5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan

5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan adalah Ayunan Langit Watu Jaran, Hutan Pinus Pengger, Gumuk Pasir Parangkusumo, Kawasan Malioboro, dan Jembatan Gantung Pantai Timang. Pada masa pageblug COVID-19, hadapilah dengan optimis, selalu jaga kesehatan dan terapkan social distancing tanpa harus menghadapi gangguan mental.

Memang 5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan diantaranya yaitu Ayunan Langit Watu Jaran, Hutan Pinus Pengger, Gumuk Pasir Parangkusumo, Kawasan Malioboro, dan Jembatan Gantung Pantai Timang, kelima-limanya berada di selatan rel kereta api. Menambahkan lainnya yang berada di Jogja Utara pun cukup menarik dan menawan, namun mungkin sudah terlalu mainstream.

Meski jarak satu dengan lainnya dalam 5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan tidak terlalu jauh. Namun menjaga stamina dan kesehatan tetap nomor satu lho gaes. Agar bisa menikmati pemandangan dan meresapi pesona wisata Jogja yang enteng berisi dan membuat kangen.

5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan

Daerah yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan diberi julukan sebagai kota pelajar ini memang sangat terkenal dengan berbagai destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi. Kota pelajar atau Jogja ini memiliki berbagai macam destinasi wisata, bahkan bukah hanya wisata tematik dengan warna-warni saja, namun juga hadir beragam atraksi wisata menarik lainnya. mulai dari wisata unik yang lokasinya tersembunyi hingga wisata yang dapat memacu adrenalin. Lebih jelasnya, berikut ada 5 wisata Jogja hits 2020 yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

5 Wisata Jogja Hits 2020 Yang Wajib Masuk Dalam Agenda Liburan

Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran, 5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan

Apabila Anda sedang mencari tempat wisata untuk menguji adrenalin, maka Ayunan Langit Watu Jaran bisa Anda jadikan tujuan terbaik. Perlu diketahui, ayunan yang terletak di atas tebing Watu Jaran ini berada di ketinggian 800 meter. Sehingga tidak mengherankan saat berayun di atas ayunan ini Anda bisa melihat keindahan bukit menoreh dari atasnya.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir ayunannya akan putus, sebab ayunan ini terbuat dari baja sehingga tahan korosi dan juga bisa menampung bobot maksimal 500 kg. Bahkan untuk menjamin keamanan para pengunjungnya, pengelola Ayunan Langit Watu Jaran juga telah bekerja sama dengan SAR.

Hutan Pinus Pengger, 5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan

Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger berlokasi di Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan wisata hits di Jogja ini tidak hanya ramai dikunjungi saat siang hari, namun juga sangat ramai dikunjungi saat malam harinya.

Hutan Pinus sudah lama menjadi hits dan fenomenal karena kesejukan dan pesonanya. Pinus biasanya tumbuh di bukit-bukit atau pegunungan, sehingga pesona naturalnya sangat menawan. Ditambah dengan kontur tanah yang naik turun, kadang terjal dan landai membuat area pinus menjadi sangat melegakan.

Berkunjung ke Hutan Pinus Pengger membuat Anda bisa berfoto dengan puas di tengah pepohonan pinus, apalagi di kawasan ini juga tersedia beragam spot foto unik dan menarik yang bisa Anda jelajahi untuk berburu foto terbaik dan instagramable. Selain itu, Hutan Pinus Pengger juga semakin lengkap dengan hadirnya fasilitas wisata yang memadai, seperti tempat makan, mushola hingga gazebo.

Gumuk Pasir Parangkusumo, 5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan

Gumuk Pasir Parangkusumo

Untuk melihat gurun pasir Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke timur tengah, pasalnya Indonesia juga memiliki hamparan gurun pasir yang tidak kalah menariknya. Bahkan gurun pasir ini sangat hits di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke gurun pasir ini maka bisa langsung menuju ke Pantai Parangkusumo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan area gundukan pasir yang biasanya terletak di dekat pantai yang terbentuk secara alami dengan jangka waktu yang lama. Istimewanya Gumuk Pasir Parangkusumo adalah hanya terdapat 2 di Dunia yaitu di Mexico dan satu lagi ada di kawasan Pantai Parangkusumo Bantul Yogyakarta. Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan fenomena alam langka dan menakjubkan sehinggai menjadi destinasi wisata favorit di Jogja.

Pantai Parangkusumo ini memiliki bibir pantai yang cukup lebar dan karena adanya angin laut yang membuat hamparan pasir pantai ini terhempas, akhirnya terbentuklah gundukan ataupun gumuk-gumuk yang menyerupai padang pasir. Gumuk Pasir Parangkusumo ini memang dikelola sangat baik, dan bahkan di kawasan ini Anda juga bisa melakukan beragam atraksi wisata. seperti sandboarding dan mengambil foto ala-ala liburan di kawasan Timur Tengah.

