Avatar suryaden
Posted by suryaden

0mu_zHEtUNg

Mandalamekar adalah sebuah Desa di perbukitan selatan Kabupaten Tasikmalaya. Desa Mandalamekar berada dalam bagian administratif Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat. Desa Mandalamekar sebagai desa di priangan timur seabgaimana desa-desa yang lainnya, yaitu berada di lereng pebukitan. Desa Mandalamekar memiliki 4 Kedusunan, penduduk 3191 jiwa dan 709 hektar luas wilayah. 
 
Desa Mandalamekar memiliki situs-situs islam pada saat penyebarannya di masa lampau, sebagaimana desa-desa yang lainnya di Indonesia. Saat ini menjadi desa pelopor konservasi mandiri yang dapat di replikasi oleh desa-desa lainnya yang memiliki kesamaa masalah dalam ekonomi maupun lingkungan, utamanya sumber daya alam.
 
Desa Mandalamekar adalah desa yang masih berjuang menuju kemandirian dan kemakmuran untuk warganya, banyak tantangan, bukan hanya karena pemerintah yang tutup mata namun bukan menjadi kendala yang berarti karena bagaimanapun kreativitas harus di tumbuhkan meskipun berada di wilayah desa terpencil.
 
Bukti mengapa desa Mandalamekar ini sangat inspiratif dan memiliki prestasi, selangkah lebih maju dari pemikiran para anggota wakil rakyat maupun eksekutif administratur pemerintahan di negeri begajul adalah diterimanya penghargaan seacology. Seacology adalah award tingkat internasional yang bukan main-main, melalui banyak riset, penilaian dan capaian-capaian tertentu. 
 
Portal desa Mandalamekar tertarik menjadi bagian jejaring Blogger Nusantara, untuk menjadikan TIK dan Opensource di desa menjadi hidup dan seabgai alat kebebasan berkomunikasi yang tidak dapat dipungkiri lagi. Mungkin kita memiliki banyak desa yang bagus dan menarik serta memiliki prestasi seperti Desa Mandalamekar. Masih di diskriminasi dalam pembangunan namun karena loyalitas bernegara yang waras, mereka tetap maju demi desa dan warganya. Sukses selalu Desa Mandalamekar follow Lurah Mandalamekar mentor Mandalamekar