Avatar suryaden
Posted by suryaden

Selamat atas lauching BlankOn Banyumas yang bertempat di kedai Telapak sebelah kantor kelurahan Pabuwaran Purwokerto Jawa Tengah pada tanggal 24 Desember 2011 di launching sebuah komunitas opensource BlankOn Linux Banyumas dengan akun . Hadir adalah para penggerak dan pegiat opensource lokal Banyumas. Seperti dari Suara Komunitas, Yayasan Air putih, maupun media lokal dan akademisi dari Banyumas. Ide menarik dari penggunaan BlankOn ini adalah untuk pengembangan masyarakat desa, utamanya mendukung penggunaan TIK di masyarakat Banyumas.

Turut hadir adalah beberapa kepala desa di Bnayumas yang sudah mulai menggunakan opensource dan Sistem Informasi Desa, sebagai contoh yang berhasil adalah Desa Mandalamekar dari Tasik Malaya dan Desa Melung dari Banyumas. Hal yang cukup istimewa adalah bahwa dengan menggunakan opensource maka komputer-komputer lama yang biasanya sudah tak terpakai, bisa digunakan lagi dengan OS ringan BlankOn dan cukup enak digunakan juga.

Dengan menggunakan opensource yang berbasis Linux membuat TIK bisa menjadi murah, dan tidak perlu tergantung juga dengan koneksi internet, jika memang tidak perlu, karena toh update atau pembaharuan software tak perlu dilakukan secara online jika memiliki master CD dan repository-nya. Juga karena memang menggunakan komputer lawas, ini pengalaman BlankOn Banyumas Laughing.

Blogger Nusantara juga hadir di sini, untuk mengajak para pengguna opensource dan masyarakat desa bukan hanya terkendala pada masalah infrastruktur TIK saja yang sudah dapat diatasi dengan penggunaan opensource yang gratis, dan sama sekali tidak ramah terhadap virus komputer. Namun menggugah kreatifitas dan pemuatan lokal konten Indonesia di Internet, dengan blogging, penulisan konten positif dan blogpreneur ataupun hingga mencoba memasuki ranah bidang developper aplikasi untuk gadget.

Acara masih akan dilanjutkan lagi dengan workshop opensource, BlankOn Banyumas dan prakteknya di desa Melung pada esok harinya tanggal 25 Desember 2011.