Avatar suryaden
Posted by suryaden on December 02, 2017
5G

Hongkong mengadopsi teknologi 5G pertama kali di dunia, Broadband ini siap untuk digelar secara komersil pada tahun 2020. Demikian dilansir oleh South China Morning Post. Generasi Teknologi High Speed mobile internet 5G memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat dibandingkan dengan teknologi LTE atau 4G. Kantor Komunikasi setempat mengatakan bahwa layanan 5G di Hongkong akan selesai pada tahun 2019.

ITU atau International Telecommunication Union, sebuah badan dari PBB baru akan mengadakan konfrensi komunikasi radio internasional pada tahun 2019 untuk memutuskan alokasi global spekturm 5G. Layanan komersil 5G baru akan digelar setelah tahun tersebut.

Saat ini dunia masih menggunakan standar global teknologi 4G LTE, yang mana 4G LTE hanya memiliki kemampuan kecepatan untuk 1 gigabit per detik. Sementara itu teknologi 5G diharapkan akan memiliki kecepatan unduh maksimum 10 gigabit per detik. Hal ini akan memberikan layanan cepat untuk menikmati konten-konten Full HD.

Menurut Charles Mock, seorang pejabat Teknologi Informasi di Hongkong, bahwa sangat mudah untuk memasang teknologi 5G pada teknologi 4G-LTE yang eksisting. tanpa harus mengganti semua tower seluler.

Mock mengatakan kepada SCMP bahwa konfrensi tahun depan pasti akan berjalan lancar karena banyak vendor dan developer yang sudah siap dengan produk 5G, karena tahu bahwa spektrum teknologi 5G akan segera digelar dan dialokasikan ke seluruh dunia. [ Sumber : SCMP ]