Avatar jogloabang
Posted by jogloabang on November 21, 2017
Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 51 Tahun 2013 tentang Sistem Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Khusus Bagi Penyandang Disabilitas

Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 50 Tahun 2017 adalah Peraturan Gubernur yang baru, menggantikan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 51 Tahun 2013 tentang Sistem Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Khusus Bagi Penyandang Disabilitas (Berita Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2013 Nomor 51), dan Pergub No 51 tahun 2013 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Pergub DIY Nomor 50 tahun 2017 ini ditetapkan, diundangkan dan dinyatakan berlaku mulai tanggal 14 Agustus 2017. Ditandatangani oleh Gubernur DIY Hamengku Buwono X dan diundangkan dalam Berita Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2017 nomor 52.

Perubahan Pergub Sistem Jamkesus DIY

Perubahan Peraturan Gubernur DIY tentang Sistem Jaminan Kesehatan Khusus bagi Penyandang Disabilitas ini mencakup perubahan struktur peserta dan mekanisme pelayanan Jamkesus DIY. Jaminan Kesehatan Khusus bagi Penyandang Disabilitas yang selanjutnya disebut Jamkesus adalah jaminan kesehatan bagi penyandang disabilitas yang dilaksanakan secara terkoordinasi dan sinergi antara Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten/Kota meliputi paket manfaat, kepesertaan, penyelenggaraan, dan administrasi. Unit Penyelenggara Teknis Dinkes DIY yang bertugas menyelenggarakan adalah Bapel Jamkesos DIY.

Penerima bantuan dalam Sistem Jamkesus DIY terdiri dari Penerima Bantuan Iuran atau PBI Jamkesus yang iurannya dibayarkan oleh Pemerintah DIY kepada Bapel Jamkesos adalah Penyandang Disabilitas yang tergolong tidak mampu atau fakir miskin. Peserta Jaminan Penyangga adalah kelompok difabel perorangan yang tergolong tidak mampu atau fakir miskin dan juga penyandang masalah kesejahteraan Sosial yang tidak memperoleh jaminan kesehatan. Kemudian adalah Peserta Mandiri Jamkesus Disabilitas adalah difabel yang membayar iuran sendiri secara teratur kepada Bapel Jamkesos DIY. Ketiga-tiganya adalah warga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepesertaan Jamkesus DIY

Orang yang berhak mendapatkan Kepesertaan Jamkesus Penyandang Disabilitas adalah Penduduk DIY yang belum mempunyai jaminan kesehatan khusus. Peserta Jamkesus terbagi menjadi 3 yaitu Peserta PBI Jamkesus, Peserta Mandiri Jamkesus, dan Peserta Jaminan Penyangga (Pasal 3). Peserta PBI Jamkesus ditetapkan dengan Keputusan Gubernur berdasarkan usulan OPD yang menyelenggarakan pemerintahan di bidang sosial. (Pasal 4)

Peserta Mandiri Jamkesus adalah penyandang disabilitas, penduduk DIY, menetap di DIY minimal 6 bulan dan sudah membayar iuran selama setahun. Pendaftaran dilakukan di Bapel Jamkesos dan bisa dilakukan secara perorangan maupun kelompok. (Pasal 5)

Kartu Jamkesus DIY

Kartu identitas peserta Jamkesus diberikan kepada Peserta PBI Jamkesus dan Peserta Mandiri Jamkesus. Dalam kartu tersebut tertera identitasnya seperti nama, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat, nomor identitas, masa berlaku dan institusi yang mengeluarkan kartu. (Pasal 6)

Paket Manfaat Jamkesus

Pada Bab III Pergub DIY No. 50 tahun 2017 tentang Sistem Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Khusus Bagi Penyandang Disabilitas berisi tentang paket manfaat pemeliharaan kesehatan. Paket manfaat tersebut berupa paket pelayanan kesehatan (kuratif, preventif, rehabilitatif) dan alat bantu kesehatan. (Pasal 9 dan 10)

Paket Pelayanan kesehatan preventif adalah untuk pencegahan bayi lahir disabilitas dan resiko penyakit ikutan dan dilaksanakan di tingkat pelayanan kesehatan dasar oleh PPK. Paket Pelayanan Kesehatan Kuratif adalah untuk kesehatan dasar, kesehatan rujukan kelas III rumah sakit, gawat darurat, kebidanan neonatal dan KB, dan penunjang alat pelayanan kesehatan meliputi penunjang medik, ambulan dan kebutuhan darah. Dan untuk paket kesehatan rehabilitatif meliputi layanan untuk jaminan kesehatan rehabilitatif perawatan rumah untuk psikotik paska perawatan ruamh sakit dan jaminan kesehatan rehabilitatif disabilitas yang berat.

Sementara untuk Paket manfaat alat bantu kesehatan akan ditetapkan dengan Peraturan Gubernur tersendiri lainnya.

Pelayanan kesehatan dalam Sistem Jamkesus meliputi Puskesmas, Klinik dan Rumah sakit adalah para penyedia yang sudah bekerjasama dengan Bapel Jamkesos DIY. Bapel Jamkesos juga menyediakan sara pengaduan yang akan dikelola secara profesional.

Pratayang Pergub DIY Nomor 50 tahun 2017 tentang Sistem Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Khusus bagi Penyandang Disabilitas

Lebih lengkapnya tentang - Sistem Jamkesus- sila diunduh di tautan di bawah.