      12. Penghormatan kepada Pembina Upacara;
      13. Pembina Upacara meninggalkan tempat upacara;
      14. Upacara selesai.

  4. Pembiayaan

    Biaya penyelenggaraan Upacara Benders peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 dibebankan pada anggaran instansi masing-masing.


  5. Lain-lain

    Pedoman pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 ini bersifat informatif dan umum. Diharapkan unit kerja, instansi/lembaga, organisasi/asosiasi guru, serta masyarakat dapat menyelenggarakan kegiatan untuk menyemarakkan Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 dengan kegiatan seperti seminar, talkshow, atau ziarah ke Taman Makam Pahlawan sesuai dengan kemampuan dan dukungan dana masing-masing instansi.


  6. Penutup

    Demikian pedoman ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan upacara bendera ·peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019.

Demikian, untuk dapat memudahkan dan diketahui sebanyak-banyaknya orang tentang Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 yang diterbitkan Kemdikbud dan ditandatangani oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim.

Selain Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019, juga Mendikbud merilis Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019.

Teks Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 adalah sebagai berikut:

PIDATO MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
PADA UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2019

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Shalom,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Rahayu,

Selamat pagi dan salam kebajikan bagi kita semua,

 

Bapak dan lbu Guru yang saya hormati,

Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohan maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke .

Guru Indonesia yang Tercinta, tugas Anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit.

Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu Anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.

Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan.

Anda frustrasi karena Anda tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal.

Anda tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagamaan sebagai prinsip dasar birokrasi.

Anda ingin setiap murid terinspirasi, tetapi Anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi.

Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada Anda. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia.

Namun, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama.

Besok, di mana pun Anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda.

  • Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.
  • Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas.
  • Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.
  • Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.
  • Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak.

Selamat Hari Guru,

Wassalamu alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,
Shalom,
Om Santi Santi Santi Om,
Namo Buddhaya,
Rahayu.

Pidato Mendikbud Nadiem Anwar Makarim ini viral di media sosial, dan ditandatangani Mendikbud untuk tanggal 25 November 2019.

Selanjutnya adalah teks DOA pada Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 adalah sebagai berikut:

DO'A UPACARA BENDERA HARI GURU NASIONAL TAHUN 2019

Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillahi rabbil'aalamin, washalatu wassalamu 'alaa sayyidil mursalim, wa'alaa washobihi ajma'iin.

Ya Allah ya Tuhan kami

Saat ini kami berkumpul dalam rangka mengikuti "Upacara Bendera hari Guru Nasional Tahun 2019', untuk itu ya Allah berkati dan ridhoi acara kami ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa

Jadikanlah Hari Guru Nasional Tahun ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan secara komprehensif, momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional kami, momentum untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul menuju persaingan abad 21.

Ya Allah, ya Rahman ya Rahim

Kami sangat mendambakan guru-guru kami menjadi pendidik-pendidik sejati, menjadi hamba-Mu yang selalu menyemai ilmu pengetahuan dan teknologi, mendidik dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, menjadi panutan dan inspirasi bagi anak-anak bangsa ini, sehingga bangsa ini memiliki peradaban yang unggul dan mulia, bangsa yang memiliki kecerdasan yang paripurna, serta bernudi pekerti yang luhur. Ya Rob muliakanlah guru kami dengan karya-karya mereka yang bermakna bagi anak bangsa ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih

Limpakanlah rahmat dan idayah-Mu, curahkanlah ilmu dan hikmah-Mu kepada kami, agar kami mampu menjadi hamba-hamba-Mu yang selalu belajar dalam kehidupan ini, lulus dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan dari-Mu, serta ikhlas dalam berkarya dan mengabdi kepada-Mu.

Ya Allah, ya Tuhan Yang Maha Pengampun

Kami sadar begitu banyak dosa dan kesalahan yang telah kami lakukan, jika Engkau tidak sudi mengampuni, kepada siapa kami harus memohon ampun. Oleh karena itu ya Allah, ampuni segala dosa dan kesalahan kami, dosa dan kesalahan orang tua kami, dosa dan kesalahan guru-guru kami, dan tetapkanlah hati kami untuk selalu berada di atas jalan-Mu yang benar.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar
Kabulkanlah doa dan permohonan kami.

Rabbana aatinaa fiddunya hasanah, wafil aakhirati hasanah waqinaa 'adzaabannaar,
Washallahu 'alaa sayyidina Muhammadin wa 'alaa aalihi washobhihi ajma'iin.
Walhamdulillahi rabbil 'aalamiin.

Demikian tentang Surat Edaran Mendikbud, Pedoman Pelaksanaan dan Doa Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2019. Terimakasih, info selengkapnya silakan kunjungi web kemdikbud.

Surat Edaran Mendikbud bernomor 132716/MPK.A/TU/2019

Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019

Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019

Doa Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019