Avatar jogloabang
Posted by jogloabang on January 13, 2018
Fail Update High Sierra Mac OS

Pernah mengalami gagal install update Mac OS High Sierra?. Dua kali kejadian gagal install update OS Mac High Sierra. Ketika itu High Sierra Versi Beta 2 dan Mac OS High Sierra 10.13.3 Versi Public Beta. Pangalaman yang cukup mengenaskan karena pada awalnya tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Memang ketika gagal install update dapat di reboot dan menekan Command + R sehingga Macbook bisa masuk ke safe mode dimana banyak pilihannya yaitu Restore dengan Time Machine, Memperbaiki Hardisk, Install Ulang OS, mengulangi menginstall update Mac maupun format disk.

gagal install update high sierra

Tentu saja bukan itu yang kita inginkan, selain restore dari snapshot yang otomatis dibangun oleh Mac ketika menginstall update, file restore dari snapshot dapat mudah kita temukan setelah masuk safe mode berada di partisi Base pun otomatis ditemukan oleh Macbook. Namun apa yang terjadi karena file update yang sudah terdownload masih tersimpan dan belum terinstal, yaitu ikon App Store selalu masih ditandai dengan angka 1 yang warnanya merah. Cukup mengganggu dan ketika diinstall lagi pun pasti gagal, karena produk unduhan update yang gagal, dan belum diganti dengan file update yang sehat.

Searching di internet tentunya untuk mencari pemecahan masalah tentang gagal install update Mac OS High Sierra. Ketemunya apa? Ketemunya adalah petunjuk seperti yang ada ketika kita menekan Command + R pasca gagal install kemudian reboot, ya pada tampilan safe mode itu tentunya, dan setelahnya adalah paragraf jualan software untuk memudahkan backup Mac dan sebagainya.

Selain tentunya adalah informasi mengapa kita mendapatkan file update yang bikin gagal, atau buruk, tentu alasannya adalah koneksi internet yang buruk dan ramainya orang mengunduh file updates yang otomatis akan diunduh oleh Mac ketika terhubung ke internet. Wajar saja karen jutaan Macbook yang terhubung internet ramai-ramai mengunduh file yang sama.

Akhirnya juga sampai browsing ke forum-forum, hingga diperlukan keberanian untuk mencari kata kunci yaitu 'how to remove updates files on Mac'  sebab penyebabnya adalah file gagal unduh yang tersimpan. Itulah file yang harus dihapus dan dibuang untuk diganti dengan file update unduhan yang baru dan sehat. Persoalannya adalah dimana letak file unduhan update Macbook yang gagal tersebut. Ketemu dan sangat mudah.

file installasi update mac

 

letak file unduhan update installasi high sierra

 

File update Mac OS tersebut berada di hardisk Base, berada di folder Library/Updates, atau Perpustakaan/Updates. Klik folder tersebut dan lihat mana file update Macbooknya. Kemudian buang satu folder tersebut ke bak sampah. Untuk amannya baru kosongkan trash setelah install update-nya sukses. Kemudian reboot Mac.

gambar mengunduh update mac high sierra

Setelah reboot mulai ulang komputer Mac, download file update kembali dapat dilakukan, tunggu sampai rampung kemudian install update Mac OS High Sierra tersebut. Pasti bisa.

install update high sierra