Avatar jogloabang
Posted by jogloabang on December 07, 2015
Pilkada serentak

Ternyata ada juga orang atau lembaga yang kurang gawean, artinya dengan kemauannya sendiri melakukan survei pra pilkada. Survei Pra Pilkada yang dilakukan LSPM ini kemarin di konfrensi perskan di Wonosobo pada MInggu tanggal 6 Desember 2015. Cukup menarik memang tensi pilkada serentak untuk seluruh Indonesia ini yang akan dilakukan pada 9 Desember 2015, besuk hari Rabu. Demikian rilis yang dikeluarkannya dan hasilnya terlampir.

Pers Rilis Lembaga Studi Pembangunan Masyarakat - Yogyakarta

Tentang Hasil Survey Pra Pemilukada Kabupaten Wonosobo 2015

Dalam survei jelang pilkada pertanyaan yang diajukan kepada responden sangat terbatas, mengingat tinggal menghitung hari perlaksanaan pilkada di Kabupaten Wonosobo. Survey yang dilakukan oleh Lembaga Studi Pembangunan dan Masyarakat (LSPM) hanya dibatasi pada profil responden, prilaku memilih dan tingkat elektabilitas paslon.

Rilis survei kali ini menggunakan metode wawancara lapangan terhadap sampel 600 responden dari populasi seluruh warga Kabupaten Wonosobo yang punya hak pilih dalam pemilihan kepala daerah, yakni mereka yang sudah berumur minimal 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 1-5 Desember 2015 lalu. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dalam teknik pengambilan sampel respondennya dan diperkirakan margin of error sebesar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 97%.  

Hasil temuan survei kabupaten terkait pilihan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang terpenting bagi responden seperti tercermin dalam grafik di bawah dimana tingkat persentase paslon yang layak menurut responden Maya Rosida – Eko Prasetyo Heru Wibowo (31,5%), . Eko Purnomo – Agus Subagiyo (32,1%), Sarif Abdillah - Usup Sumanang (36,4%), sedangkan paslon nomor urut 1 H. Muhammad Suhardi – Joko Wiyono tidak terungkap. 

Temuan survey menurut responden bila hari ini diadakan pilkada responden pasangan Maya Rosida – Eko Prasetyo Heru Wibowo tetap pada posisi semula (31,5%), .Pasangan Eko Purnomo – Agus Subagiyo naik 0,6 % (32,7%), Namun pasangan Sarif Abdillah - Usup turun 0,6 % (35,8%). Hasil survey juga menunjukan bahwa 45,1 % pemilih ada pada zona floating mass (masa mengambang) yang belum menentukan pilihan. Sehingga diperkirakan, persaingan danperebutan suara antar kandidat pasangan calon Bupati di Wonosobo akan bersaing dengan ketat. Menurut responden, kurangnya sosialisasi dan informasi tentang pasangan calon bupati di Wonosobo, membuat banyak pemilih yang belum menentukan sikapnya. Kendati demikian, berdasarkan pengalaman lembaga survey kami melakukan riset di berbagai kota/kabupaten di Indonesia, kemungkinan besar peringkat perolehan suara tidak mengalami perubahan. Yang akan berubah adalah angka perolehan suara masing-masing pasangan calon.

Demikianlah hasil survei yang dirilisnya.

LampiranUkuran
PDF icon Hasil Survei Pilkada Wonosobo 20151.97 MB