Dijamin Aman, 5 Wisata di Nepal Ini Cocok Buat Solo Travelling

Dibandingkan negara lain, Nepal memang kurang umum terdengar di telinga wisatawan. Namun, dibandingkan dengan tahun 2015, wisata Nepal di 2022 jauh mengalami peningkatan dari segi kunjungan turis. Negara ini memang masuk ke dalam ‘Special Interest Tour’ sehingga lebih sering dikunjungi turis dengan minat tertentu terhadap pendakian Everest.

Sebenarnya Nepal sendiri punya banyak wisata lain selain gunung Everest. Bahkan, Anda dijamin aman pergi sendirian ke negara ini karena tingkat kriminalitasnya terbilang rendah. Segera cek harga tiket lion air di sini dan dapatkan harga murah untuk kunjungan ke Nepal. Coba juga kunjungi lima tempat wisata di Nepal ini saat solo travelling.

1. Kathmandu Durbar Square

Bagi Anda yang menginginkan wisata sekaligus merasakan berbaur dengan warga lokal, bisa kunjungi Kathmandu Durbar Square. Di lokasi ada banyak pasar tumpah yang masuk ke dalam salah satu warisan budaya UNESCO. Dulunya Kathmandu Durbar Square merupakan tempat tinggal keluarga ningrat Nepal, yang kemudian beralih menjadi pusat wisata sekaligus perbelanjaan Nepal.

Tak perlu takut Anda tersesat di Durbar Square karena sebagian besar warga Nepal super ramah. Anda bisa bertanya jalan masuk dan keluar serta mendapatkan bantuan dari warga sekitar.

Kalau Anda berniat masuk ke bangunan inti dari Durbar Square, pastikan punya NPR 1000 atau setara dengan 121 ribu rupiah. Akan ada penjaga yang mengawasi siapa saja yang masuk ke Durbar Square dengan tiket atau tidak.

Kathmandu Durbar Square

2. Garden of Dreams

Di tengah-tengah gersang dan berdebunya Nepal, ada penyejuk unik bernama Garden of Dreams. Ini adalah taman tersembunyi yang letaknya di tengah kota Kathmandu, Nepal. Jangan salah, Garden of Dreams bukanlah taman biasa karena dibangun di tahun 1920-an oleh kaisar Sumsher Ranadi.

Arsitektur pagar di taman ini sendiri mengusung gaya Eropa yang sangat kental. Anda akan dimanjakan dengan hadirnya kolam kecil dengan banyak teratai di tengah-tengah Garden of Dreams.

Epiknya arsitektur dari Garden of Dreams tidak lepas dari sejarah panjang Nepal. Dulunya, taman ini dikhususkan untuk para bangsawan. Seiring berjalannya waktu, Garden of Dreams pun terbuka untuk masyarakat umum dan wisatawan asing.

Tak perlu merogoh kocek banyak-banyak, Anda cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 20 ribuan saja atau sekitar 165 NPR. Dengan tiket masuk tersebut, Anda sudah bisa menikmati seluruh area Garden of Dreams serta berfoto ria. Seluruh area taman ini memang sangat instagramable sehingga cocok bagi Anda yang ingin mengabadikan momen.

Garden of Dreams

3. Danau Phewa

Ternyata Nepal tidak hanya memiliki gunung Everest saja, melainkan juga Danau besar bernama Phewa. Sudah sejak lama Danau ini dijadikan sebagai lokasi wisata favorit bagi turis asing.

Anda bisa menikmati sunset serta memandangi air Danau yang begitu jernih. Bila lapar, Anda sangat bisa menikmati jajanan yang dijual oleh pedagang asongan di pinggir Danau. Meski ada banyak penjaja makanan, hebatnya kebersihan Danau tetap terjaga sehingga lokasi tetap kelihatan bersih. Anda pun juga bisa menyewa perahu serta menginap di hotel yang ada di sekitar Danau.

danau phewa

4. Pokhara

Pokhara adalah salah satu kota kecil di Nepal yang juga masuk sebagai kota wisata. Turis ramai datang ke Pokhara karena kota ini memiliki pemandangan yang sangat bagus. Dari kejauhan, Anda bisa melihat dengan jelas bentangan gunung indah dari kejauhan.

Di kota ini juga terdapat World Peace Pagoda yang merupakan simbol perdamaian. Masyarakat asli Pokhara adalah orang-orang yang ramah dan bersahabat. Anda tidak perlu culture shock karena keramahan orang Nepal bisa dibilang mirip-mirip dengan orang Indonesia.

Di kota ini terdapat juga Tashiling Tibetan Refuge yang merupakan tempat mampirnya para imigran Tibet.

pokhara

5. Boudhanath Stupa

Nepal memang terkenal dengan banyaknya stupa di setiap kota. Nah, salah satunya yang wajib Anda kunjungi adalah Boudhanath Stupa. Ini merupakan stupa yang dibangun pada abad -14.

Bentuk dari Boudhanath Stupa sendiri mencerminkan unsur jalan Budha, yaitu air, api, bumi dan udara. Selain itu, terdapat total 13 puncak menara yang mewakili tahapan menuju surga atau Nirwana.

Uniknya, di sekitar Boudhanath Stupa terdapat ratusan burung merpati yang terbang bebas. Tidak ada satupun pengunjung dan warga lokal yang berani menembak bahkan mengambil burung untuk dipelihara sendiri. Pasalnya, merpati yang ada di sekitar area Stupa sangat dekat dengan biksu karena dipelihara dengan diberikan makan.

Di bagian atas stupa terdapat bendera warna-warni yang sengaja dipasang. Menurut kepercayaan orang Budha Nepal, bendera dengan banyak warna bisa memberikan berkat ke seluruh makhluk hidup di muka bumi.

Nepal memang sangat asyik untuk dikunjungi karena menyimpan banyak sekali spot wisata. Anda bisa datang tak hanya untuk menikmati keindahan alam yang ada di Nepal, sekalian juga Anda bisa merasakan hangatnya keramahan warga lokal.

Khusus bagi Anda yang ingin solo traveling ke Nepal, tak perlu takut juga karena tingkat kejahatan di negara ini sangat rendah. Meskipun dari luar Nepal masih terlihat berantakan dan berdebu, tetapi jangan khawatir karena seiring waktu pemerintah Nepal terus membenahi destinasi wisata dan tata kotanya. Jadi, kapan Anda ke Nepal?

Boudhanath Stupa

World Peace Pagoda
Boudhanath Stupa Nepal