Avatar suryaden
Posted by suryaden on March 24, 2016
Aplikasi terbaik untuk anak di android

Perkembangan anak di saat usia dini dan pertengahan adalah tahun-tahun yang sangat penting dalam perkembangan pengetahuan anak. Umur emas anak ini akan memformat pemikiran anak di masa dewasanya, jadi diperlukan barang dan pendampingan terhadap anak yang merangsang perkembangan otak dan kognisinya. Untuk perkembangan anak usia dini hingga menengah pun Android dan Smartphone yang ada android di dalamnya memiliki berbagai aplikasi yang mendukung untuk anak-anak. Aplikasi apakah yang kira-kira terbaik untuk anak belajar sejak dini?.

Aplikasi Android untuk pendidikan anak yang gratis dan bagus:

  1. Amazon Kindle

  2. Amazon Kindle adalah aplikasi eReader yang dapat dipasang secara gratis dari . Di dalam aplikais ini terdapat ribuan buku yang tersedia dari anak-anak hingga dewasa. Untuk anak-anak jelas orang tua harus memberitahu atau memasangkan buku-buku khusus anak, yang mendukung cara belajarnya baik untuk membaca ataupun mengenali alam sekitarnya. Pengenalan tentang berkomunikasi dengan teks adalah kemampuan dasar yang universal dan akan berguna dimanapun berada.

  3. Class Dojo ini adalah aplikasi android untuk anak yang mirip dengan sebuah kelas virtual. Dengan aplikasi android Class Dojo ini orangtua, guru dan anak dapat berkomunikasi satu sama lain seperti di kelas. Guru dapat berkomunikasi dengan anak dan orang tua tentang pendidikan atau pelajaran yang akan diajarkan. Orang tua dan Guru dapat bersama-sama mengawasi jalannya pelajaran atau apa yang dialami anak, jika ada kesulitan atau masalah maka keduanya dapat segera memperbaiki atau membantu anak.

  4. Duo Lingo sesuai istilahnya adalah aplikasi android untuk anak dalam pengenalan bahasa. Namun duolingo tidak hanya mengenalkan satu bahasa, duolingo mengenalkan bahasa kedua selain bahasa inggris, bahkan juga akan berkembang dengan bahasa-bahasa lainnya sehingga anak dapat mengenal beberapa bahasa sekaligus. Pengenalan bahasa sangat penting bagi perkembangan kecerdasan anak.

  5. Edmodo ini lebih kompleks daripada CLassDoJo. Edmodo memberikan aspek-aspek yang lebih dalam dalam pelibatan komunikasi antara anak, guru dan ortu dalam proses pembelajaran. Anak dapat melakukan pengunggahan foto, file maupun video. Aplikasi Edmodo adalah platform yang sangat keren untuk siapapun agar dapat terbuhung secara bersamaan dan memberikan dorongan kepada anak untuk fokus pada apa yang akan dipelajarinya.

  6. Sesuai namanya, Google Classroom, adalah apikasi pembelajaran dengan kelas virtual. Seperti Edmodo. Anak dapat berinteraksi dengan anak lainnya, mengunggah gambar, foto, dan video, pun juga ada fitur interaksi antara anak, guru maupun orang tua. Aplikasi ini cukup baru dan menghubungkan dengan paltform berbasis web Google Classroom. Google Classroom adalah aplikasi dengan platform yang sangat bagus untuk ruang kelas virtual. Semoga saja Google mengembangkan Google Classroom ini dengan banyak peningkatan kemampuan lagi.

  7. PBS Kids Video ini adalah pemain senior dalam konten-konten pendidikan. Saat ini konten-konten dari PBS Kids Video ini hadir di Android. Karena keterkenalannya lembaga ini maka tidak ada keraguan lagi untuk membiarkan anak memainkan aplikasi ini. Semua yang ada dalam PBS Kids VIdeo ini adalah kartun dan sangat menyenangkan, anak-anak tidak perlu berpikir berkeberatan untuk menontonnya. Ada juga fasilitas goal tracker, jadi ortu dapat menjaga dan memperhatikan apap-apa saja yang harus dipelajari oleh anak.

  8. Pocket Code adalah aplikasi pendidikan untuk anak yang bukan usia dini tapi anak-anak yang sudah bisa atau berliterasi dengan membaca, menulis dan tingkat usia akhir dari anak-anak. Karena apa? Pocket Code adalah aplikasi pembelajaran anak di Android yang mengajarkan atau mengajak anak untuk belajar tentang pemrograman. Aplikasi ini mengajarkan bagaimana cara programming dan memikirkan logika pemrograman dengan mengajak anak untuk membangun program-program dan games dengan gaya membangun blok-blok. Secara visual akan mengajari anak-anak untuk memahami bagaimana jalannya pemrograman. Meskipun ini agak sulit dan membutuhkan bimbingan khusus dari orang tua, namun di masa yang akan datang ilmu komputer adalah mandat zaman, jadi jangan sampai anak-anak kita ketinggalan.