Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata Bagi yang Hobi Main Gadget

Dengan kemajuan pesat dunia digital saat ini, sebagian besar dari kita menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar monitor. Baik itu di depan layar HP, laptop, atau tablet. Banyak yang bekerja menggunakan laptop paling tidak 8 jam seharinya.

Belum lagi melihat layar smartphone di waktu luang. Saat ini sebagian besar orang mengisi waktu luangnya dengan bermain gadget. Baik itu menonton film, bersosial media, atau main game online yang bisa dimainkan di Fun88. Dari bisa jadi mata kita melihat layar monitor selama 10 hingga 12 jam secara total.

Padahal, paparan sinar dari gadget dalam jangka waktu yang lama dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan mata. Menatap layar gadget selama berjam-jam dapat menyebabkan berbagai gangguan pada kesehatan. Dari mata kering, otot mata yang tegang, susah tidur, dan sakit kepala.

Di sisi lain, menatap layar monitor selama berjam-jam tidak bisa dihindari bagi sebagian besar orang. Tuntutan untuk bekerja, tugas sekolah, hingga kebutuhan untuk mengakses hiburan. Bahkan untuk membeli berbagai barang kebutuhan dan memesan makanan tidak lepas dari menatap layar gadget. Karena itu, untuk menghindari efek buruk layar gadget bagi kesehatan mata, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Mengatur tingkat kecerahan layar gadget

Layar monitor yang terlalu cerah dapat membuat mata semakin cepat lelah. Karena itu, sebaiknya turunkan tingkat kecerahan layar saat menggunakan gadget untuk meminimalisir efek mata lelah.

Saat menggunakan smartphone, sebaiknya gunakan dark mode. Selain lebih hemat baterai, menggunakan dark mode juga membuat layar smartphone tidak menyilaukan. Selain itu, gunakan smartphone atau gadget lainnya di ruangan dengan pencahayaan yang cukup. Menatap layar gadget dalam ruangan yang gelap akan meningkatkan kontras cahaya antara lingkungan dengan monitor, sehingga otot mata menjadi cepat lelah.

Mengistirahatkan mata secara teratur

Jika Anda harus bekerja di depan layar monitor selama berjam-jam setiap harinya, usahakan untuk memberikan jeda untuk mengistirahatkan mata Anda secara berkala. Misalnya dengan mengalihkan pandangan dari layar gadget tiap 20 menit selama 20 detik. Atau, istirahatkan mata Anda selama 15 menit setelah menatap layar monitor selama 2 jam.

Mengistirahatkan mata secara teratur dapat mencegah mata lelah, yang gejalanya meliputi sakit kepala, sakit leher, bahu, atau punggung, mata menjadi kering, dan pandangan menjadi kabur.

Menjaga mata tetap lembab

Menatap layar monitor dalam waktu yang lama dapat membuat mata menjadi kering. Hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan gangguan pada penglihatan.

Karena itu, jika menatap layar monitor selama berjam-jam tidak terhindarkan, pastikan untuk selalu menjaga kelembaban mata Anda dengan memakai tetes mata yang berfungsi untuk mencegah dan mengatasi mata kering.

Sebaiknya selalu sediakan tetes mata ini di meja kerja agar mudah digunakan saat sewaktu-waktu dibutuhkan.

Menghindari memakai gadget sebelum tidur

Selain dapat mempengaruhi kesehatan mata, menatap gadget yang terlalu lama juga dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomnia. Sinar yang dipancarkan monitor gadget dapat membuat kita menjadi semakin sulit tidur.

Padahal tidur yang cukup sangat dibutuhkan agar dapat kembali siap bekerja di esok harinya. Jika Anda mengalami insomnia, coba perhatikan kebiasaan Anda saat memakai gadget.

Sebaiknya hindari menatap layar gadget sebelum tidur. Kebiasaan ini mungkin sulit dihindari, apalagi bagi yang terbiasa bermain HP sebelum tidur. Namun agar kualitas tidur lebih baik, sebaiknya hindari menggunakan HP saat mendekati waktu tidur Anda.