Gerakan Indonesia Raya Bergema

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara resmi akan meluncurkan Gerakan Indonesia Raya Bergema tepat pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Kamis (20/05) mulai pukul 08.45-10.30 WIB dari Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Seremonial Gerakan Indonesia Raya Bergema akan dilakukan dengan mendengarkan Lagu Indonesia Raya yang dimainkan oleh Abdi Dalem Musikan Keraton Yogyakarta dari Bangsal Mandalasana, Keraton Yogyakarta. Pada waktu yang sama, Lagu Indonesia Raya juga akan diperdengarkan di 4 tempat lainnya yakni Pasar Beringharjo, Puro Pakualaman, SMAN 1 Pakem, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY).

Gerakan Indonesia Raya Bergema ini merupakan ajakan untuk mengumandangkan lagu Indonesia Raya secara kontinu di ruang publik seperti lembaga pendidikan, kantor pemerintah/swasta, pusat perbelanjaan, objek wisata dan lainnya sebagai kampanye berkelanjutan untuk mengobarkan nasionalisme rakyat Indonesia dilandasi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Adapun pelaksanaannya telah diatur melalui Surat Edaran Gubernur DIY Nomor 29/SE/V/2021, yang dikeluarkan pada 18 Mei 2021. Sila mengapresiasi dan adopsi semangatnya dengan menyaksikan siaran langsungnya melalui streaming Youtube Humas Jogja dan Kraton Jogja.

Berikut isi SE Gub DIY Nomor 29/SE/V/2021:

SURAT EDARAN
NOMOR: 29/SE/V/2021
MEMPERDENGARKAN LAGU KEBANGSAAN INDONESIA RAYA

Dalam rangka meningkatkan semangat nasionalisme serta untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu memperdengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Bahwa Lagu Kebangsaan Indonesia Raya satu stanza agar diperdengarkan di setiap pukul 10.00 WIB atau setiap pagi saat memulai aktivitas kegiatan.

  2. Setiap orang yang hadir pada saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya diperdengarkan dan/atau dinyanyikan, wajib berdiri tegak dengan sikap hormat.

Demikian agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Demikianlah isi Surat Edaran Gubernur DIY Nomor 29/SE/V/2021 tentang Memperdengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, yang dikeluarkan pada 18 Mei 2021 tentang memperdengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam Gerakan Indonesia Raya Bergema. Surat Edaran ini secara resmi ditujukan kepada Bupati/Walikota se-DIY, Pimpinan/Kepala Perwakilan Instansi Pemerintah Pusat, Paniradya Pati/Inspektur/Sekretaris DPRD/Kepala DInas Daerah/Kepala Badan Daerah/Kepala Satpol PP/Kepala Biro/Kepala Badan Penghubung di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY, Pimpinan BUMN/BUMD, dan Pimpinan Perusahaan Swasta.

Sepintas Surat Edaran Gubernur DIY Nomor 29/SE/V/2021 tentang Memperdengarkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, yang dikeluarkan pada 18 Mei 2021 seperti untuk menyambut hari kebangkitan nasional, namun apabila kita lihat bahwa kegiatan mendengarkan lagu Indonesia Raya di Yogyakarta akan dilakukan setiap jam 10.00 WIB atau setiap pagi sebelum memulai aktivitas adalah merupakan kegiatan sehari-hari agar kita selalu ingat dimana kita berada, sehingga rasa nasionalisme dan keIndonesiaan akan selalu terasa setiap hari bahkan sampai pada alam bawah sadar kita yang selalu mensyukuri nikmat berada di tanah Indonesia. Sehingga Gerakan Indonesia Raya Bergema ini menjadi bagian dari kehidupan dan aktivitas kita sehari-hari.