Gumuk Pasir Parangkusumo, 5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan

Ada yang menebak-nebak bahwa konon keberadaan Gumuk Pasir Parangkusumo ini berkaitan langsung dengan keberadaan Gunung Merapi yang berada di sebelah utara kota Yogyakarta. Sebab jaman dahulu Gunung Merapi pernah meletus dengan kekuatan super dahsyat sehingga muatan vulkanik berupa pasir maupun debu bertebaran dan tersebar diseluruh pelosok Yogyakarta. Karena Gunung Merapi berada di sebelah utara yang keadaant tanahnya lebih tinggi muatan vulkanik tersebut terbawa oleh hujan dan aliran sungai hingga bermuara di Pantai Selatan.

Sesampainya di Pantai Selatan muatan vulkanik tersebut beradu dengan ganasnya ombak Pantai Selatan yang terkenal ganas sehingga muatan vulkanik tersebut menjadi partikel-partikel kecil dan akhirnya terbawa angin menuju daerah dimana sekarang Gumuk Pasir Parangkusumo berada. Fenomena alam ini berlangsung ribuan tahun hingga sekarang.

Kawasan Malioboro, 5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan

Kawasan Malioboro

Kawasan Malioboro memang menjadi ikon kota Jogja, sehingga liburan Anda ke Jogja tidak akan lengkap sebelum berkunjung ke Malioboro. Perlu diketahui, kawasan Malioboro baru-baru ini telah direnovasi secara besar-besaran. Sehingga membuat area ini semakin menarik untuk dikunjungi, apalagi dengan hadirnya banyak instalasi seni yang dipasang di kawasan ini.

Selain itu, penataan taman, tempat duduk hingga para pedagang di kawasan ini jauh lebih rapi. Dengan begitu, Anda akan semakin nyaman dan betah berlama-lama di kawasan Malioboro. Bagi yang tertarik berkunjung ke kawasan Malioboro dari Jakarta bisa segera memperoleh tiket pesawatnya di Traveloka. Untuk mengecek harga tiketnya Anda bisa langsung cek harga tiket pesawat Jakarta Jogja di sini!.

Kawasan Malioboro merupakan wilayah penting dalam sumbu imaginer Laut Selatan, Kraton dan Gunung Merapi. Ketiga tempat yang terhubung satu sama lain di Jogja menjadi lokasi wisata yang memiliki pesona tersendiri. Pesona alam pegunungan, pesona kota dan pesona kemaritiman. Dari sumbu imajiner ini kebudayaan Yogyakarta berkembang dan memiliki keterkaitan yang terasa menawan hati. Tidak hanya pesona yang terlihat dengan mata, namun pesona yang terekam dalam memori ingatan dan lubuk hati karena peristiwa dan sejarah yang menghiasinya.

Jembatan Gantung Pantai Timang

Bagi Anda yang menyukai tempat wisata yang ekstrim dan penuh tantangan maka berkunjung ke Pantai Timang, Gunung Kidul bisa Anda jadikan pilihan terbaik. Kawasan Pantai Timang ini sangat populer dengan aktivitas ekstrimnya, salah satunya kereta gantung. Jika dulunya di kawasan ini hanya ada kereta gantung, kini sudah hadir akses baru menuju Bukit Karang Pantai Timang yaitu jembatan gantung.

Nah, bagi Anda yang memiliki nyali besar maka bisa menyeberang ke Bukit Karang Pantai Timang dengan menggunakan Jembatan Gantung. Perlu diketahui, kawasan ini juga memiliki deburan ombak dan angin laut yang sangat kencang, sehingga akan semakin memacu adrenalin saat Anda menyeberang melalui jembatan gantung tersebut. Saking memicu adrenalin saat menyeberangi jembatan ini, tak jarang membuat nyali para pengunjung menjadi menciut dan akhirnya memutuskan kembali karena tidak berani.

Jembatan Gantung Pantai Timang, 5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan

Demikian tentang 5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan yaitu Ayunan Langit Watu Jaran, Hutan Pinus Pengger, Gumuk Pasir Parangkusumo, Kawasan Malioboro, dan Jembatan Gantung Pantai Timang.

Semoga menginspirasi, Stay Safe and Stay Health, Guys!.

5 Wisata Jogja Hits 2020 yang wajib masuk dalam Agenda Liburan

[ Photo Hutan Pinus Pengger Bantul, sumber ig @dito_jan, Jembatan Gantung di Pantai Timang via Instagram/monicaflaviana05 ]

5 Wisata Jogja Hits 2020
yang wajib masuk dalam Agenda Liburan